Inilah 7 Makanan yang Dapat Memperbanyak Sperma

Cara memperbanyak sperma dapat dilakukan dengan mudah. Penelitian mengatakan bahwa 90 persen masalah infertilitas pria disebabkan oleh jumlah sperma yang dihasilkan sangat sedikit. Faktor yang mempengaruhi kesuburan pria selain jumlah sperma adalah kualitas dari sperma itu sendiri.

Hingga akhir hayatnya, pria rata-rata memproduksi sebanyak 525 miliar sperma atau sejuta sperma dalam sebulan. Hal ini berbeda dengan wanita yang memproduksi sebanyak 2 juta sel telur seumur hidupnya, di mana hanya terdapat 450 sel telur yang matang. 

Konsentrasi sperma pada pria normal berkisar antara 40 juta 300 juta per mililiter. Bila konsentrasi sperma berada di bawah 10 juta, maka pria dikategorikan tidak subur. Kriteria lain yang menentukan kesuburan adalah pria mengeluarkan minimal 2,5 mL sperma atau 40 juta 1,2 miliar sperma saat ejakulasi. 

Memang hanya dibutuhkan 1 sperma untuk membuahi sel telur supaya wanita bisa hamil. Akan tetapi, selain morfologi, semua kriteria sperma tadi dibutuhkan supaya kehamilan bisa terjadi.

Berikut adalah 7 Makanan yang bisa memperbanyak sperma:

1. Kerang atau tiram

Sebuah studi yang dilakukan di Barry University, Miami, menemukan bahwa kerang mengandung asam amino yang ampuh untuk membantu produksi testosteron pada laki-laki dan progesteron pada wanita. Jadi, memakan olahan kerang atau tiram adalah cara memperbanyak sperma yang bisa dicoba oleh para pria. 

2. Cokelat

Dark chocolate adalah cokelat yang mengandung 100 persen cocoa atau lebih banyak mengandung cocoa dibandingkan bahan lain seperti susu, misalnya. Dark chocolate mengandung mengandung L-Arginine HCL dan asam amino yang sangat kuat dan telah terbukti secara klinis dapat memperbanyak sperma. Selain itu, L-Arginine HCl dapat memberikan orgasme yang lebih kuat dan intens saat berhubungan badan. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi dark chocolate jika tidak ingin berat badan bertambah. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat membuat ketidakseimbangan hormon testosteron dan estrogen. 

3. Pisang

Selain apel, memakan pisang setiap hari juga disarankan para ahli kesehatan. Buah pisang dipercaya dapat meningkatkan libido para pria dan meningkatkan gairah seksual, karena kandungan enzim bromelain di dalamnya. Selain itu, pisang juga merupakan sumber vitamin B yang sangat baik yang membantu meningkatkan stamina tubuh. 

4. Asparagus

Salah satu cara memperbanyak sperma adalah mengurangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh Anda. Di sinilah asparagus berperan penting. Pasalnya, asparagus memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kaya akan vitamin C yang tinggi. Alhasil, memakan asparagus dapat melindungi sperma dari kerusakan oksidatif dan bisa memperbanyak sperma. Akan tetapi, bersiap-siaplah menerima "efek samping asparagus" yaitu air seni yang berbau kurang sedap.

5. Buah kenari

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah kenari. Pasalnya, buah kenari diperkaya asam lemak omega-3 yang dapat memperbanyak jumlah sperma. Buah kenari juga membuat Anda lebih perkasa  sebab bisa meningkatkan aliran darah ke alat kelamin. Selain itu, penelitian di Amerika Serikat mengatakan buah kenari dapat menurunkan kolesterol  dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. 

6. Ginseng

Kebanyakan para pria di Asia sudah biasa mengonsumsi ginseng agar bisa tahan lama berhubungan badan. Studi yang dilakukan oleh Southern Illinois University School of Medicine mengatakan bahwa ginseng dapat meningkatkan libido dan kemampuan seksual. Penelitian lain yang dirilis Journal of Urology mengatakan 60 persen dari 45 pria penderita disfungsi ereksi yang diberikan ginseng selama 16 minggu mengalami perbaikan perihal kemampuan ereksinya. 

7. Bawang putih

Bawang putih biasanya digunakan sebagai penyedap makanan. Akan tetapi, bawang putih juga dapat digunakan sebagai cara memperbanyak sperma laki-laki. Pada dasarnya, bawang putih memiliki kandungan allicin yang tinggi sehingga dapat menghasilkan jutaan sperma. Kualitas sperma pun membaik karena dapat berenang dengan cepat dan tepat sasaran. Bawang putih juga dapat meningkatkan aliran darah ke penis. Tapi, perhatikan waktu konsumsinya, karena bawang putih bisa menimbulkan bau mulut dan bau badan. (DV)


Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

0 Response to "Inilah 7 Makanan yang Dapat Memperbanyak Sperma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...