4 Cara Mengajari Anak untuk Makan Makanan Sehat




Makan bukan hanya sekadar kegiatan untuk mengenyangkan perut. Namun lebih dari itu, makan merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan. Ini penting untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari dan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Hal ini karena dengan makan kita mendapatkan energi untuk beraktivitas, serta mendapatkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk mendukung kesehatan. Jadi, penting bagi setiap orangtua untuk mengajari anak makan sehat sejak dini. Bagaimana caranya?


Pentingnya mengajari anak makan sehat


Mengajari anak makan sehat sangat penting dilakukan karena akan memudahkan anak untuk membawa kebiasaan sehat ini seumur hidupnya. Masa anak merupakan masa di mana anak dengan mudah mempelajari dan menerapkan apa yang dilihatnya. Sehingga, memulai gaya hidup sehat sejak masa kanak-kanak bisa berdampak jangka panjang, menurut American Psychological Association.


Mengajari anak makan sehat juga dapat membantu anak dalam menentukan apa yang harus ia makan, ia batasi, dan ia hindari. Sehingga, anak pun terlatih untuk peduli dengan kesehatannya sejak kecil. Mengonsumsi makanan sehat juga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk perkembangan otak.


Cara mengajari anak makan sehat


Mengajari anak makan sehat bisa dilakukan dengan cara menyenangkan dan secara perlahan. Hal ini membuat anak tidak merasa dipaksa untuk mengerti apa itu makanan sehat dan apakah ia harus memakan semuanya yang sehat. Sehingga, anak pun akan dengan senang hati menerapkan apa yang Anda ajarkan tentang makanan sehat. Beberapa tips dalam mengajari anak makan sehat yang bisa Anda coba adalah:


1. Ibu sebagai role model


Ingat, pada saat ini anak Anda pandai sekali meniru, termasuk meniru kebiasaan makan Anda. Sebuah penelitian pun membuktikan bahwa selera makan anak berhubungan dengan makanan yang disukai dan tidak disukai oleh ibunya. Untuk itu, sebelum Anda mengajari anak makan makanan sehat, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan makan Anda sendiri menjadi lebih sehat. Sering menyediakan sayuran dan buah di meja makan dapat mendorong anak suka makan sayur dan buah, tapi Anda pun juga harus memakannya.


2. Sediakan beragam jenis makanan untuk anak


Sering menyediakan makanan yang beragam di rumah dapat mendorong anak penasaran dengan semua jenis makanan yang Anda sediakan. Sehingga, ia akan bertanya makanan apa itu, ia akan penasaran rasa makanan tersebut dan akan mencobanya. Usahakan untuk selalu menyediakan makanan sehat di rumah, sehingga anak bisa menghindari makan makanan tidak sehat, seperti keripik dan minuman bersoda.


3. Melibatkan anak saat berbelanja dan menyiapkan makanan


Melibatkan anak berbelanja makanan di pasar atau supermarket bisa dijadikan kesempatan mengajari anak tentang berbagai jenis makanan dan nutrisi. Sambil berbelanja, Anda bisa menunjukkan makanan apakah itu, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, apakah makanan itu sehat, dan lain sebagainya. Sehingga, anak bisa langsung melihat bentuk dan warna makanan, merasakan bagaimana teksturnya, dan setelah dimasak ia bisa mencoba rasanya.


Melibatkan anak di dapur dan menyiapkan makanan membuat anak sering terpapar dengan berbagai sayuran, buah-buahan, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sehingga, anak lebih mengenali makanan yang dimakannya.


4. Rangsang pemahaman anak dengan permainan


Anda juga bisa mengajari anak tentang berbagai jenis makanan sehat dari permainan atau dari gambar di buku. Hal ini tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Dari kegiatan bermain sambil belajar ini, anak bisa mengenal nama, bentuk, dan warna berbagai jenis sayuran, buah-buahan, makanan sumber protein, dan makanan sumber karbohidrat.


0 Response to "4 Cara Mengajari Anak untuk Makan Makanan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...