Hormon Pertumbuhan

Hormon Pertumbuhan



Definisi

Apa itu hormon pertumbuhan?


Tes hormon pertumbuhan (growth hormone/GH) mengukur jumlah GH dalam darah. GH diproduksi oleh kelenjar pituitary dan dibutuhkan untuk pertumbuhan. GH memiliki peranan penting dalam bagaimana tubuh menggunakan makanan untuk energi (metabolisme). Jumlah GH pada darah berubah dalam keseharian dan terpengaruh oleh olahraga, tidur, stres, dan pola makan. Terlalu banyak GH di masa kecil dapat menyebabkan anak tumbuh lebih tinggi dari normal (gigantisme). Terlalu sedikit GH di masa kecil dapat menyebabkan anak tumbuh kurang dari normal (dwarfism). Kedua kondisi dapat diobati apabila diketahui sejak dini.


Pada orang dewasa, terlalu banyak GH disebabkan oleh tumor nonkanker di kelenjar pituitaru (adenoma). Terlalu banyak GH dapat menyebabkan tulang wajah, rahang, tangan, dan kaki untuk tumbuh lebih besar dari normal (acromegaly). Hormon pertumbuhan dapat menyebabkan pengeluaran substansi-substansi lain (faktor) yang mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme. Salah satunya adalah insulin-like growth factor 1 (IGF-1). Saat tingkat GH sangat tinggi, tingkat IGF-1 juga sangat tinggi. Tes untuk IGF-1 juga dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi tingginya level GH.


Kapan saya harus menjalani hormon pertumbuhan?


Tes hormon pertumbuhan dilakukan pada anak saat ada tanda-tanda dan gejala defisiensi hormon pertumbuhan (GHD), seperti:



  • tingkat pertumbuhan yang melambat pada awal masa kanak-kanak

  • tubuh yang lebih pendek dari anak-anak lain yang seusia

  • masa puber yang terlambat

  • perkembangan tulang yang terlambat (dapat dilihat pada rontgen)


Tes stimulasi dapat dilakukan pada orang dewasa saat terdapat tanda-tanda dan gejala GHD dan/atau hypopituitarisme, seperti:



  • kurangnya kepadatan tulang

  • kelelahan

  • perubahan balik lipid, seperti kolesterol tinggi

  • kurangnya toleransi terhadap olahraga


Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani hormon pertumbuhan?


Karena GH dikeluarkan oleh kelenjar pituitary dalam jumlah banyak di satu waktu (bursts), mengukur tingkat GH pada sampel yang dikumpulkan pada waktu yang tidak ditentukan tidak terlalu berguna. Terdapat terlalu banyak tumpang tindih antara hasil abnormal dan variasi normal harian. Tingkat GH biasanya akan menjadi tinggi di pagi hari dan bertambah dengan olahraga dan stress.


Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemeriksaan GH termasuk:



  • obat-obatan yang dapat meningkatkan GH (contoh: amphetamine, arginine, dopamine, estrogen, glukagon, histamine, insulin, levodopa, methyldopa, dan asam nikotinat)

  • obat-obatan yang dapat menurunkan kadar GH (contoh: kortikosteroid dan phenothiazine)


Perlu diketahui bahwa kebanyakan kasus dari pendeknya tubuh bukan disebabkan oleh kurangnya GH. Kondisi tersebut dapat terkait dengan ciri keluarga, beragam kondisi dan penyakit, dan gangguan genetik lain. Penting bagi Anda untuk mengetahui peringatan dan pencegahan sebelum melakukan tes ini. Bila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut.


Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani hormon pertumbuhan?


Tes hormon pertumbuhan tipe apapun yang dirujuk, penting untuk mengikuti instruksi persiapannya. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk:



  • puasa beberapa jam sebelum tes dilakukan

  • menggunakan obat-obatan yang diresepkan beberapa hari sebelum tes

  • berolahraga sebelum tes

  • menghentikan pengobatan yang dapat mempengaruhi hasil tes.


Bagaimana proses hormon pertumbuhan?


Tingkat hormon pertumbuhan dalam darah (GH) dapat berubah dengan cepat, jadi lebih dari satu sampel darah dapat diambil pada hari yang berbeda. Tingkat IGF-1 berubah lebih lambat, dan mungkin akan menjadi tes pertama yang dilakukan.


Penyedia layanan kesehatan yang mengambil sampel darah akan:



  • melilitkan sabuk elastis di sekitar lengan bagian atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah ikatan membesar sehingga memudahkan untuk menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh

  • membersihkan bagian yang akan disuntikkan dengan alkohol

  • menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh darah. Mungkin diperlukan lebih dari satu jarum.

  • memasangkan tabung ke jarum suntik untuk diisi dengan darah

  • melepaskan ikatan dari lengan Anda ketika pengambilan darah dirasa sudah cukup

  • menempelkan kain kasa atau kapas pada bagian yang disuntik, setelah selesai disuntik

  • memberi tekanan pada bagian tersebut dan kemudian memasang perban


Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani hormon pertumbuhan?


Sabuk elastis yang diikatkan pada lengan bagian atas Anda dapat terasa ketat. Anda mungkin tidak merasakan apa-apa saat pengambilan darah dengan jarum, atau Anda mungkin akan merasa tersengat sedikit, atau seperti tercubit. Anda dapat melepas perban dan kapas dalam 20 hingga 30 menit. Anda akan diberi tahu tanggal keluarnya hasil tes. Dokter akan menjelaskan apa arti hasil tes tersebut. Ikuti instruksi dokter Anda.


Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?


Normal:


Skor normal yang ada pada daftar ini (disebut referensi kisaran hanya berfungsi sebagai panduan. Kisaran ini bervariasi dari satu laboratorium dengan laboratorium lainnya, dan laboratorium Anda mungkin memiliki skor normal yang berbeda. Laporan laboratorium Anda biasanya akan memuat berapa kisaran yang mereka gunakan. Dokter Anda juga akan memeriksa hasil tes Anda berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan faktor lainnya. Hal ini berarti jika hasil tes Anda masuk kisaran abnormal dalam panduan ini, bisa saja di laboratorium Anda atau untuk kondisi Anda skor tersebut termasuk ke kisaran normal.




















Hormon pertumbuhan (GH)
PriaKurang dari 5 nanogram per mililiter (ng/Ml) (kurang dari 226 picomoles per liter [pmol/L])
WanitaKurang dari 10 ng/mL (kurang dari 452 pmol/L)
Anak-anakKurang dari 20 ng/mL (kurang dari 904 pmol/L)

Skor Tinggi


Tingkat GH tinggi mungkin mengindikasikan adanya gigantisme atau acromegaly (gangguan kelebihan hormon yang mengakibatkan tulang bertambah besar). Kondisi ini disebabkan oleh tumor nonkanker pada kelenjar pituitary (adenoma). Tingkat IGF-1 seharusnya juga tinggi.


Tingginya tingkat GH juga dapat disebabkan oleh diabetes, penyakit ginjal, atau kelaparan. Kondisi-kondisi ini tidak menyebabkan tingginya tingkat IGF-1.


Skor Rendah


Tingkat GH rendah mengindikasikan:



  • defisiensi GH

  • hipopituitarisme (fungsi rendah dari kelenjar pituitary)



Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.





0 Response to "Hormon Pertumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...