4 Alasan Kenapa Anda Perlu Membiarkan Anak Main Sendirian




Anda memang perlu mengawasi setiap gerak-gerik anak saat ia beraktivitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menempel lengket setiap detik di samping anak ketika ia bermain. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan orangtua untuk membiasakan anak-anak mereka bermain sendirian, tanpa dampingan orangtua, karena akan memberikan manfaat bagi tumbuh kembangnya. Apa saja manfaat anak main sendiri? Yuk, simak ulasannya berikut ini.


Manfaat anak main sendiri di rumah


Saat anak bermain sendiri, mereka mendapatkan banyak pengalaman yang berharga dan penting untuk proses tumbuh kembangnya. Berikut beberapa manfaat anak main sendiri seperti dilansir dari Very Well Family.


1. Menumbuhkan sikap mandiri


Anak-anak yang bermain sendiri mengharuskan mereka untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Misalnya, memasang pakaian pada boneka, mengurutkan puzzle, dan lain sebagainya.


Kemandirian mengajari anak bahwa orangtua atau orang terdekatnya tidak selalu akan membantunya setiap saat sehingga anak mau tak mau harus mengandalkan kemampuan dirinya sendiri.


Selain mandiri, anak yang terbiasa bermain sendirian cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi karena puas dengan hasil kerja kerasnya.


2. Meningkatkan imajinasi


Anak-anak memang memiliki imajinasi yang cukup tinggi. Namun, imajinasinya belum terasah atau terealisasikan dengan baik. Membiarkan anak main sendiri memungkinkan ia untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan berusaha untuk membuat imajinasinya menjadi nyata. Tentu ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kreativitas anak.


Misalnya, saat anak bermain boneka. Ia mungkin akan berperan sebagai teman, ibu, atau orang terdekat dari sang boneka. Bahkan, anak-anak sering memerankan profesi orangtua, seperti polisi, dokter, atau guru. Lambat laun, hal-hal sederhana seperti ini akan membantu dirinya mengenali diri sendiri, bakat, hingga kesukaan dan mimpi-mimpinya yang mungkin bertahan hingga dewasa nanti.


3. Belajar untuk memecahkan masalah


anak main boneka manfaat bermain boneka


Saat ditinggal bermain sendiri, anak akan cenderung berusaha untuk memecahkan masalah. Misalnya, saat anak bermain puzzle. Permainan ini merangsang anak untuk berpikir, memecahan masalah, dan melakukan tindakan supaya puzzle tersebut tersusun lengkap.


Meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah membantu anak untuk mengendalikan diri dan emosi. Anak akan terbiasa untuk berpikir dulu sebelum melakukan sesuatu atau tidak ceroboh.


4. Memberikan ketenangan


Membiarkan anak bermain di luar rumah bisa meningkatkan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan anak seusianya. Sementara, membiarkan anak bermain sendiri di rumah memberikan waktu pada anak untuk mengenal dirinya lebih baik serta memberikan ketenangan bagi anak dengan mainannya.


Apa yang harus Anda lakukan jika anak bermain sendiri di rumah?


Sementara anak main sendiri, Anda tentu bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat atau mengerjakan hal lainnya.


Meski begitu, bukan berarti Anda jadi cuek lepas tangan begitu saja, ya! Sesekali tengok kondisi anak yang sedang bermain sendirian atau awasi dari jarak yang cukup jauh namun memungkinkan Anda untuk tetap sigap menghampirinya ketika dibutuhkan.


Sebelum membiarkan anak bermain sendiri, Anda juga harus lebih dulu menjelaskan apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan olehnya. Misalnya, tidak melempar-lempar mainan atau menggunakan perabotan di dalam rumah yang tajam atau mudah rusak sebagai mainan.


Beri tahu jika anak mengalami kesulitan, anak harus segera memanggil Anda. Kemudian, beri tahu juga pada anak untuk membereskan mainannya sendiri.


Jika anak berhasil main sendiri tanpa menimbulkan masalah, pencapaiannya dalam menyelesaikan permainan, sekaligus merapikan kembali mainannya, berilah anak pujian. Memuji kesuksesan memberi sensasi kepuasaan anak terhadap usahanya sendiri sehingga termotivasi untuk selalu menjadi lebih baik.


0 Response to "4 Alasan Kenapa Anda Perlu Membiarkan Anak Main Sendirian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...