3 Latihan Memperbaiki Skoliosis

Skoliosis atau kelainan kurva tulang belakang merupakan kasus yang umum dijumpai di dunia, termasuk di Indonesia. Skoliosis adalah kondisi kelainan tulang belakang yang tidak diketahui penyebab pastinya. Untuk memperbaikinya, diperlukan latihan fisik secara teratur untuk mengembalikan kelengkungan tulang belakang pada range normal, serta memperbaiki keseimbangan tubuh. 

Berikut ini beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan bagi para penderita skoliosis:

1.Lakukan latihan peregangan ke atas dan ke bawah
Berdirilah dengan punggung yang disandarkan ke dinding, dan kedua lengan menggantung di kedua sisi tubuh. Dengan menyandarkan tubuh, Anda dapat mempertahankan posisi tubuh tetap tegak dan lurus.

Jika bagian punggung kiri yang mengalami kebengkokan, angkatlah lengan kiri ke atas mengarah ke langit-langit. Kemudian, berusahalah menggapai langit-langit dengan tangan kiri, dan pada saat yang bersamaan cobalah meraih lantai dengan tangan kanan yang bebas. Jika dilakukan dengan benar, maka Anda akan merasakan tarikan dan penggeseran pada tulang belakang. 

Tahan posisi selama lima detik. Lalu, kembali ke posisi semula. Ulangi hingga 10 kali dalam lakukan dua hingga tiga kali sehari. Jika sisi tubuh kanan yang mengalami pembengkokan, lakukan gerakan ini dengan arah sebaliknya.

2.Peregangan samping
Peregangan samping dilakukan dengan tujuan meregangkan otot sekitar tulang belakang serta memberikan rasa lega dari keluhan sakit yang mungkin terjadi. Berdirilah dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan punggung disandarkan ke dinding dan lengan berada di sisi tubuh. Awali dengan posisi ini, lalu fokuskan gerakan pada sisi tubuh yang lebih bermasalah, entah itu kiri atau kanan.

Jika yang bermasalah adalah bagian kiri tubuh, maka angkat lengan kiri di atas kepala lalu tekuk tubuh ke kanan, menjauhi otot punggung yang mengencang. Posisikan tangan kanan di pinggang sebelah kanan untuk menyangga gerakkan, lalu tekan ke arah pinggang kanan untuk memperbesar tekanan dan peregangan. Kemudian dengan tangan kiri, raih sejauh mungkin melewati kepala ke arah kanan. Anda akan merasakan tarikan perlahan pada otot punggung bagian kiri dan otot-otot di antara tulang rusuk.

Tahan peregangan selama lima detik sebelum kembali ke posisi awal secara perlahan, lakukan sebanyak 10 kali setiap dua sampai tiga kali sehari.

3.Latihan memanjangkan lengan dan kaki
Latihan memanjangkan lengan dan kaki dapat memperkuat bagian belakang tubuh serta memperbaiki postur tubuh. Mulailah dengan memposisikan pinggul pas di bagian tengah di atas bola yang digunakan khusus untuk latihan. Bola latihan ini harus digunakan untuk menyangga seluruh bobot tubuh. Kemudian, dengan ujung kaki kiri serta ujung jari tangan kanan, sentuh lantai untuk mendapatkan keseimbangan dan penyangga yang kokoh. 

Rentangkan lengan kiri dan angkat tangan kanan ke atas sejajar dengan kepala. Kemudian, bersamaan dengan diangkatnya tangan kiri, angkat juga kaki kanan menggunakan otot yang disebut sebagai gluteus maximus di sebelah kanan hingga kaki terangkat sejajar dengan bagian bokong Anda. 

Tahan posisi ini selama tiga hingga empat detik sebelum menurunkan tubuh dan mengulangi lagi gerakan ini. 

Ulangi sebanyak 10 kali lalu ganti arah dan angkat bagian tubuh yang satunya sebanyak 10 kali. Istirahatlah selama 30 hingga 60 detik sebagai jeda. Atur napas dengan menarik napas pada saat Anda menurunkan tubuh dan menghembuskan napas pada saat mengangkat tubuh. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan


0 Response to "3 Latihan Memperbaiki Skoliosis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...