Berbagai Tingkah Polah Menggemaskan Dari Bayi Baru Lahir




Menjadi orangtua, entah itu yang pertama atau kesekian kali, adalah pengalaman unik dan tidak terlupakan. Bayi baru lahir tidak hanya menggemaskan, namun juga ternyata sangat aktif walaupun memang belum bisa berjalan atau berbicara. Jadi jangan terkaget-kaget ketika Anda memperhatikan buah Anda sudah mampu melakukan banyak hal.


Apa saja perilaku dan gerak-gerik bayi baru lahir?


Bayi Anda akan bereaksi dan menggelegak, menggenggam tangan, dan mencoba untuk mengarahkan kepalanya ke arah suara di sekitarnya. Ia akan menggerakkan lengan saat gembira dan juga dapat meniru beberapa ekspresi wajah Anda. Bayi yang baru lahir menikmati melihat wajah-wajah baru. Meskipun penglihatan bayi baru lahir Anda terbatas saat ini, ia dapat mendeteksi cahaya, bayangan, bentuk, kontur, dan gerakan.


Wajah Anda memiliki semua elemen yang dapat menangkap perhatian bayi Anda dan memberikan dasar untuk interaksi Anda. Senyum, bicara, dan anggukan kepala Anda sambil melihat bayi Anda. Jika bayi Anda menikmati interaksi ini, ia akan melihat ke arah Anda. Ketika ia merasa bahwa ia membutuhkan istirahat dari terlalu banyak stimulasi visual dan suara, dia mungkin terlihat tidak tertarik. Saat ia semakin tumbuh besar, seluruh perhatiannya bisa teralih dari Anda. Jangan sedih ketika bayi Anda terlihat tidsk tertarik; ini adalah bagian normal dari perkembangan bayi Anda dan salah satu cara baginya untuk mengontrol bagaimana menjadi senang. Ketika ini terjadi, biarkan dia berpaling dan menikmati dunianya. Bayi Anda akan bergantung pada Anda untuk membaca segala macam sinyal sejak lahir yang akan memandu interaksi Anda bersamanya.


Beberapa sinyal, seperti mengalihkan perhatian selama beberapa saat, akan lebih sulit untuk dideteksi daripada yang lain. Bersabarlah karena Anda akan belajar untuk membaca sinyal dari bayi Anda yang memberitahu Anda bagaimana ia merasa dan bagaimana ia ingin Anda untuk bereaksi. Isyarat lainnya, seperti menangis, jauh lebih mudah untuk dideteksi. Ketika bayi Anda menangis, itu adalah cara untuk memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah dan bahwa ia tidak nyaman atau merasa stres. Menghibur bayi Anda ketika dia menangis akan bermanfaat bagi bayi Anda; pada kenyataannya, mencoba untuk menghibur bayi Anda sebaik mungkin saat dia stres adalah bagian penting dari interaksi Anda dengan bayi baru lahir. Secara perlahan-lahan, seiring bayi Anda berkembang dalam beberapa bulan mendatang, ia akan belajar dari menghibur Anda karena ia bergantung pada Anda dan memiliki keyakinan bahwa Anda akan selalu ada untuk dia.


Interaksi ibu dan bayi baru lahir


Bayi baru lahir sedang banyak-banyaknya tidur. Bahkan, meskipun Anda sendiri kurang tidur, bayi Anda menghabiskan sekitar 18 jam setiap hari untuk mendapatkan tidurnya. Namun, pola tidur bayi yang baru lahir berbeda dari orang dewasa. Bayi yang baru lahir menghabiskan 20% waktu mereka untuk tidur nyenyak. Sisa waktunya dilakukan untuk bolak-balik tidur siang. Sehingga jika Anda memaksanya untuk tidur, ia akan terjaga dan menangis lagi. Ini bisa sangat melelahkan bagi Anda, tetapi seiring bayi Anda mulai mengonsumsi ASI (atau susu formula) tidur siangnya akan lebih lama lagi.


Bayi baru lahir juga menghabiskan banyak waktu untuk makan. Selama beberapa minggu pertama, bayi yang baru lahir diberi makan sesuai kebutuhannya yang berarti setiap kali mereka lapar dan mereka harus menerima sedikitnya delapan kali sesi menyusui per hari. Jika setiap makan berlangsung selama 20 menit, hal ini akan memakan waktu lebih dari dua setengah jam per hari. Bayi baru lahir yang sehat buang air besar sekitar tiga sampai empat kali per hari dalam beberapa minggu pertama dan mereka ngompol menghabiskan sekitar 5-6 popok per hari. Hal ini berarti lebih banyak popok yang harus Anda ganti, yang dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan atau kegiatan yang berantakan, tergantung pada bagaimana Anda melihatnya.


Untuk sisa waktunya, bagi bayi Anda yang baru lahir  mungkin menghabiskan berjam-jam di dunianya yang tenang atau sibuk, atau dia mungkin menghabiskan banyak waktu untuk menangis. Dia mungkin hanya sedang stresss atau kelaparan, atau ia mungkin mengalami kolik. Perlu diingat bahwa menangis adalah satu-satunya cara bayi baru lahir untuk berkomunikasi dengan Anda. Seiring tumbuh kembangnya, ia akan mengembangkan cara-cara lain untuk berkomunikasi, dan tangisannya akan menurun.


0 Response to "Berbagai Tingkah Polah Menggemaskan Dari Bayi Baru Lahir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...