6 Makanan Untuk Redakan Nyeri Artritis

Nyeri rematik sangat mengganggu. Tidak selalu mengonsumsi obat-obatan, dengan bahan alami bisa mengurangi nyeri. Atasi nyeri rematik dan jaga agar sendi Anda tetap sehat dengan memasukkan makanan-makanan ini ke dalam menu harian Anda. 

1. Jus Delima
Persendian lutut, pinggul dan tangan terasa sakit? Cobalah  makan buah delima. Buah delima memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa melindungi tulang rawan Anda. Ketika para peneliti di Case Western Reserve University di Cleveland menempatkan ekstrak buah delima pada sampel jaringan tulang rawan yang rusak akibat osteoarthritis, sesuatu yang baik terjadi. Jus  delima mampu menurunkan tingkat inflamasi terkait dengan kelebihan produksi enzim tertentu. Dalam jumlah normal, enzim ini sangat penting untuk penggantian tulang rawan, tetapi ketika terlalu banyak diproduksi, seperti dalam kasus osteoarthritis, tulang rawan jadi menipis.

2. Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3 
Selama bertahun-tahun, para peneliti telah memperhatikan bahwa orang dengan arthritis yang banyak makan ikan tinggi lemak Omega-3 mengalami pengurangan rasa sakit yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak makan sebanyak ikan. Asam lemak omega-3 dalam ikan  meningkatkan produksi  anti-inflamasi terbaru yang disebut Resolvin. Dalam satu studi, baik Omega-3 maupun aspirin terbukti dapat meningkatkan produksi Resolvin yang menghambat aktivitas sel-sel inflamasi. 

3. Makanan Kaya Antioksidan
Para peneliti telah lama meyakini bahwa  radikal bebas,  memainkan peran dalam menyebabkan arthritis. 
Menurut sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini, radikal bebas dapat menyabot kemampuan tulang rawan untuk tetap sehat dan memperbaiki diri. Orang dengan arthritis cenderung memiliki lebih banyak radikal bebas dan karena itu harus melakukan upaya ekstra untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan, khususnya vitamin C dan beta-karoten dari makanan alami.

Vitamin C seperti yang ada dalam jeruk dan kiwi, serta zeaxanthin, antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, juga dapat menurunkan risiko kerusakan tulang rawan. Selain itu,  sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin E. Beberapa studi  menunjukkan bahwa vitamin juga dapat mengurangi rasa sakit osteoarthritis, terutama jika dikombinasi dengan vitamin C (250 sampai 500 miligram perhari).

4. Nanas
Bromelain, enzim protein yang ada dalam nanas dan berguna membantu proses pencernaan, ternyata juga bisa mengurangi peradangan. Bromelain efektif untuk mengurangi nyeri osteoarthritis seperti beberapa obat anti-inflamasi misalnya ibuproen. Beberapa penelitian menyebutkan bahwasuplemen bromelain  juga membantu mengurangi rasa sakit akibat rheumatoid arthritis. Makanlah nanas Anda di antara waktu makan, tidak bersamaan dengan, atau enzim akan habis digunakan untuk membantu mencerna makanan Anda. Pilih nanas segar atau beku nanas, bukan jus atau kalengan.

5. Rempah-rempah Anti-inflamasi
Para peneliti menemukan bahwa banyak rempah-rempah yang dapat kita gunakan untuk melawan peradangan. Jahe dan kunyit misalnya, mengandung senyawa kuat yang disebut curcumin, yang dapat menghambat enzim dan protein yang memicu peradangan.

Beberapa studi juga mengatakan bahwa jahe dan kunyit secara khusus mengurangi rasa sakit dan bengkak pada orang dengan arthritis. Cengkeh mengandung bahan kimia anti-inflamasi yang disebut eugenol.  Cengkeh, kunyit, dan jahe juga mengandung antioksidan, yang penting dalam memperlambat kerusakan tulang rawan yang disebabkan oleh arthritis.

6. Teh hijau dan buah jeruk
Keduanya mengandung senyawa quercetin. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa kimia ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi kuat.
Studi awal pada hewan menunjukkan,  teh hijau dapat membantu mencegah atau meredakan gejala RA. Dan menurut Iowa Womens Health Study, wanita yang minum lebih dari tiga cangkir teh hijau dalam sehari, risikonya menderita RA berkurang hingga 60 persen.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

0 Response to "6 Makanan Untuk Redakan Nyeri Artritis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...