4 Cara yang Sudah Terbukti Efektif untuk Memutihkan Kulit




Pernahkah Anda mencoba mengetikkan wajah cantik atau wajah sempurna pada suatu kolom pencarian, Google, misalnya? Apakah hasil pencarian yang keluar kemudian rata-rata adalah wanita berkulit putih? Kulit putih sepertinya masih identik dengan makna cantik, ya? Sebagian besar wanita tampaknya masih berlomba-lomba membuat kulit mereka seputih mungkin. Berbagai cara pun mereka tempuh dari yang alami hingga buatan, jalur medis misalnya. Berikut beberapa cara memutihkan kulit secara medis yang mungkin Anda ingin tahu.


Apa yang membuat warna kulit menggelap?


Warna kulit Anda ditentukan oleh banyaknya melanin yang Anda miliki. Melanin adalah zat warna tubuh yang diproduksi oleh suatu sel yang disebut dengan melanosit. Semakin banyak melanin yang Anda miliki, maka akan semakin gelap kulit Anda. Dengan kata lain, orang-orang dengan warna kulit gelap pertanda ia memiliki lebih banyak melanin.


Produksi melanin dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya paparan cahaya matahari, hormon, kerusakan kulit dan paparan zat kimia tertentu. Kulit yang memiliki kemampuan khusus untuk meregenerasi dirinya sendiri menjadikan perubahan warna pada kulit akan berubah ke warna aslinya dengan sendirinya. Hal ini dibuktikan dengan perubahan warna kulit Anda yang terjadi setelah Anda berjemur, yang perlahan berubah ke warna asli kulit Anda seiring dengan berkurangnya paparan.


Namun terdapat beberapa kondisi khusus di mana perubahan warna itu cenderung akan menjadi permanen, perubahan warna kulit karena penuaan misalnya.


Cara memutihkan kulit dengan perawatan


Berikut beberapa cara memutihkan kulit secara medis yang paling banyak orang gunakan:


1. Skin bleaching


Bleaching adalah cara memutihkan kulit dengan menggunakan krim pemutih yang mempu mengurangi ketidakmerataan warna pada kulit bahkan hingga mengubah warna kulit asli. Krim pemutih ini bisa Anda dapatkan pada toko kecantikan sekitar Anda dengan atau tanpa resep dokter.


Umumnya, krim pemutih seperti ini memiliki kandungan maupun kombinasi kandungan yang mampu mengurangi kadar melanin pada kulit tempat krim tersebut dioleskan. Sebaiknya, konsultasikan lebih dulu kepada dokter Anda sebelum menggunakan krim pemutih tertentu. Penggunaan krim pemutih yang salah, mungkin malah akan mempercepat penuaan kulit Anda.


2. Laser surgery


Ini merupakan salah satu cara memutihkan kulit yang sering kali dilakukan dengan menembakkan laser dengan energi yang tinggi pada permukaan kulit. Fungsinya adalah untuk menghancurkan sel kulit yang lama. sehingga memicu pembentukan sel kulit yang baru, dan mengurangi produksi dan kadar melanin yang kulit miliki.


Cara memutihkan kulit dengan laser ini memiliki efek samping berupa munculnya kemerahan, pembengkakan, dan memar yang membutuhkan waktu 14 hingga 21 hari untuk penyembuhannya.


3. Chemical peeling


Salah satu cara memutihkan kulit yang lain adalah dengan menggunakan asam seperti alpha hydroxy acids, trichloroacetic acid, atau phenol untuk mengikis kulit terluar yang mengalami kerusakan. Dokter atau perugas klinik kecantikan akan mengelupaskan dengan sengaja kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit Anda, untuk memunculkan kulit baru dengan tekstur dan warna yang lebih lembut dan lebih cantik.


Chemical peeling terdiri dari beberapa tipe, yang dibedakan dengan sejauh mana pengikisan kulit yang dilakukan. Semakin tinggi derajat pengikisan, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk kulit baru muncul dan tahap penyembuhannya.


4. Micro-dermabrasion


Cara memutihkan kulit dengan micro-dermabrasion memiliki prinsip yang serupa dengan chemical peeling, yaitu dengan mengikis lapisan terluar kulit untuk menghasilkan lapisan kulit baru yang lebih baik. Bedanya, pada micro-dermabrasion digunakan semprotan berisi kristal berukuran kecil.


Ya, prinsip kerja micro-dermabrasion adalah dengan menyemprotkan kristal kecil pada kulit Anda. Kristal itulah yang lalu secara lembut membantu proses pengikisan kulit. Seusai penyemprotan mungkin kulit Anda akan memerah-muda, namun efek tersebut tak membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan, hanya kira-kira 1 x 24 jam. Namun penggunaan beberapa jenis make-up tidak disarankan setelah perawatan ini dilakukan.


Sebelum Anda memutihkan kulit


Mempercantik kulit dengan waktu yang cepat tentu menggiurkan sebagian besar wanita, namun tentu akan ada efek samping dari setiap cara memutihkan kulit tersebut. Sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk melakukannya, perbanyak informasi dan konsultasikan pada dokter dari apa yang akan dilakukan pada kulit Anda, hingga efek samping yang akan Anda rasakan setelahnya. Perawatan alami mungkin akan membutuhkan waktu yang maksimal, namun tentu memberi efek samping yang lebih minimal.


0 Response to "4 Cara yang Sudah Terbukti Efektif untuk Memutihkan Kulit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...