8 Manfaat Madu Manuka




Pernahkah Anda mendengar tentang madu Manuka? Berasal dari New Zealand, madu yang sudah diimpor ke Indonesia ini harganya bisa puluhan kali lipat dari madu biasa. Akan tetapi, madu Manuka juga dikenal sebagai madu yang sakti. Kandungan dari madu Manuka yang bisa 4 kali lebih banyak daripada madu biasanya ini bisa membantu Anda menyembuhkan beberapa macam penyakit. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang kegunaan madu Manuka ini.


1. Masalah asam lambung


Small intestine bacterial overgrowth (SIBO), asam lambung, dan acid reflux berhubungan satu dengan yang lain. Karena madu Manuka diketahui memiliki antibiotik, madu ini berguna sebagai obat untuk penyakit akibat bakteri. Dalam penelitian baru-baru ini, salah satu bakteri bahaya di asam lambung, Clostridium, ternyata bisa dilawan dengan madu Manuka.  Jadi, mengonsumi madu Manuka bisa jadi sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung dan menyeimbangkan sistem pencernaan Anda.


2. Jerawat dan eksim


Dari testimoni berbagai pasien, madu Manuka juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan eksim. Sampai saat ini, belum ada alasan ilmiah mengapa madu Manuka bisa menghilangkan jerawat atau eksim. Akan tetapi, Anda bisa mencoba melakukannya dengan mengaplikasikan madu ini ke area jerawat atau eksim untuk beberapa menit, lalu bilas dengan sabun dan air. Lakukan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


3. Methicillin-Resistent Staphylococcus Aureus (MRSA)


Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit ini? Penyakit yang sering disebut sebagai penyakit akibat bioterrorisme ini diakibatkan oleh penggunaan antibiotik berlebihan dan tidak efektifnya obat yang diberikan, yang membuat bakteri Staph menjadi tidak bisa dilawan. Menyebar dengan cepat, kebanyakan orang yang terkena MRSA menjadi terinfeksi secara akut hingga membutuhkan operasi, pemasangan sendi palsu, atau memerlukan tabung penyokong untuk bertahan hidup.


Akan tetapi, baru-baru ini peneliti dari Cardiff Metropolitan University di Inggris menemukan sebuah penemuan yang memberikan harapan untuk para pengidap MRSA. Para peneliti menemukan bahwa madu Manuka bisa menurunkan aktivitas gen yang terdapat di dalam bakteri MRSA.


4. Luka bakar, borok, dan bisul


Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products, madu Manuka bisa membantu pemulihan luka berat, mengurangi rasa sakit dari luka bakar, dan mengurangi peradangan di kulit penderita. Lebih lanjut lagi, kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti radang di madu Manuka dapat mencegah infeksi para orang yang memiliki borok atau bisul.


5. Gigi bolong dan gingivitis


Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa madu Manuka bisa membantu menyembuhkan gingivitis dan periodontal. Menurut para peneliti dari School of Dentistry, University of Otago di New Zealand menemukan bahwa mengemut atau berkumur madu Manuka bukan hanya saja mengurangi 35% plak gigi, tetapi juga menurunkan 35% daerah yang berdarah untuk orang-orang yang terkena gingivitis. Kandungan kalsium, zinc, dan fosfor pada madu Manuka juga berperan penting dalam pemulihan gigi.


6. Radang tenggorokan dan imunitas


Pada tahun 2007, data yang dipublikasikan di Journal of Leukocyte Biology mengusulkan bahwa sebuah komponen yang terdapat pada madu Manuka dapat meningkatkan sel imun.


Selain itu, di tahun 2011 penelitian menemukan bahwa madu Manuka memberhentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Tidak heran mengapa banyak orang-orang yang mengonsumsi madu Manuka saat sakit langsung merasa lebih sehat beberapa jam kemudian. Bahkan penelitian baru-baru ini dari National Cancer Institute juga menemukan bahwa madu Manuka bisa membantu memulihkan radang tenggorokan akibat obat kemoterapi.


7. Perawatan kecantikan dan meningkatkan kesehatan


Mengonsumsi madu Manuka secara rutin dapat memberikan efek yang baik untuk meningkatkan energi Anda dan kualitas kesehatan Anda. Nutrisi di dalam madu Manuka dapat meningkatkan vitalitas, energi, dan juga tekstur dan warna kulit. Tambahkan madu Manuka di sabun cuci muka homemade Anda untuk mengelupas sel kulit mati dan melawan efek radikal bebas pada kulit. Tambahkan madu Manuka di shampoo atau masker rambut Anda untuk membuat rambut Anda lebih berkilau. Atau bisa juga tambahkan madu Manuka di minuman detox Anda.


8. Meningkatkan kualitas tidur


Madu Manuka membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Madu Manuka membantu Anda mengeluarkan glikogen secara perlahan yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh ketika tidur. Menambahkan madu ini ke dalam susu sebelum tidur membantu tubuh Anda mengeluarkan melatonin yang dapat membantu otak Anda untuk membuat Anda tidur nyenyak. Banyak masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kurang tidur, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan arthritis. Karena madu Manuka dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur Anda, berarti secara tidak langsung madu Manuka juga membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut.


Meskipun memang harga madu ini lebih mahal daripada madu biasaya, tetapi melihat khasiat yang dihasilkan juga sepadan, sehingga cukup beralasan mengapa madu ini mahal harganya. Akan tetapi, jangan sampai Anda tertipu dengan madu Manuka palsu yang banyak beredar di pasaran. Madu Manuka yang asli memiliki label UMF di kemasannya. Selamat mencoba!


0 Response to "8 Manfaat Madu Manuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...