Manfaat Buah dan Sayur Untuk Anak




Buah-buahan dan sayuran memberikan banyak manfaat untuk anak-anak, termasuk peningkatan gizi, penurunan risiko obesitas, dan aktivitas akademik yang lebih baik. Sayangnya, sebagian besar anak tidak mendapatkan lima atau lebih porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan dalam sehari.


Peningkatan gizi


Anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya memerlukan gizi yang baik, dan buah-buahan serta sayuran menyediakan banyak suplai vitamin, mineral, dan senyawa penting lainnya. Buah jeruk dan stroberi kaya vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh, wortel kaya dengan kandungan vitamin A yang baik untuk mata, dan bayam merupakan sumber zat besi yang bagus untuk mencegah anemia. Apel mengandung 16 macam polifenol, antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan. Makan buah dan sayuran berbagai macam warna akan memberikan sejumlah nutrisi untuk menjaga anak-anak tetap sehat.


Penurunan risiko obesitas


Buah dan sayuran memiliki kandungan serat tinggi, namun rendah lemak dan kalori. Membiasakan anak untuk makan buah-buahan dan sayuran daripada makanan ringan bergula dan makanan cepat saji yang berlemak akan membantunya untuk menghindari risiko obesitas. Anak dengan kelebihan berat badan memiliki risiko lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, hipertensi, masalah pernapasan dan depresi.


Aktivitas di sekolah yang lebih baik


Anak-anak yang rajin makan makanan sehat, termasuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran, menunjukan hasil yang lebih baik saat tes akademik dibanding anak-anak yang jarang mengonsumsi buah dan sayuran. Anak-anak dengan menu makanan sehat memilki persentase hingga 41% untuk tidak mengalami kegagalan dalam tes kemampuan akademik daripada anak-anak lain. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas akademik anak-anak, tetapi gizi merupakan kontributor utama untuk prestasi di sekolah yang lebih baik.


Berikan lebih banyak buah dan sayuran dalam menu makanan anak Anda


Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat makanan. Untuk tetap fit dan sehat, anak Anda perlu makan makanan yang seimbang yang mencakup buah dan sayuran setiap hari. Berapa banyak yang ia butuhkan tergantung pada usianya.


Buah-buahan dan sayuran yang berbeda warna memiliki manfaat kesehatan yang berbeda pula sehingga cobalah untuk memberikan banyak buah dan sayuran dengan warna yang berbeda untuk anak Anda.


Tambahkan buah dan sayuran ke dalam makanan setiap kali anak makan


Ada banyak cara yang menarik untuk melakukan hal ini. Buah dan sayuran dapat disajikan mentah, dipanggang, diparut, atau dipotong kotak-kotak. Mereka juga dapat ditambahkan ke bahan-bahan makanan lainnya.


Trik lainnya adalah:



  • Masukkan irisan pisang atau stroberi di sereal.

  • Tambahkan potongan buah ke yoghurt.

  • Buatlah smoothie menggunakan buah segar atau buah beku.

  • Siapkan potongan sayur di kotak makan siang anak Anda.

  • Cobalah kebab sayuran dengan makan malam anak Anda.

  • Berikan anak Anda pizza dengan irisan jamur dan capsicum.


Makan buah yang segar jauh lebih baik untuk anak Anda daripada minum segelas jus buah dalam kemasan, yang dapat mengandung hingga enam sendok teh gula dan sangat sedikit serat makanan.


Buah dan sayuran yang segar merupakan hal yang baik tapi buah dan sayuran kalengan (rendah garam), buah dan sayuran kering, dan buah dan sayuran beku adalah alternatif lain yang juga baik. Tetap lebih baik Anda untuk memilih buah dan sayuran yang telah dikemas dalam kaleng atau jus alami, daripada yang diberi tambahan gula atau garam.


Buah kering, seperti aprikot, apel dan kismis, mengandung vitamin, mineral dan serat. Namun, mereka juga mengandung gula yang tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi, terutama karena buah ini cenderung menempel gigi anak Anda. Lebih baik untuk hanya sedikit mengonsumsi sejumlah kecil buah kering, dan pastikan anak Anda meminum segelas air setelah mengonsumsinya.


Berapa banyak porsi yang dibutuhkan?


Satu porsi buah sama dengan satu potongan buah sedang, dua potongan kecil, atau satu mangkuk potongan buah.


Satu porsi sayuran sama dengan satu kentang dengan ukuran sedang, setengah mangkuk sayuran yang dimasak atau satu mangkuk salad sayuran.






0 Response to "Manfaat Buah dan Sayur Untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...