Benarkah Berhubungan Intim Setiap Hari Justru Bikin Susah Hamil




Satu kali berhubungan seks tanpa lindungan alat kontrasepsi sebenarnya bisa saja langsung membuahkan kehamilan. Namun banyak pula suami-istri yang tetap tidak bisa memiliki anak meski sudah berhubungan intim hampir setiap hari. Benarkah katanya kalau berhubungan seks setiap hari justru bikin susah hamil? Temukan jawabannya di artikel ini.


Apakah seks setiap hari bisa bikin sulit hamil?


Peluang langsung hamil dari berhubungan seks setiap hari tanpa kontrasepsi ternyata lumayan besar. Satu survey menemukan bahwa berhubungan setiap hari selama enam bulan membuahkan kehamilan pada 60 persen pasangan, 80 persen pasangan dalam waktu sembilan bulan, dan hampir 90 persen pasangan dalam waktu satu tahun.


Dengan demikian, anggapan bahwa seks setiap hari justru bikin sulit hamil sebenarnya tidak perlu terlalu dimasukkan ke hati. Sah-sah saja bagi pasangan muda untuk berhubungan intim setiap hari (jika Anda punya energi dan waktu) tanpa harus khawatir tentang kesuburan masing-masing. Namun perlu diketahui bahwa pada pria 40-50 tahun ke atas, kadar hormon testosteron mungkin mulai menurun yang bisa memengaruhi tingkat kesuburannya.


Tapi, perlukah setiap hari berhubungan seks untuk bisa hamil?


Kehamilan sendiri terjadi ketika sel sperma dan sel telur bertemu dan mengalami pembuahan. Namun, untuk menjamin pembuahan yang sukses, Anda akan membutuhkan waktu yang tepat.


Banyak perempuan yang tidak tahu kapan tepatnya mereka berovulasi, waktu yang ideal untuk merencanakan kehamilan. Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa bahkan pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur sekali pun, ovulasi bisa terjadi setiap saat. Oleh karena itu, banyak pasangan yang memutuskan untuk berhubungan seks setiap hari agar tidak kelewatan jendela ovulasi. Tapi Anda sebenarnya tak perlu sampai demikian.


Sejumlah studi menunjukkan bahwa Anda dapat meningkatkan peluang Anda sukses hamil jika Anda berhubungan seks satu kali setiap 1-2 hari dalam sebulan jika Anda tidak tahu persis kapan ovulasi Anda terjadi, atau selama masa subur (jika Anda tahu kapan tepatnya), yaitu satu kali sehari di 3-4 hari sebelum dan hari-H ovulasi. Idealnya, Anda harus berusaha untuk melakukan hubungan seks setidaknya tiga sampai empat kali seminggu sepanjang siklus Anda (kira-kira setiap dua hari sekali atau bisa lebih). Dengan hitung-hitungan ini, Anda pasti berhubungan seks setidaknya sekali selama masa subur Anda bahkan Anda jika Anda tidak yakin kapan tepatnya Anda berovulasi.


Sederhananya, Anda boleh berhubungan setiap hari untuk merencanakan kehamilan, atau dua hari sekali. Frekuensi hubungan seks yang lebih sering berarti kemungkinan terjadinya pembuahan juga meningkat. Asal jangan berhubungan seks dua kali sehari, untuk membiarkan sperma laki-laki beristirahat dan mengisi ulang.


Kesuburan pria juga menentukan peluang hamil


Pria membutuhkan waktu untuk memproduksi sperma yang cukup dan berkualitas. Bagi pria, berhubungan seks terlalu sering dapat menurunkan jumlah sperma sehat karena tubuhnya tidak mendapat waktu yang cukup untuk beristirahat dan mengisi ulang spermanya.


Baiknya adalah mencoba berkompromi dengan menghitung masa subur perempuan dan cocokkan dengan masa subur prianya juga. Kemudian tentukan kapan hari yang tepat untuk berhubungan seks agar bisa hamil. Pada umumnya, berhubungan seks setiap 3-4 kali seminggu sudah mencakup kebutuhan kedua belah pihak.


Jika Anda sulit untuk menentukan masa subur, Anda dapat menggunakan perkiraan atau dengan alat test kesuburan yang dijual di apotek. Dengan perkiraan, masa subur wanita dapat dihitung kira-kira hari ke 14 siklus menstruasi (14 hari dari hari menstruasi pertama).


Posisi pria di atas adalah posisi seks terbaik agar cepat hamil


Pada umumnya posisi misionaris (pria di atas) adalah posisi seks terbaik untuk mempercepat kehamilan. Dengan posisi ini, sperma yang dikeluarkan menumpuk pada sekitar mulut rahim untuk waktu yang cukup. Tetapi bila posisi mulut rahim tidak seperti pada umumnya, maka posisi hubungan seksual yang lain diperlukan.


Tak selamanya berhubungan seks bisa membuahkan kehamilan


Namun yang juga perlu diperhatikan, segala pertimbangan di atas tentu bukan menjadi garansi bahwa seks di hari ovulasi langsung pasti bisa berbuah kehamilan. Ada beragam faktor lain yang juga harus Anda dan pasangan perhitungkan masak-masak.


Jika berbagai cara sudah dilakukan dan tak kunjung membuahkan kehamilan, maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui status kesuburan pihak pria dan wanita, sekaligus mengetahui apa penyebabnya kalau terdapat gangguan kesuburan. Setelah itu baru dapat diberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab.


0 Response to "Benarkah Berhubungan Intim Setiap Hari Justru Bikin Susah Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...