Asam Laktat

Asam Laktat



Definisi

Apa itu asam laktat?


Tes asam laktat adalah tes darah yang mengukur kadar asam laktat dalam tubuh. Sebagian besar dibuat oleh jaringan otot dan sel darah merah. Jika kadar oksigen dalam darah normal, karbohidrat terpecah menjadi air dan karbondioksida. Jika kadar oksigen rendah, karbohidrat terpecah menjadi energi dan asam laktat. Kadar asam laktat semakin tinggi bila olahraga berlebihan atau kondisi lainnyaseperti gagal jantung, infeksi parah (sepsis), atau shockmengurangi aliran darah dan oksigen sepanjang tubuh. Kadar asam laktat juga semakin tinggi jika hati rusak parah, karena hati normalnya memecah asam laktat. Kadar asam laktat yang sangat tinggi menyebabkan kondisi serius, kadang-kadang mengancam nyawa, yang disebut lactic acidosis. Lactic acidosis juga bisa terjadi pada orang yang minum metformin (Glucophage) untuk mengontrol diabetes jika juga mengalami gagal jantung atau ginjal atau infeksi parah.


Tes asam laktat umumnya dilakukan di sampel darah yang diambil dari pembuluh nadi dalam lengan tapi mungkin juga dilakukan pada sampel darah dari arteri (gas darah arteri).


Kapan saya perlu menjalani tes asam laktat?


Anda perlu menjalani tes asam laktat jika dokter butuh:



  • memeriksa apakah Anda mengidap lactic acidosis. Gejala lactic acidosis termasuk bernapas cepat, berkeringat berlebihan, kulit dingin dan basah, napas berbau manis, sakit perut, mual atau muntah, kebingungan, dan koma

  • melihat apakah jumlah oksigen yang tepat mencapai jaringan tubuh

  • menemukan penyebab tingginya kadar asam (pH rendah) dalam darah


 


Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani asam laktat?


Hasil dari tes asam laktat mungkin lebih akurat jika darah diambil dari arteri (gas darah arteri) daripada dari pembuluh nadi. Mengepalkan tangan atau tangan terbalut perban dalam waktu lama saat darah diambil bisa memberikan hasil peningkatan kadar asam laktat yang salah.


Selama olahraga aerobik, jantung dan paru-paru menyediakan jumlah oksigen yang memadai menuju tubuh untuk energi. Olahraga anaerobik menggunakan lebih banyak oksigen daripada paru-paru dan jantung yang dapat sediakan ke dalam tubuh sehingga persediaan energi lebih sedikit, menyebabkan peningkatan kadar asam laktat dalam darah. Biasanya olahraga anaerobik memaksa seseorang untuk melambat atau berhenti olahraga karena penumpukan asam laktat menyebabkan nyeri otot sedang atau parah dan otot kaku. Namun, beberapa atlet yang sangat terlatih belajar mentoleransi periode pendek kadar asam laktat tinggi. Selama olahraga aerobik, udara yang Anda hirup mengandung cukup oksigen untuk menggunakan gula darah dengan normal dan lengkap untuk kebutuhan energi tubuh, dan kadar asam laktat tidak meningkat.


Asam laktat bisa diukur dalam cairan selain darah, misalnya cairan tulang punggung. Kadar asam laktat dalam cairan tubuh sering meningkat jika terdapat infeksi. Jumlah asam laktat dalam cairan tulang punggung mungkin diukur untuk menentukan apakah infeksi otak disebabkan oleh bakteri atau virus.


Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani asam laktat?


Untuk mempersiapkan tes asam laktat:



  • jangan makan atau minum apapun selain air selama 8-10 jam sebelum tes

  • jangan berolahraga selama beberapa jam sebelum tes. Olahraga dapat menyebabkan peningkatan sementara kadar asam laktat


Bagaimana proses asam laktat?


Dokter akan membersihkan area kecil di lengan atau siku dengan lap antiseptik atau bantalan alkohol. Dalam beberapa kasus, dokter akan mengikatkan sabuk elastis di sekitar lengan atas Anda untuk meningkatkan aliran darah. Ini membuat pengumpulan darah dari pembuluh nadi jauh lebih mudah. Lengan Anda kemudian akan ditusuk dengan jarum yang dokter masukkan ke dalam pembuluh nadi. Pipa yang akan mengumpulkan darah dipasang di ujung jarum lainnya.


Sekali darah diambil, dokter akan mengambil jarum lalu menggunakan kain katun dan perban untuk menghentikan perdarahan di kulit yang ditusuk jarum.


Apa yang harus saya lakukan setelah tes asam laktat?


Anda bisa kembali beraktivitas secara normal setelah selesai tes. Dokter akan berdiskusi dengan Anda tentang kondisi dan memberikan pengobatan yang cocok. Terkadang, dokter mungkin menyuruh pemeriksaan lebih lanjut. Ikuti instruksi dokter dengan hati-hati.


 


Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?


Hasil tes akan siap dalam 1 hari.


Skor normal


Skor normal yang ada pada daftar ini (disebut referensi kisaran) hanya berfungsi sebagai panduan. Kisaran ini bervariasi dari satu laboratorium dengan laboratorium lainnya, dan laboratorium Anda mungkin memiliki skor normal yang berbeda. Laporan laboratorium Anda biasanya akan memuat berapa kisaran yang mereka gunakan. Dokter Anda juga akan memeriksa hasil tes Anda berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan faktor lainnya. Hal ini berarti jika hasil tes Anda masuk kisaran abnormal dalam panduan ini, bisa saja di laboratorium Anda atau untuk kondisi Anda skor tersebut termasuk ke kisaran normal.


Darah vena: 0,5-2,2 milliequivalent per liter (mEq/l) atau 0,5-2,2 millimol per liter (mmol/l)


Darah arteri: 0,5-1,6 mEq/l atau 0,5-1,6 mmol/l


Skor tinggi


Hasil abnormal berarti jaringan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.


Nilai asam laktat tinggi berarti lactic acidosis, yang bisa disebabkan oleh:



  • dehidrasi parah

  • masalah darah macam anemia parah atau leukemia

  • penyakit atau kerusakan hati yang mencegah hati memecah asam laktat dalam darah

  • kondisi seperti perdarahan parah, shock, infeksi parah, gagal jantung, penyumbatan aliran darah menuju usus, keracunan karbonmonoksida, atau emboli paru-paru yang mencegah oksigen memadai mencapai sel tubuh

  • olahraga berlebihan atau terlalu kepanasan

  • Keracunan alkohol (etanol), alkohol kayu (metanol), atau antibeku (ethylene glycol)

  • beberapa obat, misalnya isoniazid untuk TBC atau metformin (Glucophage) untuk diabetes. Lactic acidosis adalah masalah bagi orang yang minum metformin untuk mengendalikan diabetes, terutama yang memiliki fungsi ginjal yang buruk



Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.





0 Response to "Asam Laktat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...