Produk Kecantikan Ramah Ibu Hamil











 







Di dalam beragam produk kecantikan, ternyata ada beberapa kandungan kimia yang harus diperhatikan dan dihindari, karena akan berdampak buruk bagi janin.

Pewarna rambut


Penelitian pada hewan menunjukkan risiko kelainan janin untuk produk perawatan rambut yang mengandung phenylenediamine, mnophenols, dan ethanolamine dalam dosis cukup besar. Pada manusia, dilaporkan hanya sedikit yang terserap dan tidak sampai menggangu janin. Tapi, sebaiknya jangan ambil risiko, tunggu sampai Anda usai melahirkan jika ingin punya rambut berwarna.

Sabun anti bakteri


75% pasta gigi dan sabun mengandung bahan anti bakteri. Yang paling umum adalah zat Triclosan yang bekerja untuk membunuh kuman, tetapi jika digunakan dalam waktu jangka panjang bisa berdampak buruk. Triclosan juga dikaitkan sebagai kerusakan sistem saraf janin dan penyebab berat badan bayi yang rendah. Jadi, saat hamil sebaiknya bersihkan tubuh dengan sabun biasa dan air. Cukup efektif, kok. 


Krim anti selulit 


Penting untuk area perut supaya bebas strechmark! Krim berbahan dasar beras dilaporkan aman untuk janin di perut Bunda. Mau yang lebih alami lagi? Oleskan saja olive oil sebelum tidur di area perut, sekaligus untuk membersihkan puting. Kandungan vitamin E di dalamnya pun baik untuk kulit Bunda.


Krim wajah


Bagi Bunda, tentu pelembab atau krim malam wajib hukumnya untuk menjaga kelembaban kulit. Tapi pastikan kandungannya bebas bahan Retinoid Acid, karena berpotensi menyebabkan gangguan pertumbuhan janin. 


Obat jerawat


Kandungan Tetracyclines biasa terkandung dalam obat jerawat. Berisiko menyebabkan gigi bayi kuning atau rusak di kemudian hari. Sedangkan Isotretinoin, yang juga terkandung dalam obat jerawat, bahkan harus dihentikan 6 bulan sebelum merencanakan kehamilan, karena berisiko mengganggu pertumbuhan janin hingga menyebabkan cacat. Sebaiknya gunakan obat jerawat oles berbahan dasar sulfur atau konsultasikan dulu kandungan produk ini pada dokter Anda.

Produk wewangian


Deodoran, krim wajah, atau pewarna kuku biasanya memiliki aroma yang tajam, karena di dalamnya terkandung Phthalates. Zat ini bisa berpenetrasi ke dalam kulit dan membuat wanginya tahan lama. Tapi, risikonya bisa menyebabkan kelahiran prematur. Pastikan produk pilihan Anda phthalates free. Jika aromanya sangat menyengat, maka Anda patut waspada dan meneliti dengan seksama. (NAN/PAS)



 

 




0 Response to "Produk Kecantikan Ramah Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...