Lebih Sehat Mana Buat Anak Susu Full Cream Atau Susu Rendah Lemak




Saat ini, sudah banyak orang yang beralih ke susu rendah lemak atau bahkan susu skim yang sudah dipangkas kadar lemaknya. Memang benar, kedua jenis susu tersebut tidak membuat tumpukan lemak ditubuh semakin melonjak. Namun, apakah susu rendah lemak atau susu skim lebih baik bagi anak dalam masa pertumbuhan ketimbang susu full cream? Mana yang lebih baik, anak minum susu full cream atau susu yang sudah tak ada lemaknya?


Sebaiknya anak minum susu full cream atau susu rendah lemak?


Sah-sah saja bagi orang dewasa untuk mengganti susu full cream jadi susu rendah lemak atau susu skim sekalian. Apalagi jika Anda sedang berusaha untuk membatasi asupan lemak, maka susu rendah lemak dan susu skim bisa jadi salah satu solusinya.


Namun, bagaimana dengan si kecil? Apakah Anda juga harus mengganti susu full cream si kecil dengan yang rendah lemak? Apakah memang lebih baik anak minum susu rendah lemak?


Ya, banyak orangtua bingung susu mana yang lebih baik. Susu memang dapat diandalkan sebagai asupan kalsium dan zat besi untuk anak, sehingga Anda harus pintar-pintar memilih jenis susu bagi si kecil.


Jika dilihat dari kadar lemak, sebenarnya ketiga jenis susu ini tetap punya jumlah lemak di dalamnya, kok. Berikut adalah jumlah lemak yang dimiliki setiap jenis susu:



  • Susu full cream: 3,25 persen lemak atau sekitar 8 gram lemak

  • Susu rendah lemak: 1-2 persen lemak atau sekitar 2,5-4,5 gram lemak

  • Susu skim: 0,5 persen lemak atau sekitar kurang dari 2 gram lemak


Susu Alternatif Bagi Anak Yang Alergi Susu Sapi


Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), sebaiknya anak tidak diberikan susu rendah lemak dulu hingga ia berusia 2 tahun. Setelah itu, si kecil boleh diberikan susu yang lemaknya lebih rendah. 


Namun, jika anak yang berusia 1-2 tahun mengalami kegemukan, maka pemberian susu rendah lemak boleh diterapkan padanya. Sebelum mengubah pola diet pada si kecil, sebaiknya Anda diskusikan dulu dengan dokter anak Anda dan berkonsultasi dengan ahli gizi.


Meski begitu, jangan terlalu ketat membatasi lemak pada anak


Faktanya, lemak adalah salah satu jenis zat gizi yang diandalkan dalam perkembangan si kecil. Jangan sampai Anda membuatnya kekurangan lemak. Di dalam tubuh, lemak dibutuhkan si kecil untuk membangun jaringan tubuh termasuk sistem saraf dan pengendalian hormon.


Tak hanya itu, lemak juga membantu si kecil dapat menyerap beberapa vitamin yang dibutuhkan seperti vitamin A, D, E, dan K. Maka itu, sebaiknya jangan terlalu membatasi asupan lemak si kecil, kecuali memang anak mengalami obesitas yang membuatnya harus membatasi asupan lemak.


Namun, jika si kecil punya berat badan yang normal, maka menurut Kementerian Kesehatan RI, asupan lemak yang dianjurkan dalam satu hari adalah:



  • 7-11 bulan: 36 gram

  • 1-3 tahun:  44 gram

  • 4-6 tahun: 62 gram

  • 7-9 tahun: 72 gram


Laki-laki



  • 10-12 tahun: 70 gram

  • 13-15 tahun: 83 gram

  • 16-18 tahun: 89 gram


Perempuan



  • 10-12 tahun: 67 gram

  • 13-18 tahun: 71 gram


Selain itu, Anda juga harus pintar memilih jenis lemak untuk si kecil. Tak semua lemak itu jahat, kok. Contohnya lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3. Biasanya, zat gizi penting ini dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan, alpukat, dan kacang-kacangan. Hindari memberikannya makanan berlemak jenuh tinggi, yang banyak ditemukan pada makanan yang digoreng.


Jadi, kalau memilih susu rendah lemak untuk anak, Anda juga harus pintar memilih makanan sumber lemak lainnya, agar asupan lemak tetap normal.


0 Response to "Lebih Sehat Mana Buat Anak Susu Full Cream Atau Susu Rendah Lemak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...