Baru Saja Menjalani Operasi Angkat Rahim Sebaiknya Patuhi Pantangan Ini




Jika Anda baru saja menjalani operasi angkat rahim atau histerektomi, maka tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih. Rata-rata wanita membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk dapat kembali beraktivitas normal. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari untuk mempercepat masa pemulihan setelah operasi. Ini dia daftarnya.


Pantangan setelah operasi angkat rahim


1. Melakukan pekerjaan yang berat


Pasca histerektomi, Anda pasti dianjurkan untuk istirahat di rumah dan pantang melakukan pekerjaan yang berat. Biasanya, tubuh Anda akan pulih lagi dalam waktu 4-6 minggu. Hal ini tergantung kondisi masing-masing orang.


Hindari berolahraga yang berat, tetapi Anda masih boleh melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan-jalan santai. Justru, kegiatan ini akan menghindarkan Anda dari penggumpalan darah di daerah kaki atau varises.


2. Berhubungan seksual


Anda tidak bisa langsung melakukan hubungan seksual setelah operasi angkat rahim dilakukan. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk melakukan hubungan seks baru sekitar 6 minggu setelah operasi. Hal ini untuk menghindari perdarahan yang mungkin terjadi dan keluar dari vagina.


Lagi pula, setelah operasi angkat rahim ini dilakukan, biasanya hormon reproduksi Anda akan sedikit terganggu dan membutuhkan waktu untuk kembali normal. Tetapi, tenang saja, Anda tetap bisa bergairah dalam melakukan hubungan seks dengan pasangan jika kondisi kesehatan Anda telah pulih.


3. Mengangkat beban berat


Jika Anda ingin cepat pulih kembali, maka sebaiknya hindari mengangkat benda-benda yang berat. Pasca operasi angkat rahim, maka jaringan dan otot di sekitar perut serta rahim Anda memerlukan waktu untuk pulih.


Mengangkat beban hanya akan membuat pemulihannya semakin lama. Hal ini harus Anda patuhi dalam waktu 6-8 minggu. Selama waktu tersebut, bila Anda harus membawa beban berat, lebih baik minta tolong anggota keluarga atau pasangan Anda untuk melakukannya.


pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal kronis


4. Makan sembarangan


Salah satu hal yang banyak dikeluhkan pasca operasi angkat rahim adalah sulit buang air besar atau sembelit. Bisa jadi, hal ini disebabkan karena Anda tidak cukup mengonsumsi serat dan kurang cairan. Jadi, jangan lupa untuk memperbanyak makanan berserat di dalam menu makan Anda untuk menghindari masalah pencernaan.


Selain itu, Anda juga harus makan makanan dengan protein tinggi. Namun, pilih makanan protein yang rendah lemak, ya. Tubuh membutuhkan protein untuk membuat jaringan baru dan memperbaiki jaringan yang rusak, sehingga tubuh akan cepat pulih kembali.


5. Stres


Melakukan operasi angkat rahim dapat membuat seorang wanita tertekan. Sebab kebanyakan dari mereka melakukannya akibat mengalami suatu kondisi tertentu, seperti kanker rahim, kista, serta tumor rahim, dan mengharuskan rahim diangkat. Maka dari itu, tak jarang yang merasa stres dan tertekan akibat tak bisa memiliki anak.


Bila hal ini juga terjadi pada Anda, maka sebaiknya Anda pikirkan lagi dampak buruk yang akan terjadi jika Anda tidak mengangkat rahim sesuai dengan anjuran dokter. Mungkin saja kondisi kesehatan Anda akan lebih buruk dari kondisi sekarang. Kurangi stres dengan cara melakukan hal-hal yang Anda sukai dan nikmati waktu berkualitas Anda dengan pasangan.


6. Menggunakan tampon


Hindari menggunakan tampon pasca histerektomi, karena dapat meningkatkan risiko infeksi. Namun, dalam beberapa waktu setelah operasi angkat rahim, Anda mungkin akan mengeluarkan cairan atau bahkan darah dari vagina. Untuk itu, lebih baik Anda gunakan pembalut biasa, tapi jangan lupa menggantinya secara rutin agar tidak mengalami infeksi.


0 Response to "Baru Saja Menjalani Operasi Angkat Rahim Sebaiknya Patuhi Pantangan Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...