Jadilah Si Morning Person

Hanya satu dari 10 orang di dunia ini yang benar-benar seorang morning person, demikian tertulis di buku The Body Clock Guide to Better Health. Kabar baiknya, hanya dua orang yang benar-benar dapat dikategorikan sebagai "burung hantu". Sisanya ada di antara Si Morning Person dengan Si Burung Hantu. 

Morning person adalah istilah untuk orang yang bukan hanya terbiasa bangun pagi tapi juga selalu bersemangat ketika melakukan aktivitas di pagi hari. Sebaliknya, Si Burung Hantu lebih sering mematikan alarm lalu melanjutkan tidur lagi. Mematikan alarm beberapa kali sebelum benar-benar bisa bangun adalah tanda kurang tidur. Jika Anda cukup tidur, Anda tidak perlu bantuan alarm untuk bangun pagi, kata Dr. Nathaniel Watson, Presiden American Academy of Sleep Medicine. Terdengar mudah namun sulit dilakukan oleh mereka yang terbiasa tidur larut atau bergadang. Tapi selalu ada jalan keluar selagi Anda punya kemauan.

Berikut cara untuk mendapat tidur yang cukup dan berkualitas agar Anda dapat menjadi Si Morning Person.

1. Konsisten dengan jadwal tidur adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, kata Watson. Jika Anda perlu mengubah jadwal, majukan jadwal tidur 15 menit lebih awal tiap satu hari. Perubahan jadwal yang terlalu drastis biasanya sulit dilakukan dan dipertahankan.

2. Seimbangkan kebutuhan pribadi, keluarga dan kerja. Berani katakan tidak untuk ajakan berkegiatan satu jam sebelum waktu tidur. Ini agar Anda punya cukup waktu untuk cooling down sebelum mata terpejam. Berangkat tidur dengan pikiran yang masih rusuh akan mengganggu kenyenyakan tidur.

3. Praktikkan rutinitas sebelum tidur misalnya minum teh herbal atau membaca buku 20 menit sebelum masuk kamar. Rutinitas akan membantu otak untuk tahu bahwa ketika satu kegiatan dilakukan artinya waktu tidur sudah dekat.

4. Jika Anda punya utang tidur yang harus dibayar, cicillah dengan tidur siang ketimbang harus merusak jadwal tidur malam. Namun jangan sampai tidur siang berlebihan agar tidak sulit tidur ketika malam.

5. Makan dan minum dengan cerdas. Para ahli percaya bahwa tidur dalam kondisi lapar atau terlalu kenyang dapat mengganggu tidur. Begitupun dengan minum. Terlalu banyak minum dapat membuat Anda harus terjaga tengah malam karena harus berkemih. Hindari alkohol karena membuat kepala pening dan kopi karena kafeinnya mampu membuat Anda terjaga lebih lama.

6. Matikan sumber cahaya karena cahaya yang masuk ke mata dapat menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan untuk menimbulkan rasa kantuk. "Cahaya biru (blue light) yang dipancarkan alat elektronik seperti laptop dan TV mampu mencegah kelenjar pineal memroduksi hormon melatonin. Itu sebabnya kita dianjurkan untuk mematikan lampu, TV, komputer dan berhenti bermain ponsel sebelum tidur," kata Steven Lockley, peneliti dari Harvard Medical School.

7. Bingung harus melakukan apa sebelum tidur karena tidak boleh menonton TV dan memainkan ponsel? Lakukan kegiatan ringan seperti menyiapkan sarapan untuk besok atau baca buku bertema ringan.

8. Nyamankan ruang tidur Anda. Jaga tetap rapi dan bersih, atur suhu kamar senyaman mungkin, pasang aromaterapi atau musik lembut, matikan lampu besar ganti dengan lampu kecil jika Anda masih perlu berkegiatan santai sebelum benar-benar terpejam. 
National Sleep Foundation di Amerika Serikat menyatakan, tidur cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan. Semoga Anda bisa tidur nyenyak malam ini dan bangun pagi dengan semangat. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


0 Response to "Jadilah Si Morning Person"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...