9 Manfaat Parkour untuk Kesehatan




Parkour adalah kegiatan fisik dalam bergerak secara efektif melalui kemampuan motorik tubuh di berbagai jenis lingkungan. Le traceur (pelacak) merupakan istilah untuk orang yang melakukan parkour. Mereka mengolah tubuh dan kontrol yang baik melalui latihan yang menggabungkan lari, melintasi rintangan, melompat, dan memanjat.


Parkour pertama kali diciptakan oleh David Belle di Prancis. Ia memperlihatkan kualitas fisik manusia melalui parkour, dan sekarang parkour telah dipraktikkan oleh puluhan ribu orang di seluruh dunia.


Manfaat parkour untuk tubuh


1. Melatih dan membentuk seluruh tubuh


Latihan parkour mencakup kebugaran tubuh secara total. Berlari, melompat, dan melintasi rintangan membutuhkan kerja dari semua otot tubuh. Karena parkour menyangkut pergerakan tubuh, lama-kelamaan oto tubuh juga akan terbentuk dengan sendirinya dari hari ke hari.


2. Meningkatkan daya pikir dan kreativitas


Parkour mengharuskan Le traceur untuk mengatasi rintangan secara cepat. Anda akan diminta untuk tiba-tiba melatih otak Anda dan berpikir bagaimana menggunakan kaki Anda untuk mlewati semua rintangan. Berlatih dengan keputusan naluriah membuat keterampilan dalam parkour dapat menyebabkan Le traceur memercayai keputusan naluriah mereka dalam kehidupan sehari-hari. Parkour juga mendorong Le traceur untuk menunjukkan kreativitas mereka. Setiap rintangan yang Anda temui tidak memiliki acuan yang jelas, jadi Anda harus menggunakan kreativitas Anda untuk melewatinya.


3. Ketahanan jantung


Parkour mengharuskan Le traceur untuk menjadi sangat aktif. Bergerak dengan konstan dan melompat akan mengarah ke peningkatan stamina. Hal tersebut dapat membuat jantung Anda kuat dan meningkatkan suplai oksigen dalam tunuh Anda.


4. Mengembangkan keterampilan tumbuh


Kebugaran tentu terkait dengan keterampilan, termasuk kelincahan, keseimbangan, kekuatan, kecepatan, koordinasi dan reaksi. Dalam parkour, Anda harus menggunakan keterampilan tersebut ketika melompat, memanjat, dan menyeimbangkan tubuh. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk memastikan kebugaran fisik Anda.


5. Membangun kekuatan inti tubuh


Inti tubuh merupakan pusat dari seluruh tubuh dan juga bertanggung jawab untuk membantu Anda membungkuk, memutar, mengirim energi serta kekuatan ke seluruh tubuh. Menguatkan inti tubuh melalui latihan parkour juga membantu untuk mencegah cedera punggung bawah.


6. Meningkatkan kekuatan tulang


Seperti banyak olahraga lainnya, parkour dapat membantu menguatkan tulang. Dengan melakukan gerakan pada tubuh bagian bawah dan bagian atas, ini menyebabkan dampak yang besar untuk membangun tulang yang kuat.


7. Meningkatkan kepercayaan diri


Parkour dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan memungkinkan orang untuk dapat menaklukan hal-hal yang tidak pernah dicoba sebelumnya. Contohnya adalah ketika Anda melihat dinding besar yang sebelumnya tampak seperti suatu hal yang mustahil untuk dilewati, setelah Anda berhasil untuk melewatinya Anda akan merasakan kepuasan tersendiri dan ingin terus mencoba menaklukan hal-hal yang baru.


8. Mengurangi kecenderungan antisosial


Parkour telah terbukti dapat mengurangi perilaku antisosial. Penelitian yang dilakukan di Westminster dalam kaitannya dengan pembinaan parkour, menunjukkan tingkat kejahatan remaja antara usia 8-19 tahun berkurang 69% ketika mereka berlatih parkour. Parkour memberikan cara positif untuk meluangkan waktu dan energi mereka dengan menghadirkan tantangan dan rintangan baru setiap kali mereka terlibat dalam parkour.


9. Dapat dilakukan oleh semua orang


Anda mungkin sering melihat video parkour dan berpikir bahwa itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan, karena penuh dengan langkah-langkah besar dan gerakan flip. Sebenarnya, parkour tidak hanya memiliki gerakan tersebut. Sebagian gerakan parkour berasal dari gerakan sederhana yang mudah dipelajari seperti berlari dan melompat. Anda juga dapat melakukannya di mana saja karena tidak ada peralatan khusus yang diperlukan.


BACA JUGA:



  • 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

  • 5 Tips Nge-gym untuk Pemula

  • Kenapa Olahraga Pagi Sebaiknya Dilakukan Sebelum Sarapan





0 Response to "9 Manfaat Parkour untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...