Apakah Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Orang Dengan Kolesterol Tinggi




Diet rendah karbohidrat dilaporkan memiliki keunggulan dibandingkan diet rendah lemak dalam hal menurunkan berat badan. Selain itu, menurut National Institutes of Health, diet rendah karbohidrat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam jangka panjang. Lantas, bagaimana diet rendah karbohidrat memengaruhi kolesterol tubuh? Apakah ini merupakan kabar baik atau justru sebaliknya? Berikut penjelasannya.


Secara umum, diet rendah karbohidrat memperbaiki kadar lemak darah


Pada dasarnya, diet rendah karbohidrat memengaruhi setiap bagian kolesterol, baik trigliserida, kolesterol baik (HDL), dan kolesterol jahat (LDL). Ciri khas diet rendah karbohidrat terletak pada penurunan kadar trigliserida.


Diet rendah karbohidrat cenderung menurunkan kadar trigliserida darah. Karena itulah kebanyakan dokter merekomendasikan pembatasan karbohidrat pada menu makanan pasien dengan trigliserida tinggi. Kadar trigliserida juga digunakan sebagai acuan untuk mengetahui apakah pasien sudah konsisten menjalani diet sesuai anjuran. Sebab, semakin tinggi kadar trigliserida (hipertrigliseridemia), maka seseorang akan semakin berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.


Kabar baik lainnya, diet rendah karbohidrat cenderung meningkatkan kadar kolesterol baik. Kolesterol baik dalam darah berfungsi untuk membawa kolesterol berlebih ke organ hati untuk kembali dipecah. Kadar kolesterol baik juga menjadi salah satu acuan terhadap faktor risiko penyakit jantung. Semakin tinggi kadar kolesterol baik seseorang, maka risiko penyakit jantung akan semakin menurun. Maka secara tidak langsung, diet rendah karbohidrat juga menurunkan risiko penyakit jantung.


Sementara itu, hubungan antara diet rendah karbohidrat dengan koleserol jahat cenderung lebih rumit dibandingkan dengan trigliserida dan kolesterol baik. Hal ini berkaitan dengan ukuran partikel kolesterol jahat yang menentukan tinggi-rendahnya risiko penyakit jantung.


Diet rendah karbohidrat baik apa tidak buat kolesterol tinggi?


Diet rendah karbohidrat menyebabkan terjadinya perubahan ukuran partikel kolesterol yang berhubungan dengan risiko penyakit jantung. Sederhananya begini, risiko penyakit jantung dilihat dari seberapa banyak partikel kolesterol jahat yang masuk ke aliran darah. Semakin kecil ukuran partikel kolesterol, maka partikel ini akan semakin mudah masuk ke pembuluh darah.


Kabar baiknya, diet rendah karbohidrat menghasilkan partikel kolesterol yang berukuran lebih besar sehingga risiko penyakit jantung cenderung lebih rendah. Selain itu, ukuran partikel kolesterol jahat juga memengaruhi tingkat trigliserida. Jika trigliserida rendah, maka partikel kolesterol jahat kemungkinan berukuran lebih besar dan susah masuk ke pembuluh darah. Maka dapat disimpulkan bahwa diet rendah karbohidrat bermanfaat bagi orang dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam pembuluh darah.


Tips menjaga kadar kolesterol dengan diet rendah karbohidrat


Meski demikian, tinggi rendahnya kadar kolesterol akibat diet rendah karbohidrat cenderung bervariasi pada tiap individu. Sebab, ada pula yang mengalami kenaikan kadar kolesterol sehingga dapat membahayakan kesehatan. Karena itulah, Anda perlu menjalankan diet rendah karbohidrat yang tepat dan sehat dengan beberapa tips berikut ini:



  1. Atur asupan karbohidrat. Bukan berarti tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Penuhi asupan karbohidrat sesuai kondisi tubuh Anda dengan mengonsumsi sayuran, buah rendah karbohidrat, dan kacang-kacangan. Konsultasikan pada ahli gizi untuk mendapatkan saran terbaik untuk diet Anda.

  2. Pilih sumber protein hewani yang sehat seperti daging ayam atau sapi tanpa lemak dan kulit, telur, dan makanan laut. Dengan mengonsumsi ikan dua kali seminggu dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada salmon, tuna, dan sarden juga baik untuk kesehatan jantung.

  3. Hindari lemak jenuh dari gorengan dan makanan olahan. Konsumsilah makanan sumber lemak yang baik seperti alpukat, zaitun, dan kacang-kacangan. 


0 Response to "Apakah Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Orang Dengan Kolesterol Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...