8 Ciri-Ciri Orang Hamil

Bagaimana sih Ciri-ciri orang hamil ? Dokter, saya berhubungan dengan pasangan saya tanpa kondom 3 minggu yang lalu, apakah saya hamil ? Dok, saya sudah 1 minggu terlambat dari jadwal menstruasi saya, apakah saya hamil ? Banyak pertanyaan kepada dokter yang menanyakan apakah hamil. Sebaiknya ciri-ciri orang hamil diketahui sedini mungkin, karena apabila seorang wanita sedang hamil maka perlu menjaga kondisi kehamilannya. Kehamilan adalah kondisi wanita yang membawa embrio atau janin di dalam tubuhnya. Masa-masa awal kehamilan sangat menentukan kesehatan janin dan ibunya. Pada awal kehamilan biasanya menunjukkan ciri-ciri spesifik.

Sebelum mengulas satu per satu tanda atau ciri-ciri hamil, perlu diingat bahwa ciri-ciri hanya merupakan tanda awal atau yang disebut juga indikasi. Untuk memastikan dengan jelas apakah seorang wanita sedang hamil sebaiknya Anda memakai alat uji kehamilan atau yang sering disebut test pack. Juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk pengujian dan pemastian kehamilan yang lebih pasti dan akurat.

Berikut 8 Ciri-ciri orang hamil yang harus diketahui:

1. Mual muntah

Salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah mual dan muntah. Meski ciri-ciri hamil ini disebut morning sickness, keluhan mual muntah bisa terjadi kapan saja dalam sehari. Mual muntah mulai muncul saat usia kehamilan memasuki 7 - 9 minggu, atau bisa lebih awal. Mual muntah disebabkan meningkatnya hormon beta-HCG. Ada beberapa cara mengatasi mual muntah, meski demikian Anda tidak perlu khawatir gejala ini biasanya akan hilang setelah usia kandungan 12 - 16 minggu. 

2. Mudah lelah dan tak enak badan

Meski tidak semua wanita merasakannya, merasa mudah lelah atau kurang enak badan juga menjadi salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil. Biasanya, Anda akan merasa seperti masuk angin, badan pegal-pegal dan seperti akan terserang flu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Anda hanya perlu istirahat. Mudah lelah dan kurang enak badan yang merupakan ciri-ciri hamil ini akan terasa saat trimester pertama dan ketiga.

3. Payudara bengkak dan puting hitam

Kehamilan memang memberikan perubahan pada tubuh. Nah, salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah perubahan pada payudara. Nah, biasanya pembengkakan payudara terjadi di awal kehamilan dan bagian puting akan lebih lebar dan berwarna lebih gelap. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih bra yang nyaman dan tepat untuk ibu hamil, terutama saat berolahraga.

4. Ngidam dan sensitif terhadap bau

Ngidam dan berselera terhadap suatu makanan bisa menjadi ciri-ciri orang sedang hamil yang paling terlihat. Misalnya, Anda sangat menyukai makanan tertentu sebelum hamil, tapi saat hamil Anda malah tidak suka sama sekali makanan tersebut. Mencium bau makanan tersebut saja membuat Anda mual.

Ciri-ciri orang yang sedang hamil juga bisa sebaliknya yaitu Anda sangat menginginkan makanan tertentu. Ciri-ciri orang yang sedang hamil berupa ngidam ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Wanita yang sedang hamil juga biasanya akan mengalami penciuman yang sensitif, seperti terhadap parfum, rokok, dan bau masakan yang menyengat.

5. Sering buang air kecil

Ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah intensitas buang air kecil yang meningkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh rahim yang mulai berkembang dan mendorong kandung kemih. Alhasil, Anda pun sering buang air kecil secara terus-menerus.

6. Flek dan kram perut

Ciri-ciri orang yang sedang hamil adalah mengalami flek (spotting) berupa cairan merah muda atau kecokelatan disertai kram perut. Tidak semua wanita hamil mengalami flek dan kram perut. Di sisi lain, penyebab flek dan kram perut belum diketahui secara pasti. Dugaan terkuat adalah penempelan ovum yang telah dibuahi pada dinding rahim.

7. Terlambat menstruasi

Ciri-ciri orang yang sedang hamil yang paling jelas adalah Anda mengalami keterlambatan menstruasi. Nah, jika menstruasi memang terlambat, Anda sebaiknya segera melakukan tes kehamilan. 

8. Test pack

Ciri-ciri orang yang sedang hamil yang dialami wanita hamil bersifat subjektif, maka untuk lebih tepatnya Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack yang bisa dibeli di apotek. (DV)


Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

 

0 Response to "8 Ciri-Ciri Orang Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...