Perbaikan Hernia Insisional

Perbaikan Hernia Insisional



Definisi

Apa itu hernia insisional?


Operasi yang dilakukan pada perut memerlukan sayatan yang kemudian ditutup dengan jahitan.  Kadang  luka  tidak  sembuh  dengan  benar,  menyebabkan  isi  perut  menekan keluar. Hal ini dapat menyebabkan benjolan yang disebut hernia.Hernia  ini  dapat  berbahaya  karena  usus  atau  struktur  lain  pada  perut  dapat terperangkap dan aliran darah berhenti (strangulated hernia).


Apa saja keuntungan menjalani operasi perbaikan hernia insisional?


Anda tidak lagi memiliki hernia. Operasi dapat mencegah komplikasi serius yang dapat disebabkan oleh hernia.


Kapan saya perlu menjalani operasi perbaikan hernia insisional?


Prosedur  terbuka  ini  diperlukan  jika  isi  perut  terperangkap  di  dalam  hernia (incarceration)  atau  isi  yang  terperangkap  tersebut  terbelit  dan  terputus  dari  suplai darah (strangulation). Pasien dengan obesitas mungkin memerlukan prosedur terbuka karena  lapisan dalam pada jaringan lemak harus diangkat dari dinding perut.  Sebuah jaring dapat digunakan pada kedua operasi yaitu laparoscopy dan operasi konvensional terbuka.


Hernia dapat terjadi kembali.


Pencegahan & peringatan

Apa  yang  perlu  saya  ketahui  sebelum  menjalani  operasi  perbaikan  hernia insisional?


Operasi  terbuka  memiliki  kekurangan,  seperti  masa  opname  yang  lama,  nyeri  pasca operasi, komplikasi dari luka, dan masa pemulihan yang lama.


Apakah ada alternatif lain selain operasi?


Anda  mungkin  dapat  mengontrol  hernia  dengan  pakaian  pendukung  atau membiarkannya begitu saja. Hernia tidak dapat membaik tanpa dioperasi.


Proses

Apa  yang  harus  saya  lakukan  sebelum  menjalani  operasi  perbaikan  hernia insisional?


Diskusikan  dengan  dokter  Anda  tentang  obatobatan  yang  sedang  Anda  konsumsi, alergi, atau kondisi kesehatan lainnya sebelum menjalani operasi. Sebelum operasi, atur jadwal pertemuan dengan ahli anestesi Anda. Penting untuk Anda ikuti instruksi dokter untuk berhenti makan atau minum sebelum operasi.Anda akan diberi instruksi sebelum operasi, seperti apakah Anda diperbolehkan makan sebelum  operasi.  Pada  umumnya,  Anda  harus  berpuasa  6  jam  sebelum  prosedur dimulai. Anda mungkin diperbolehkan untuk meminum  cairan,  seperti kopi, beberapa jam sebelum operasi.


Bagaimana proses operasi perbaikan hernia insisional?


Operasi  dapat  dilakukan  dengan  pilihan  anestesi  dan  berlangsung  selama  sekitar  90 menit. Ahli bedah Anda akan membuat sayatan pada luka lama Anda. Kemudian jaringan yang lemah akan diperbaiki dengan menggunakan jahitan atau dengan menggunakan jaring yang akan dijahit pada  otot.


Apa  yang  harus  saya  lakukan  setelah  menjalani  operasi  perbaikan  hernia insisional?


Anda diperbolehkan pulang setelah 1 sampai 4 hari. Perbanyak langkah dengan berjalan pada beberapa hari pertama. Dokter Anda  akan memberi tahu kapan Anda dapat beraktivitas kembali.Berolahraga  dapat  membantu  Anda  kembali  beraktivitas  seperti  biasa.  Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.


 


Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?


Komplikasi  jangka  panjang  jarang  terjadi  setelah  perbaikan  hernia  insisional.  Risiko jangka  pendek  lebih  besar  pada  pasien  dengan  obesitas  atau  yang  telah  mengalami beberapa operasi atau pemasangan jaring sebelumnya.


Komplikasi pasca operasi meliputi:


penumpukan  cairan  pada  bagian  yang  dipasang  jaring,  yang  memerlukan aspirasi (draining off)


pendarahan paska operasi


nyeri  pada  jahitan  berkepanjangan  diobati  dengan  obat  penghilang  rasa  sakit atau anti peradangan


luka pada usus


luka pada saraf


demam, biasanya terkait infeksi luka


intraabdominal abses


retensi urin


gangguan pernapasan


Anda  dapat  meminimalisir  risiko  komplikasi  dengan  mengikuti  instruksi  dari  dokter sebelum operasi, seperti berpuasa dan berhenti mengkonsumsi obat tertentu.


 


Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.





0 Response to "Perbaikan Hernia Insisional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...