Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan

Usia bayi kini menyentuh 3 bulan pertamanya di dunia. Terdapat empat minggu penuh di mana si kecil akan berkembang lebih signifikan lagi, dari segi fisik maupun segi mental. Rangkuman perkembangan si kecil dapat diperhatikan sebagai berikut:
 
Minggu ke-9:
1. Kini si kecil sudah mampu lebih baik lagi mengenali orangtuanya dan mulai mampu mengekspresikannya.
2. Sistem pemilihan si kecil juga semakin berkembang karena kini si kecil mampu membedakan mana orang yang baginya familiar dan menimbulkan rasa nyaman dan mana yang tidak. Gerakan mata si kecil cenderung mencari sosok yang dikenalnya serta mengenali aroma tubuh orangtuanya.
3. Kini, pendengaran, kemampuan linguistik, dan indera penciuman si kecil sudah jauh lebih berkembang. Hal ini ditandai dengan si kecil yang lebih responsif terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya.
4. Mengingat adanya perkembangan linguistik. Disarankan bagi para orangtua untuk memperbanyak percakapan dengan bayi karena hal ini dapat berperan untuk jangka panjang bagi kecerdasan si kecil. Jika terdapat dua bahasa yang aktif digunakan di rumah, seringlah bergantian menggunakan bahasa tersebut untuk diperdengarkan pada si kecil. 
 
Minggu ke-10:
1. Pada minggu kedua usia 3 bulan, bayi sudah dapat secara aktif menggerakkan lengan dan menendang-nendangkan kakinya karena semakin kuat panggul serta sendi-sendinya. Latih kekuatan ototnya dengan memposisikannya berdiri dan bertumpu pada pijakan kaki.
2. Melatih sensor gerakan tangannya sangat diperlukan, terutama dalam hal membuka dan menutup genggaman tangan. Berikan mainan dalam jarak beberapa inci agar si kecil dapat melatih jangkauan tangannya.
3. Terdapat kepekaan yang lebih terhadap rangsangan seperti ciuman dan belaian, karena itu si kecil juga sudah boleh diperkenalkan dengan berbagai bahan kain dan mulai berikan pijatan bayi dengan baby oil. 
 
Minggu ke-11:
1. Minggu ketiga usia 3 bulan menunjukkan adanya kemampuan si kecil tidur lelap dalam waktu yang lebih panjang dan jam-jam yang teratur.
2. Kini si kecil juga mulai memiliki rasa penasaran terhadap apa saja yang ditangkap oleh pandangan matanya. Manfaatkan kemampuan baru si kecil ini dengan mengajaknya bercermin.
3. Ajak si kecil berbicara sebagai awal latihan dirinya belajar berekspresi secara lebih terkoordinasi.
4. Kemampuan si kecil untuk berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya juga mengalami perkembangan.
 
Minggu ke-12:
1. Di penghujung minggu usia 3 bulannya, bayi sudah memiliki kekuatan untuk mengangkat kepala dan bahunya lebih tinggi dengan bertopang pada kedua lengan. 
2. Si kecil mulai mampu berguling ke depan atau sebaliknya.
3. Si kecil mulai dapat menghafal orang-orang yang wajah, aroma tubuh, serta suara yang membuatnya merasa nyaman, sehingga ketika terdapat orang asing yang mendekatinya, si kecil menjadi agak rewel dan butuh waktu untuk terbiasa. Selama berada dalam dekapan orang yang dikenalnya, si kecil akan cenderung lebih ramah terhadap orang lain yang mengajaknya berbicara.
 
Cari tahu apa yang dapat dilakukan oleh bayi usia 2 bulan di sini
 
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia

0 Response to "Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...