5 Tips Berhubungan Seks untuk Wanita Usia Lanjut




Tak dapat dipungkiri, seks di usia lanjut tidak akan lagi terasa sama seperti sewaktu muda. Kebugaran tubuh dan gairah seks lambat laun bisa menurun mengikuti semakin bertambahnya usia. Terlebih, kebanyakan orang yang sudah lanjut usia cenderung lebih fokus memikirkan kesehatannya daripada memikirkan urusan ranjang. Meski begitu, jangan biarkan usia senja menghalangi Anda dan pasangan untuk bisa menikmati seks. Psstt Tetap aktif berhubungan seks di usia tua mampu melindungi fungsi otak Anda, lho! Kuncinya, baca dulu tips seks untuk wanita lanjut usia di bawah ini.


Tips seks untuk wanita lanjut usia yang bisa menguatkan keintiman rumah tangga


Berhubungan seks di usia senja bisa sama menyenangkannya dengan semasa bulan madu, asalkan Anda tahu cara menyiasatinya.


1. Pahami dulu perubahan yang terjadi pada diri sendiri


Semakin tua, semakin banyak perubahan yang terjadi pada fisik Anda. Rambut yang beruban, kulit yang mengendur dan keriput, hingga payudara kendur bisa membuat wanita minder untuk bermesraan dengan suami karena merasa sudah tidak cantik lagi. Tubuh juga semakin rentan terhadap berbagai masalah kesehatan dan efek pengobatan yang bisa memengaruhi gairah seksual.


Namun, pahami bahwa semua ini adalah proses alami. Anda tidak sendirian, karena perubahan tubuh dari dalam dan luar sama-sama dialami juga oleh pasangan. Gairah seks Anda dan pasangan mungkin sudah tidak setinggi waktu muda, begitu juga performa tubuh Anda berdua di atas ranjang.


Maka, yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah


2. Komunikasi dari hari ke hati


Ingat bahwa fondasi utama dari hubungan seks yang menyenangkan di segala usia adalah komunikasi dan keterbukaan dari hati ke hati.


Komunikasi yang baik dapat membantu Anda berdua menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi pada masing-masing. Anggap segala macam perubahan tersebut sebagai masalah yang harus dipecahkan bersama tanpa perdebatan yang dapat memicu konflik. Anda dan pasangan harus sama-sama bisa mengutarakan keinginan, ganjalan hati, dan harapan seputar seks di usia senja ini.


Dengan komunikasi, Anda bisa bersama-sama cari jalan keluar untuk menjembatani perbedaan yang pada kedua belah pihak. 


3. Jangan lupa pakai pelumas dan foreplay


Semakin tua, seks bisa terasa lebih menyakitkan bagi wanita karena vagina sudah tidak lagi mampu memproduksi cairan lubrikan sebanyak dulu. Vagina kering dapat membuat penetrasi terasa sakit, dan bahkan mungkin menyebabkan cedera.


Untuk menyiasatinya, gunakanlah pelumas seks yang berbahan dasar air. Jangan lupa juga untuk menikmati babak pemanasan di awal dengan teknik-teknik foreplay seksi seperti mencium, menyentuh, memeluk, hingga membelai tubuh untuk membantu membangun gairah. 


Rata-rata waktu foreplay yang ideal paling tidak 15 menit agar wanita bisa benar-benar terangsang dan siap melanjutkan ke sesi berikutnya.


4. Sah-sah saja pakai mainan seks


Banyak yang salah paham kalau sex toys menggantikan peran salah satu pasangan saat berhubungan seks, padahal mainan seks justru bisa menunjang keintiman antar pasangan jika tahu cara pakainya. Tidak ada salahnya untuk bermain dengan bantuan vibrator untuk merangsang klitoris jika dirasa perlu.


5. Pilih posisi seks yang enak


Memilih posisi seks yang tepat bisa menjadi kunci hubungan seks yang nikmat dan memuaskan tanpa rasa sakit.


Wanita rentan mengalami prolaps panggul dan pengapuran sendi (osteoarthritis) di usia senja. Maka, hindari posisi seks yang memberikan tekanan berat pada lutut dan pinggul. Seks untuk wanita lanjut usia paling baik menggunakan posisi klasik misionaris, yaitu wanita telentang sambil mengganjal bantal di bawah pinggul dan pahanya untuk mencegah rasa sakit pada tulang dan persendian.


Alternatifnya, Anda bisa tukar posisi menjadi duduk di atas pria yang berbaring telentang. Posisi wanita di atas ini memungkinkannya mengendalikan gerakan dan kecepatan penetrasi yang dianggap paling nyaman.


Bisa juga coba dengan berdiri untuk meringankan tekanan pada sendi dan juga membantu memperkuat tulang. Wanita berdiri di depan pasangan pria dengan posisi tubuh memunggunginya. Dengan begitu, pria akan masuk lewat belakang.



0 Response to "5 Tips Berhubungan Seks untuk Wanita Usia Lanjut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...