Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Ketika sakit kepala, cara paling cepat menghilangkan rasa sakitnya adalah dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Namun, tidak baik bergantung pada obat-obatan terlalu sering.

Seringkali saat sakit kepala menyerang, obat-obatan penghilang rasa sakit menjadi pilihan sebagai penyembuh instant. Padahal, terlalu sering mengonsumsi obat-obatan tak baik bagi tubuh. Pasalnya, obat mengandung bahan kimia yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan berbahaya bagi organ-organ tubuh. Sebelum mengonsumsi obat, cobalah cara alami berikut untuk menghilangkan sakit kepala:

1.    Ubah pola makan
Hindari berbagai makanan pemicu sakit kepala, seperti keju tua hingga anggur merah, serta makanan yang tinggi kadar asam amino tyramine-nya. Makanan dengan kadar tyramine tinggi antara lain salami, acar, buah zaitun, kacang, ragi dan kacang polong snow. 
Jika Anda termasuk sering terserang sakit kepala, cobalah melakukan observasi untuk mengetahui makanan apa saja yang memicu sakit kepala Anda. Catat setiap makanan yang Anda konsumsi. Setelah diperhatikan, Anda akan menemukan makanan apa yang seringkali membuat Anda sakit kepala. Sehingga, Anda bisa menghindarinya atau mengurangi jumlah konsumsinya, agar terhindar dari sakit kepala.

2.    Konsumsi magnesium 
Kebanyakan, makanan sehari-hari tidak menyediakan manfaat magnesium yang diperlukan tubuh. Magnesium memiliki fungsi meregulasi pembuluh darah, sehingga memiliki kaitan erat dengan hormon serotonin. Kekurangan magnesium, akan mengganggu produksi serotonin dan membuat peradangan otot, sehingga timbul sakit kepala.

Untuk menghindari hal ini,  Anda bisa mengonsumsi magnesium dalam bentuk suplemen. Jika diminum teratur, kandungan magnesium dapat membantu merilekskan pembuluh darah yang mengencang, serta otot-otot yang meradang.

Selain magnesium, kekurangan asam folat dan vitamin B juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit kepala. Dengan mengonsumsi suplemen folat dan vitamin B, frekuensi rasa sakit kepala dapat berkurang, begitu pula dengan intensitas rasa sakitnya. 

3.    Manfaatkan aromaterapi
Minyak-minyak dengan wangi pepermin, lavender, chamomile, rosemary, lemon dan marjoram semuanya masuk ke dalam kategori minyak aromaterapi. Di dalamnya, terdapat sifat analgesic dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit kepala akibat kondisi tertekan (stres), baik secara fisik maupun secara psikologis.

Anda dapat mencampurkan dua tetes minyak pepermin dengan satu sendok teh minyak zaitun, sebagai bahan olesan di kepala, untuk membantu menghilangkan rasa sakit kepala. Menghirup aroma minyak lavender, mandarin atau clay sage juga dapat membantu mengurangi sakit kepala.

4.    Pengobatan tradisional akupunktur
Pengobatan tradisional menggunakan jarum yang berasal dari Cina ini, dapat mengatasi sakit kepala berikut penyebab utamanya. Terdapat titik-titik yang berbeda untuk setiap jenis sakit kepala, maupun untuk setiap penyebabnya. Penusukan jarum di tempat yang sesuai, dapat membantu mengurangi ketegangan otot yang dirasakan pada leher dan bahu. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

0 Response to "Cara Menghilangkan Sakit Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...