8 Kesalahan dalam Pemakaian Conditioner

Sering merasa heran, mengapa ketika Anda pulang dari salon, rambut Anda terlihat sangat indah, tapi begitu Anda melakukannya sendiri di rumah, kok, terlihat biasa saja? 

Selain kurang latihan dari profesional, kesalahan yang Anda buat saat keramas juga bisa jadi penyebabnya. Rambut tak bernyawa sering dikarenakan kelebihan conditioner atau Anda tidak membilasnya dengan cukup baik, kata Lorean Cairns, pendiri Fox & Jane. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang  harus dihindari saat menggunakan conditioner. 

Kesalahan 1: Mengaplikasikan conditioner hingga ke akar rambut
Akar rambut Anda tidak membutuhkan conditioner, karena kulit kepala memproduksi sebum, minyak alami. Terlebih, akar rambut memiliki kerusakan lebih sedikit dari ujung batang rambut. Akar adalah bagian tersehat dari batang rambut. Karena itu, tidak perlu mengaplikasikan conditioner hingga ke akar rambut, cukup pada ujung rambut saja. Fokuslah pada tiga inci terakhir dari batang rambut, yang merupakan bagian tertua dan paling kering. 

Kesalahan 2: Terlalu banyak conditioner
 Rambut Anda tidak membutuhkan terlalu banyak conditioner. Pemakaian yang terlalu banyak dapat memberatkan rambut, terutama jika helai rambut Anda termasuk tipis. 

Kesalahan 3: Melewatkan conditioner
Bahkan jika rambut Anda tipis berminyak, Anda tetap harus menggunakan conditioner (terutama jika rambut Anda tergolong kering). Tanpa conditioner, rambut Anda akan menjadi rapuh dan tak bernyawa. Jika rambut Anda tergolong berminyak, hindari produk yang mengandung silikon, yang cenderung berat dan berminyak karena akan membuat rambut terasa kotor. 

Kesalahan 4: Tidak melakukan perawatan khusus
Perawatan deep-conditioning dapat merevitalisasi rambut kering Anda. Gunakan conditioner tidak kurang dari sekali seminggu. Orang dengan rambut kering atau diwarnai sebaiknya lebih sering melakukan perawatan khusus, seperti hair mask. 

Kesalahan 5: Menggunakna produk 2 in 1 
Produk shampo plus conditioner memang lebih simpel, namun itu tidak efektif. Jika rambut Anda sepanjang dagu atau lebih, jenis produk itu tidak akan cukup kuat untuk merawat rambut Anda, gunakan conditioner terpisah. 

Kesalahan 6: Anda tidak menggunakan produk yang tepat
Sesuaikan produk yang tepat. Jika Anda memiliki rambut yang diwarnai, pilih produk untuk rambut yang diwarnai. Jika rambut Anda termasuk halus dan tipis, gunakan conditioner yang brbahan ringan.

Kesalahan 7:  Terlalu lama
Ikuti petunjuk pada botol, terlalu lama memakai conditioner dapat membuat rambut terasa berat dan berminyak. Setelah rambut diaplkasikan dengan conditioner, biarkan selama 2-3 menit, setelah itu baru Anda bilas rambut Anda hingga bersih.

Kesalahan 8:  Memakai shampo terlebih dulu
Selama ini Anda mungkin menggunakan shampo terlebih dulu sebelum conditioner. Kali ini cobalah sebaliknya, gunakan conditioner, baru setelah itu Anda gunakan shampo. Cara ini akan membuat rambut Anda lebih bervolume. Keramas setelah memakai conditioner juga bisa memastikan bahwa tidak ada residu konditioner yang tertinggal.  

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

0 Response to "8 Kesalahan dalam Pemakaian Conditioner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...