7 Perilaku Ini Bikin Anda Sulit Berkembang dan Mencapai Kesuksesan




Setiap orang pasti punya prinsip dan tujuan hidup masing-masing. Sayangnya, tidak mudah untuk tetap konsisten pada prinsip yang Anda pegang teguh selama ini. Dalam mencapai tujuan hidup pun Anda akan menemui berbagai tantangan yang bisa bikin Anda merasa goyah.


Misalnya Anda sebenarnya punya target untuk naik jabatan dalam waktu tiga tahun. Namun, Anda sering menunda-nunda pekerjaan sehingga sering keteteran. Contoh lainnya, Anda akan menikah dalam waktu dekat sehingga harus rajin menabung. Akan tetapi, Anda mudah tergoda diskon dan tidak bisa mengendalikan dorongan belanja.


Contoh-contoh perilaku di atas adalah wujud dari perilaku menyabotase diri sendiri. Suatu perilaku dikatakan menyabotase diri kita sendiri ketika hal tersebut menimbulkan masalah yang menghambat Anda dalam mencapai tujuan. Sering kali perilaku tersebut tidak disadari. Anda malah menyalahkan keadaan ketika tujuan tak kunjung tercapai. Padahal, bisa saja penyebabnya adalah diri Anda sendiri.


Kebiasaan buruk yang menghambat Anda mencapai tujuan


Kebiasaan buruk yang bisa menyabotase diri sendiri biasanya merupakan cara Anda melindungi diri dari suatu masalah. Bukannya mengenali masalahnya dan mencari jalan keluar, Anda justru mencari jalan pintas supaya tidak perlu repot-repot mengakui kenyataan dan berusaha memperbaiki keadaan.


Ada tujuh kebiaaan buruk yang paling sering menghambat seseorang mewujudkan mimpinya atau menjalani prinsipnya. Simak penjelasannya di bawah ini.


1. Hobi menunda-nunda


Banyak orang bersembunyi di balik pembenaran diri seperti, Semakin mepet, semakin besar motivasinya. Padahal, menunda-nunda sebenarnya berakar dari rasa takut akan kegagalan (atau penolakan) dan kecenderungan untuk lari dari masalah.


2. Kurang bijak mengelola sumber daya


Memiliki modal atau sumber daya seperti waktu, uang, ilmu, dan keterampilan tidak akan berarti jika tidak digunakan untuk mencapai tujuan. Misalnya Anda ingin membuka usaha catering sendiri. Akan tetapi, bukannya ikut kursus masak, uang Anda justru dihabiskan untuk beli gadget baru.


3. Suka membanding-bandingkan


Belajar dari orang lain itu penting. Namun, terlalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain justru bikin Anda stuck dan tidak berkembang. Pasalnya, Anda jadi tidak bisa fokus pada kekuatan dan kelemahan diri Anda sendiri. Anda malah terobsesi dengan kekuatan dan kelemahan orang lain.


4. Tidak mengelola emosi dengan baik


Anda tidak akan bisa berkembang jadi pribadi yang lebih baik selama Anda selalu kalah dengan emosi Anda sendiri. Misalnya, setelah ditegur oleh dosen Anda jadi kesal dan tidak terima, bukannya lantas memperbaiki diri dan belajar lebih giat.


Perhatikan juga kalau hal-hal yang sepele seperti kesal karena tidak jadi kencan dengan pasangan membuat Anda uring-uringan seharian. Hal ini tentu akan menghambat komunikasi Anda dengan pasangan, bukannya memperbaikinya.


5. Sulit berkomitmen


Komitmen dan disiplin merupakan dua hal penting dalam mencapai tujuan. Kurangnya kedua hal ini sering kali disadari, tapi sulit untuk diubah. Padahal, kuncinya adalah mengenali alasan Anda sulit berkomitmen dan menggunakan kekuatan diri Anda agar lebih disiplin.


6. Melukai diri sendiri


Tidak hanya menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan, melukai diri sendiri tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik namun sebaliknya. Jika Anda menyadari melakukan hal ini, segera cari bantuan psikolog, terapis, atau dokter spesialis kesehatan jiwa serta orang terdekat Anda.


Melukai diri sendiri juga termasuk punya kebiasaan yang tidak sehat. Misalnya menggunakan obat-obatan terlarang, merokok, atau kecanduan alkohol.


7. Takut mengambil risiko


Untuk mencapai tujuan, Anda tentu harus mengambil risiko. Namun, mengambil risiko berarti Anda harus siap menghadapi perubahan, tantangan, dan hal-hal yang tidak bisa diprediksi. Ketakutan akan perubahan dan hal-hal yang tidak bisa diprediksi sebenarnya bisa membantu Anda menyiapkan diri, asal tidak berlebihan dan membuat Anda terjebak di zona nyaman.


Mengapa perilaku menyabotase sendiri dapat muncul?


Dikutip dari Psychology Today, seorang psikolog Ellen Hendriksen, Ph.D., hal-hal yang bisa memunculkan kebiasaan buruk yang menghalangi kesuksesan antara lain adalah rasa kurang percaya diri, takut akan perubahan, dan adanya keinginan untuk mengendalikan segala hal dalam hidup Anda.


Penyebabnya tentu berbeda-beda pada setiap orang. Namun, masa kecil dan lingkungan Anda dibesarkan tentu berperan penting dalam menyebabkan Anda menyabotase diri sendiri.


0 Response to "7 Perilaku Ini Bikin Anda Sulit Berkembang dan Mencapai Kesuksesan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...