Bagaimana Alur Prosedur Pemeriksaan USG Transvaginal




Pemeriksaan USG transvaginal biasanya dipilih jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat mengenai kondisi dalam organ reproduksi wanita. Pasalnya, USG ini tidak hanya dilakukan di luar tubuh saja, melainkan dengan memasukkan alat khusus ke dalam vagina.


Tertarik untuk mencobanya? Tenang, pemeriksaan ini bisa dilakukan oleh semua wanita, kok. Baik saat sedang hamil maupun tidak. Namun sebelumnya, akan lebih baik kalau Anda memahami seluk beluk prosedur USG transvaginal dulu.


Tahapan pemeriksaan USG transvaginal


Berbeda dengan USG perut yang dilakukan dari luar tubuh, USG transvaginal dilakukan melalui vagina sehingga tata cara pemeriksaannya pun berbeda.


Sebelum USG transvaginal


berhubungan seks setelah pap smear


Dokter umumnya akan memberi instruksi mengenai apa saja yang harus Anda lakukan sebelum melakukan USG transvaginal. Jika memang diperlukan, biasanya Anda akan diminta untuk mengosongkan kandung kemih atau memenuhinya sebagian guna mempermudah saat proses pemeriksaan berlangsung.


Bila kandung kemih harus penuh, sebaiknya minum banyak air kurang lebih satu jam menjelang menjelang pemeriksaan di mulai.


Anda wajib melepas pakaian dari bagian pinggang ke bawah, kemudian menggantinya dengan pakaian khusus untuk pemeriksaan. Jika sedang dalam masa menstruasi, sebaiknya lepas sementara pembalut maupun tampon yang sedang Anda gunakan.


Selama USG transvaginal


tahap pemeriksaan pap smear


Sesaat sebelum pemeriksaan dimulai, Anda diminta untuk berbaring di tempat tidur khusus dengan posisi kedua kaki ditekuk sehingga terbuka lebar (posisi mengangkang). Kemudian dokter akan memasukkan alat bernama transduser ke dalam vagina, yang telah dioleskan gel pelumas sebelumnya.


Transduser yang telah berada di dalam rahim akan menggambarkan keadaan organ reproduksi Anda secara jelas melalui monitor. Selama pemeriksaan ini berlangsung, dokter akan terus mengubah arah transduser hingga seluruh organ dalam Anda diamati dan tidak ada yang terlewat. Dengan begitu, dokter dapat menilai kondisi bagian dalam tubuh Anda secara keseluruhan.


Setelah USG transvaginal


dideteksi lewat pap smear


Wajar jika Anda merasa sedikit tidak nyaman usai pemeriksaan USG transvaginal selesai, karena otot vagina Anda mungkin menegang selama prosedur tersebut dilakukan. Namun biasanya kondisi ini tidak akan berlangsung lama, dan akan segera pulih dengan sendirinya.


Hasil pemeriksaan USG transvaginal akan diperiksa dan dianalisis lebih lanjut oleh ahli radiologi. Setelah itu, baru dikirim kembali pada dokter untuk diamati sehingga bisa dibuat kesimpulan mengenai kondisi organ dalam reproduksi Anda.


0 Response to "Bagaimana Alur Prosedur Pemeriksaan USG Transvaginal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...