7 Penyebab Cepat Lapar Meski Baru Saja Makan




Berapa banyak asupan makanan yang Anda konsumsi dalam sehari? Sudahkah Anda makan teratur setiap harinya? Untuk memiliki energi dalam melakukan kegiatan sehari-hari, Anda harus memiliki pola makan yang teratur. Makan membantu Anda untuk lebih fokus dan bertenaga dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Ketika Anda merasa lapar, fokus terhadap suatu hal yang akan dikerjakan jadi berkurang, selain itu Anda akan lebih mudah terserang rasa kantuk. Namun, benarkah rasa lapar yang datang menghampiri di sela-sela kesibukan Anda datang karena pola makan yang tidak teratur saja?


Alasan pertama Anda merasa lapar adalah karena otak membaca adanya perubahan hormon dan nutrisi pada darah. Otak membaca tanda-tanda yang ada di tubuh kita. Jika ada yang kurang tepat dengan tubuh, tubuh akan mengirimkan sinyal pada otak, lalu otak akan meresponnya. Rasa lapar merupakan respon yang dihasilkan oleh otak, ketika ada tanda-tanda dalam tubuh bahwa kita kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.


Ternyata ada beberapa alasan lain di balik rasa cepat lapar yang datang menghampiri, seperti melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik membuat kalori yang ada dalam tubuh Anda terbakar, sehingga tubuh mengirim sinyal memerlukan kalori lebih untuk dibakar. Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan cepat lapar meski Anda baru saja makan?


Penyebab Anda cepat lapar


1. Dehidrasi


Kekurangan cairan dalam tubuh, alias dehidrasi, bisa dibaca sebagai rasa lapar menurut Alisa Rumsey, pembicara American Academy of Nutrition and Dietetics. Ternyata ketika kita mengalami kekurangan cairan dalam tubuh, otak mengalami kebingungan dalam membaca sinyal yang dikirimkan oleh tubuh. Otak membacanya sebagai rasa lapar butuh asupan makanan, dan rasa haus butuh cairan. Oleh karena itu, ketika kita kurang minum, sering kali dibarengi dengan rasa lapar. Menurut Rumsey, Jika Anda merasa lapar, minumlah segelas air, dan tunggu sekitar 15-20 menit, lihat apakah rasa lapar akan berkurang. Selain membuat kita merasa lapar, dehidrasi juga bisa membuat kita mudah mengantuk.


2. Kurang tidur


Masih menurut Rumsey, pembicara American Academy of Nutrition and Dietetics, rasa lapar bisa disebabkan oleh waktu tidur yang kurang. Menurutnya, kurang tidur akan membuat Anda menaikkan hormon ghrelin, hormon ini menstimulasi rasa ingin memakan sesuatu. Selain itu kurang tidur juga akan menurunkan hormon leptin. Hormon ini merupakan hormon yang menstimulasi rasa kenyang. Otak membaca hormon-hormon ini ketika Anda kurang tidur, jadi tidur yang cukup mampu membuat Anda lebih segar dan mencegah lapar datang lebih awal.


3. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat


Terdapat jenis tiga makanan karbohidrat, salah satu yang menyebabkan rasa kantuk datang lebih cepat adalah karbohidrat yang mengandung zat tepung, seperti donat, pasta, crackers, dan kue kering. Hati-hati dengan makanan ini karena dapat menaikkan gula darah Anda dan menurunkannya dengan cepat. Akibat dari naik turun yang cepat inilah yang membuat Anda menjadi cepat lapar. Lebih baik memilih karbohidrat yang kaya akan serat, seperti apel.


4. Stres


Ketika stres, Anda akan berpikir dua kali lebih banyak daripada biasanya. Kondisi banyak pikiran ini membuat Anda membutuhkan energi lebih. Ketika membutuhkan energi lebih, tubuh Anda akan mengirimkan sinyal kepada otak. Selain itu, ketika stres, otak akan mengurangi hormon serotin. Berkurangnya hormon serotin ini membuat Anda akan merasa lapar, walaupun sebenarnya Anda tidak dalam keadaan lapar. Ini menjadi salah satu alasan ketika stres ada yang melampiaskan pada makanan dan ingin selalu memakan sesuatu.


5. Kekurangan asupan lemak


Kita sering kali takut jika harus makan makanan yang berlemak. Namun, kurang makan lemak juga bisa membuat Anda menjadi mudah lapar. Konsumsi lemak yang cukup dapat membuat Anda merasa kenyang hingga memang sudah waktunya untuk makan lagi. Pilihlah sumber lemak sehat seperti alpukat. Menurut para ahli, sebaiknya konsumsi lemak sekitar 20-35 persen dari total kalori harian.


6. Mengabaikan waktu untuk ngemil


Ngemil juga baik untuk dilakukan. Di antara jeda jarak antara dua waktu makan, ngemil dapat membuat lambung Anda tetap terisi. Jika perut Anda kosong terlalu lama, ini akan mengakibatkan adanya produksi hormon ghrelin. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hormon ini merangsang rasa ingin memakan sesuatu.


7. Efek samping pengobatan


Jika Anda meminum antidepressant seperti Zoloft dan Paxil, mungkin Anda akan merasa lapar lebih sering. Jika Anda merasa lapar setelah makan berat dan Anda juga sedang menjalani pengobatan, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter mengenai hal ini. Bisa jadi obat yang Anda minum benar-benar mempengaruhi rasa lapar Anda, sehingga dokter bisa menganjurkan obat lain sebagai pengobatan Anda.


0 Response to "7 Penyebab Cepat Lapar Meski Baru Saja Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...