Tulang Belakang Anak Bisa Melengkung Akibat Tas Sekolah yang Salah




Tas sekolah merupakan salah satu perlengkapan sekolah yang hampir dimiliki oleh setiap anak. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari ransel, selempang, bahkan yang berbentuk seperti trolley. Namun tahukah Anda bahwa pemakaian tas sekolah yang salah dapat mengakibatkan kelainan tulang belakang pada anak di masa pertumbuhan?


Seperti apa tas sekolah yang tak baik bagi tulang belakang anak?


Berdasarkan jenis tas sekolah, tas selempang atau tas dengan satu tali dengan beban yang terlalu berat tidaklah dianjurkan untuk anak.


Hal ini dikarenakan penggunaan tas ini menyebabkan beban bertumpu pada satu sisi bahu saja, sehingga dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang tidak simetris dan dapat menyebabkan penekanan pada serabut saraf sehingga dapat menyebabkan keluhan seperti nyeri leher dan punggung.


Selain itu, penggunaan tas trolley yang terlalu pendek juga tidak disarankan untuk anak, karena bila terlalu pendek maka anak harus memutar tubuhnya atau mencondongkan tubuhnya ke belakang saat menarik tas ini.


Tas model trolley juga membuat anak cenderung memasukkan beban yang lebih banyak dalam tas sehingga hal ini akan menyusahkan anak saat mereka harus menggendong tasnya seperti saat naik tangga.


Kelainan tulang belakang akibat pemakaian tas sekolah yang salah


1. Skoliosis


Skoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara abnormal. Skoliosis merupakan salah satu kelainan tulang belakang yang paling sering terjadi. Hal ini salah satunya bisa disebabkan karena penggunaan tas selempang dengan beban berlebih pada anak, sehingga dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang tulang belakang ke samping.


2. Kifosis


Kifosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung ke depan atau yang sering dikenal dengan istilah bungkuk. Kifosis yang paling banyak terjadi adalah yang disebabkan kelengkungan berlebih pada tulang belakang. Hal ini dapat terjadi pada anak karena terlalu banyak membungkuk dan menggendong tas dengan beban terlalu berat.


3. Lordosis


Lordosis adalah kelainan dimana tulang belakang bagian bawah melengkung ke belakang secara berlebihan sehingga seolah-olah tulang tertarik ke depan. Lordosis dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan tulang belakang saat bayi, atau gangguan pada pertumbuhan tubuh yang disebabkan oleh faktor mekanik seperti penggunaan tas sekolah yang salah.


Tas sekolah seperti apa yang baik untuk anak?


Pemakaian tas ransel atau backpack sangat dianjurkan untuk anak. Hal ini dikarenakan tas ransel memiliki beban yang simetris pada kedua sisi bahu sehingga tidak akan mengganggu kelengkungan tulang belakang.


Namun perlu diperhatikan bahwa beban tas sekolah yang digunakan oleh anak tidak boleh berlebiha,n karena hal itu juga dapat menyebabkan otot menjadi cepat lelah karena spasme dan nyeri.


Untuk pemakaian tas selempang, dianjurkan tas selempang dipakai dengan beban yang tidak terlalu berat, sehingga tidak akan terlalu membebani satu sisi bahu. Sedangkan untuk tas trolley, selain mengurangi beban, pilihlah tas trolley yang tingginya sesuai dengan anak agar si kecil tidak perlu memutar atau memiringkan badannya ke belakang saat menarik tas sekolahnya.


0 Response to "Tulang Belakang Anak Bisa Melengkung Akibat Tas Sekolah yang Salah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...