TTGO (Toleransi Glukosa Oral)

TTGO (Toleransi Glukosa Oral)



Definisi

Apa itu TTGO (toleransi glukosa oral)?


Oral glucose tolerance test (OGTT) atau tes toleransi glukosa oral adalah tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan zat gula (glukosa) yang berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Tes toleransi glukosa oral juga berfungsi untuk mendiagnosis prediabetes dan diabetes, terutama diabetes pada masa kehamilan (gestational diabetes).


Kapan saya harus menjalani  TTGO (toleransi glukosa oral)?


Umumnya dokter akan menyarankan wanita hamil untuk melakukan tes ini untuk mendiagnosis gestational diabetes. Tes biasanya dilakukan saat minggu ke 24 sampai 28 kehamilan. Tes ini juga direkomendasikan untuk orang dewasa yang diduga menderita diabetes.


Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani TTGO (toleransi glukosa oral)?


Walaupun gestational diabetes sembuh setelah Anda melahirkan, Anda tetap berisiko terkena gestational diabetes lagi saat kehamilan berikutnya atau berisiko terkena diabetes tipe 2. Anda disarankan melakukan tes ini 6 sampai 12 minggu setelah melahirkan atau setelah Anda berhenti menyusui. Jika hasil tesnya normal, Anda tetap disarankan untuk melakukan tes ulang 3 tahun kemudian.


Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani TTGO (toleransi glukosa oral)?


Pastikan bahwa pola makan Anda teratur beberapa hari sebelum melakukan tes ini. Beri tahu dokter jika Ada sedang melakukan pengobatan lain, karena bisa jadi pengobatan tersebut memengaruhi hasil tes Anda. Delapan jam sebelum tes dilakukan, Anda tidak dibolehkan untuk makan atau minum apapun. Kemungkinan Anda disarankan untuk berpuasa pada malam hari jka tes yang Anda lakukan dijadwalkan pada pagi hari.


Bagaimana proses TTGO (toleransi glukosa oral)?


Berikut tahapan saat tes dilakukan:



  • darah Anda akan diambil sebagai sampel. Darah yang diambil ini merupakan darah saat Anda berpuasa yang berfungsi sebagai pembanding

  • Anda akan diminta untuk meminum sesuatu yang manis, sebaiknya diminum cepat. Standard glukosa minuma Anda biasanya berkisar antara 75 sampai 100 gram

  • sampel darah Anda akan diambil kembali setelah 1, 2, atau 3 jam setelah Anda minum glukosa tadi. Kadang sampel darah ini juga diambil dalam interval 30 menit sampai 3 jam lebih setelah Anda minum glukosa.


Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani TTGO (toleransi glukosa oral)?


Anda mungkin akan merasa pusing atau lemas karena tidak makan. Oleh karena itu, Anda harus makan sesuatu setelah tes dilakukan. Kondisi Anda akan kembali normal setelah tes selesai dilakukan. Dokter Anda akan menjelaskan hasil tes dan pengobatan yang tepat atau mugkin jenis tes lain. Ikuti arahan yang diberikan dokter Anda.


Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?


Skor normal yang ada pada daftar ini (disebut referensi kisaran hanya berfungsi sebagai panduan. Kisaran ini bervariasi dari satu laboratorium dengan laboratorium lainnya, dan laboratorium Anda mungkin memiliki skor normal yang berbeda. Laporan laboratorium Anda biasanya akan memuat berapa kisaran yang mereka gunakan. Dokter Anda juga akan memeriksa hasil tes Anda berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan faktor lainnya. Hal ini berarti jika hasil tes Anda masuk kisaran abnormal dalam panduan ini, bisa saja di laboratorium Anda atau untuk kondisi Anda skor tersebut termasuk ke kisaran normal.





















Hasil tes glukosa normal
75 g glukosaLama puasa:Kurang dari atau sama dengan 100 milligrams per deciliter (mg/dL) atau 5.6 millimoles per liter (mmol/L)
1-jam:Kurang dari 184 mg/dL atau kurang dari 10.2 mmol/L
2-jam:Kurang dari 140 mg/dL atau kurang dari 7.7 mmol/L

Anda menderita prediabetes jika hasil tes Anda 140 sampai 199 mg/dL (2 jam setelah tes dilakukan).


Tapi untuk mengecek gestational diabetes pada wanita hamil, American Diabetes Association merekomendasikan daftar nilai glukosa seperti di bawah ini:






























Rentang hasil tes untuk mendiagnosa gestational diabetes
 Lama puasa:Angka untuk mengindikasi diabetes
75 g glukosaLebih dari atau sama dengan 92 mg/dL atau 5.1 mmol/L
1-jam:Lebih dari atau sama dengan 180 mg/dL atau 10.0 mmol/L
2-jam:Lebih dari atau sama dengan 153 mg/dL atau 8.5 mmol/L
100 g glukosa3-jam:Lebih dari atau sama dengan 140 mg/dL atau 7.8 mmol/L

Angka hasil tes tinggi


Jika level glukosa Anda tinggi, bisa disebabkan oleh:



  • diabetes

  • gestitational diabetes

  • hyperthyroidism

  • beberapa obat, seperti corticosteroid, niacin, phenytoin(dilantin), obat diurectis, atau beberapa obat untuk mengobati tekanan darah tinggi, HIV atau AIDS


Angka hasil tes rendah


Jika level glukosa Anda rendah, bisa disebabkan oleh:



  • obat-obatan  tertentu, misal obat untuk mengobati diabetes, obat untuk tekanan darah (misal propranolo), dan obat-obatan untuk mengobati depresi (isocarboxazid)

  • rendahnya produksi hormon cortisol dan aldostrerone (penyakit Addison)

  • masalah pada kelenjar thyroid atau kelenjar pituitary

  • tumor atau masalah lain pada pankreas

  • sakit liver

  • kondisi lain yang dapat memengaruhi level glukosa dalam darah. Diskusikan dengan dokter Anda jika terjadi gejala-gejala yang tidak biasa


Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.





0 Response to "TTGO (Toleransi Glukosa Oral)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...