5 Cara Mengasuh Balita Saat Anda Memiliki Bayi Baru




Memiliki anak balita tentu punya tantangan tersendiri. Meski baru berusia 2 atau 3 tahun, tingkah lakunya yang aktif ke sana kemari benar-benar bisa membuat Anda kelelahan untuk menghadapinya. Terlebih jika Anda juga baru saja melahirkan anak kedua. Hmmm. sudah kebayang kan repotnya seperti apa? Lantas, bagaimana cara mengasuh balita jika juga punya anak bayi? Simak 5 tipsnya dalam artikel ini.


Cara mengasuh balita saat Anda baru punya bayi lagi


Merawat dua anak kecil di rumah tentunya akan melelahkan, terutama bagi ibu. Tapi tenang, berikut ini beberapa tips membagi waktu untuk mengurus balita jika Anda baru punya bayi lagi.


1. Daftarkan si sulung ke playgroup atau PAUD


Tips mengasuh balita jika Anda juga bayi yang pertama adalah masukkan si sulung ke playgroup atau Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) selama tiga hari dalam seminggu selama beberapa jam. Cara ini selain memberikan kesempatan si sulung untuk berinteraksi sambil belajar dengan teman-temannya, juga akan akan memberikan Anda waktu untuk tidur ataupun bersantai sebentar bersama bayi Anda.


2. Siapkan area khusus bermain di rumah


Jika Anda mengasuh balita dan bayi, menyiapkan area di mana anak-anak bisa bermain sendiri sangat penting. Terlebih untuk si sulung. Buatlah area bermain khusus di rumah dengan beragam pilihan permainan yang kreatif dan mengedukasi seperti puzzle, flash card, balok susun, lego dan perlengkapan mewarnai yang umumnya disukai oleh anak. Tempat ini akan jadi tempat favorit si kecil untuk menghabiskan waktu bermain di rumah.


Nah, ketika si kecil sedang sibuk bermain, Anda bisa melakukan aktivitas lain, mulai dari menyusui atau bahkan beres-beres rumah.


3. Atur jam tidur siang kedua anak supaya sama


Nampaknya memang cara ini akan lebih mudah diucapkan dibandingkan untuk dilakukan. Memang akan membutuhkan waktu dan usaha yang lumayan keras agar bisa membiasakan si kecil tidur siang. Namun, nyatanya dengan mengatur jam tidur siang si kecil dan bayi secara bersamaan akan sedikit membantu ibu untuk bisa sekedar berisitirahat melakukan kegiatan lain di rumah. Tidur siang selain memberikan manfaat agar si kecil bisa beristirahat, juga akan mengajarkan si kecil untuk belajar disiplin waktu.


4. Bercerita bersama


Untuk membujuk si sulung agar mau tidur, Anda bisa mengajaknya bercerita. Entah itu cerita tentang dongeng ataupun tentang masa kecilnya. Anda juga bisa menceritakan bagaimana dulu ketika merawat si sulung sewaktu bayi dan kemudian membandingkannya dengan bagaimana Anda merawat ia saat ini. Buatlah cerita yang menarik agar si kecil mau mendengarkan cerita Anda.


5. Beri pengertian


Jika si sulung sedang rewel dan manja tidak benar-benar menangis, hanya mencari perhatian, namun di sisi lain Anda sedang menyusui, pastikan Anda mengatakan dengan halus kepadanya, misalnya Sebentar ya sayang atau satu menit saja sayang, Ibu mau menyusui adek dulu Dengan begitu, anak akan mengerti dan memahami kondisi Anda.


Yang harus diperhatikan ketika mengasuh balita jika Anda punya bayi


Manfaatkanlah pengalaman Anda dalam mengurus anak pertama, walaupun anak pertama berbeda dengan anak kedua, paling tidak pengalaman saat mengurus anak pertama akan berguna. Jika usia anak Anda terpaut dua tahun atau kurang, hadapi kenyataan bahwa dalam waktu beberapa bulan ke depan Anda akan menghadapi hari-hari yang berat, baik secara logistik, sosial, maupun waktu tidur. 


Hal ini akan terus berlangsung hingga anak-anak Anda sudah bisa ke toilet sendiri dan sudah bisa melakukan hal-hal kecil sendiri. Lambat laun, pasti Anda akan terbiasa dengan kesibukan mengurus dua anak. Meskipun melelahkan, percayalah hari-hari Anda juga penuh dengan kelucuan, canda dan tawa.


Yang terpenting, jangan lupa istirahat selagi bisa dan jaga kondisi kesehatan Anda agar tetap prima untuk mengurusi si buah hati dan keluarga. Selain itu, limpahkan juga kasih sayang yang sama dengan keduanya. Jangan pernah berat sebelah dengan lebih mencintai salah satu di antara mereka.


0 Response to "5 Cara Mengasuh Balita Saat Anda Memiliki Bayi Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...