10 Manfaat Mengejutkan yang Didapat dari Mandi Pagi




Pagi hari adalah sumber kebahagiaan; cahaya matahari yang tidak terlalu panas ditambah dengan udara sejuk di pagi hari merupakan hal menyenangkan yang selalu ditunggu-tunggu ketika kita bangun dari tidur. Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat di sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari.


Ya, setiap orang memiliki alasan beragam ketika melakukan aktivitas mandi. Entah hanya untuk membersihkan diri, melepas penat, menghilangkan keringat dan kotoran, hingga untuk meningkatkan semangat; yang pasti adalah, tanpa disadari, mandi dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas di sepanjang hari.  


Namun sayangnya, di antara waktu mandi yang biasa kita lakukan; mandi di pagi hari adalah aktivitas yang terkadang sering kita abaikan. Entah karena terburu-buru untuk beraktivitas atau memang karena tidak suka terkena air dingin di pagi hari. Padahal, mandi bukanlah sekadar aktivitas biasa; karena faktanya, mandi di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.


Berikut adalah beberapa manfaat mandi di pagi hari:


1. Meningkatkan produktivitas


Mandi di pagi hari dengan air dingin ternyata dapat meningkatkan suasana hati Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Menurut survei yang dilakukan oleh Herbal Essences, dari seribu wanita yang disurvei, lebih dari 90 persen mengatakan bahwa mandi di pagi hari dapat membuat mereka lebih positif dalam menjalani hari-hari.


2. Memperbaiki suasana hati


Menurut para peneliti di Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin di pagi hari dapat menstimulasi titik biru otak sumber utama noradrenalin yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi. Membiarkan air dingin masuk ke dalam kulit dan pori-pori tubuh Anda, tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran Anda.


3. Merasa lebih enerjik


Ternyata, menyiramkan air dingin saat mandi di atas kepala dapat mengirimkan sentakan langsung ke sistem saraf pusat; sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh terasa lebih energik setelah mandi.


4. Mengurangi stres


Oksigen yang cukup di dalam otak dapat mengurangi stress; salah satu cara untuk membuat seluruh tubuh termasuk- kita mendapatkan masukan oksigen yang cukup adalah mandi di pagi hari dengan air dingin.


5. Meningkatkan sirkulasi darah


Hangatnya air yang mengalir selama mandi di pagi hari tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, namun juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita. Meskipun mandi di pagi hari tidak dapat membuat masalah kaku sendi hilang untuk selamanya, namun mandi di pagi hari dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan.


6. Meningkatkan kekebalan tubuh


Mandi di pagi hari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh dari virus maupun bakteri.


7. Meringankan batuk


Tidak semua orang terbiasa untuk mandi di pagi hari; untuk, itu air panas dapat menjadi pilihan untuk digunakan saat mandi di pagi hari terutama untuk meringankan batuk yang diderita. Uap air panas tersebut akan membantu Anda menyingkirkan dahak dan lendir dalam hitungan menit. Mandi air panas juga dikenal dapat meringkankan nyeri tubuh yang terkait dengan dingin.  


8. Meningkatkan kesuburan


Manfaat ini berkaitan dengan anak muda; terutama yang sudah memiliki keinginan untuk hamil. Penelitian terbaru yang dilakukan di University of California menunjukkan bahwa, produksi sperma laki-laki secara signifikan dapat meningkat setelah mandi di pagi hari dengan air dingin selama satu minggu; namun mandi dengan air hangat justru akan memberikan dampak yang sebaliknya. Mandi dengan air dingin juga dapat memicu produksi testosteron, hormon pada pria yang bertanggung jawab untuk dorongan seksual.


9. Memperbaiki kondisi rambut


Jika Anda sering mengalami rambut rontok atau rambut kusam, Anda dapat mencoba untuk mandi air hangat atau air dingin di pagi hari. Hal tersebut ternyata dapat menguatkan akar rambut dan melindungi Anda dari kutikula rambut. Namun, mandi dengan air terlalu panas justru akan merusak rambut dan membuatnya tetap tampak kusam.


10. Cara instan pemanasan tubuh


Mandi air hangat sebelum berolahraga lari atau pergi ke gym merupakan salah satu cara instan untuk melakukan pemanasan tubuh. Hal tersebut ternyata dapat mengendurkan otot tubuh yang kaku setelah tidur sepanjang malam.


0 Response to "10 Manfaat Mengejutkan yang Didapat dari Mandi Pagi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...