5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat




Jerawat adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang, tetapi tidak menyenangkan karena dapat memengaruhi penampilan. Ketika sembuh, jerawat dapat meninggalkan bekas luka pada kulit. Bekas jerawat terkadang lebih menyebalkan dibanding jerawat itu sendiri, sehingga orang mencoba untuk mengobatinya dengan berbagai cara, berdasarkan beberapa mitos. Mari kita gali berbagai mitos dan kesalahpahaman tentang cara menghilangkan bekas jerawat.


Menjemur bekas jerawat di bawah sinar matahari


Beberapa orang berpikir bahwa sinar matahari dapat membantu memperbaiki bekas jerawat. Merika mengira, menjemur bekas jerawat ke sinar matahari dapat membantu bekas yang berwarna merah muda berubah menjadi cokelat dan berbaur lebih baik.


Faktanya


Radiasi UV dari matahari dapat merangsang melanosit di bawah kulit, menggelapkan bekas jerawat, dan memperlambat proses penyembuhan. Panas-panasan di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko terbakar sinar matahari dan kanker kulit.


Solusi


Anda harus melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Jangan pergi keluar di antara jam 10 pagi hingga 2 siang tanpa pelindung berupa tabir surya. Tabir surya harus memiliki faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30. Jika Anda harus berada lama di bawah sinar matahari, Anda harus menggunakan tabir surya dengan SPF lebih tinggi. Tabir surya dengan spektrum luas dapat melindungi kulit Anda dari baik UVA dan UVB.


Karena tabir surya tidak dapat melindungi kulit Anda 100%, Anda harus menggunakan pakaian berlengan panjang, celana panjang, masker, dan topi jika Anda berada di bawah matahari.


Menghilangkan bekas jerawat dengan mengoleskan vitamin E


Banyak orang mengira vitamin E dapat membantu bekas jerawat sembuh dengan lebih cepat dan lebih baik.


Faktanya


Mengoleskan vitamin E secara langsung pada bekas jerawat tidak akan membantu memperbaiki penampilan kulit. Bahkan ini bisa menghambat proses penyembuhan dan menyebabkan dermatitis kontak.


Solusi


Anda dapat mencoba beberapa nutrisi yang terbukti memperbaiki bekas jerawat, seperti vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi bekas jerawat.


Mengekspos bekas jerawat ke udara


Cara lain yang sering digunakan adalah dengan membiarkan bekas jerawat kering terkena udara, supaya dapat sembuh dengan lebih baik.


Faktanya


Bekas jerawat dapat sembuh dengan lebih baik ketika Anda melembapkannya dengan benar. Menutupi bekas tersebut dapat membantu melindunginya dari kotoran, bakteri, iritasi, dan membuatnya tetap terhidrasi.


Solusi


Tutup bekas jerawat dengan perban medis. Anda juga dapat menggunakan krim antibiotik untuk menjaganya tetap kering dan terhidrasi.


Membiarkan bekas jerawat hilang dengan sendirinya


Banyak orang yang tidak melakukan apa-apa pada bekas jerawat karena menganggap bekas jerawat akan menghilang seiring waktu.


Faktanya


Bekas jerawat yang berupa keloid, bekas hipertrofik, dan bekas dari jerawat yang terinfeksi tidak akan menghilang begitu saja jika Anda tidak memberikan perlakuan khusus pada bekas tersebut.


Solusi


Beberapa jenis bekas luka tidak dapat menghilang seiring waktu. Namun, pengobatan seperti operasi, tindakan di klinik, atau terapi cahaya dapat membantu Anda mengobati bekas luka ini. Meskipun beberapa bekas luka tidak dapat menghilang sepenuhnya, perawatan dapat membantunya menjadi tampak samar.


Mencuil kerak jerawat kering untuk mencegah timbulnya bekas jerawat


Anda mungkin berpikir bahwa mencuil kerak dapat membantu jerawat sembuh dengan lebih cepat dan meminimalkan bekas jerawat.


Faktanya


Setelah Anda mencuil jerawat, tubuh Anda mulai menyembuhkan lukanya. Sel-sel darah putih bergerak menuju area yang bermasalah dan menyerang bakteri. Sel-sel darah merah menciptakan bekuan darah dan setelahnya kerak terbentuk.


Jika Anda mencuil kerak, Anda dapat membuka kembali luka tersebut. Anda mengekspos luka itu ke kotoran dan bakteri. Ini dapat menyebabkan  bekas jerawat yang besar dan parah.


Solusi


Jangan mencuil kerak jerawat yang mulai mengering. Biarkan sembuh dengan cara alami, dan bekas jerawat akan menghilang setelah beberapa hari.


Mengobati bekas jerawat selalu merupakan salah satu masalah yang paling menyusahkan yang berhubungan dengan perawatan jerawat. Namun, Anda harus mengikuti metode yang terbukti secara medis untuk proses penyembuhan yang aman dan efektif.


0 Response to "5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...