Pengangkatan Lesi Kulit Jinak

Pengangkatan Lesi Kulit Jinak



Definisi

Apa itu bedah pengangkatan lesi kulit?


Lesi kulit adalah jaringan kulit yang tumbuh abnormal, baik di permukaan atau di bawah permukaan kulit. Contohnya, kista pada lapisan epidermis, lipoma, kutil, dan tahi lalat. Lesi kulit termasuk kondisi medis yang umum ditemukan dan dapat ditangani dengan pembedahan.


Kapan saya perlu menjalani bedah pengangkatan lesi kulit?


Jika lesi kista menunjukkan gejala amat parah dan berpengaruh besar pada penampilan Anda; lesi dapat diatasi dengan prosedur sederhana, seperti electrocautery, cryotherapy, atau pengangkatan jaringan.


Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani bedah pengangkatan lesi kulit?


Lesi kulit umumnya jinak. Namun, ada beberapa jenis lesi yang berpotensi kanker (gejala kanker kulit), dan sebaiknya ditangani sedini mungkin setelah tanda-tanda pertama muncul. Jika Anda mencurigai timbul lesi pada kulit Anda, temui dokter Anda segera untuk mengetahui diagnosis tepatnya.


Sebelum pembedahan, penting bagi Anda untuk mengetahui peringatan dan pencegahan sebelum melakukan tes ini. Bila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut.



Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum bedah pengangkatan lesi kulit?


Dokter akan memberikan instruksi khusus untuk mempersiapkan Anda menjelang prosedur pengangkatan lesi. Pembedahan ini merupakan prosedur medis sedehana yang tidak memutuhkan rawat inap sebelum atau sesudah menjalani operasi. Anda dapat langsung pulang setelahnya.


Dokter akan menentukan untuk melakukan prosedur di ruangan dokter atau ruangan operasi di rumah sakit, tergantung dari ukuran dan lokasi lesi pada tubuh Anda.


Dokter akan menjelaskan tentang proses pembedahan dari awal hingga Anda menyelesaikan prosedur, serta rasa tidak nyaman atau nyeri yang mungkin Anda akan rasakan selama prosedur dilakukan.


Perhatikan penjelasan khusus mengenai persiapan psikologis, dan Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Anda seputar risiko dan manfaat dari prosedur ini, atau apakah ada alternatif lain untuk mengatasi lesi selain dengan pembedahan.


Jika Anda mantap memilih pembedahan, Anda akan diberikan surat rekam untuk ditandatangani. Pada prosedur yang menggunakan anestesi, Anda akan diminta untuk menandatangani surat persetujuan.


Bagaimana proses bedah pengangkatan lesi kulit?


Pembedahan akan berlangsung sekitar 15 25 menit.


Untuk mengangkat kista epithelial, dokter bedah akan membuat irisan kecil berbentuk lonjong di sekitar area lesi dan kemudian mengangkat jaringan abnormal tersebut.


Pada kasus pengangkatan lipoma, dokter akan membuat irisan yang langsung menembus lipoma. Kemudian lipoma tersebut akan dipisahkan dari jaringan dibawahnya dan diangkat. Untuk bedah tahi lalat, dokter Anda akan membuat irisan berbentuk lonjong di sekitar tahi lalat guna mengangkat tahi lalat Anda.


Apa yang harus saya lakukan setelah bedah pengangkatan lesi kulit?


Setelah pembedahan, efek anestesi akan berangsur hilang dalam beberapa jam. Hindari tubrukan atau benturan di sekitar area yang dibedah. Jika Anda sudah merasa baikan dan dokter mengizinkan, Anda dapat langsung pulang setelahnya. Jika Anda masih dalam efek obat penenang, minta seseorang untuk mengantar Anda pulang. Jika Anda melakukan pembedahan di area kulit yang luas, seperti cangkok kulit atau operasi leher-kepala, pastikan Anda ditemani anggota keluarga atau relasi untuk mengawasi proses pemulihan Anda selama 24 jam setelah prosedur.


Dokter atau perawat Anda akan memberikan instruksi khusus untuk menangani luka operasi sebelum Anda pulang. Kemudian dokter akan menjadwalkan konsultasi tindak lanjut untuk Anda.


Tujuh hari setelah operasi, dokter atau perawat Anda akan mengeluarkan benang jahit indigestible dari wajah Anda, jika operasi dilakukan di area wajah. Pengeluaran benang jahit akan dilakukan antara hari kesepuluh hingga keempat belas, jika prosedur dilakukan di bagian lain. Untuk benang tipe digestible, umumnya akan larut seiring waktu, antara 10 14 hari.


Anda dapat kembali menjalani rutinitas normal Anda keesokan harinya, kecuali jika pekerjaan Anda melibatkan pekerjaan berat yang berisiko mengendurkan atau melepas jahitan. Prosedur ini biasanya tidak akan memengaruhi aktivitas Anda. Bila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut.


 


Komplikasi

Komplikasi ?


Komplikasi Umum



  • rasa nyeri

  • perdarahan

  • infeksi pada area pembedahan (luka)

  • jaringan parut

  • luka terbuka jika kulit Anda tidak kunjung pulih


Komplikasi Spesifik



  • lipoma atau kista epidermis kambuhan

  • kerusakan saaraf

  • Anda mungkin memerlukan operasi lanjutan


Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan risiko komplikasi, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.



Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.




0 Response to "Pengangkatan Lesi Kulit Jinak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...