Adenoidektomi Untuk Anak-Anak

Adenoidektomi Untuk Anak-Anak



Definisi

Apa itu adenoidektomi?


 


Adenoid merupakan bagian dari kelompok jaringan limfa (seperti kelenjar di leher atau tonsil) yang membantu untuk melawan infeksi dari kuman yang terhirup atau tertelan.


Adenoid membesar secara alami pada anak-anak di sekitar usia tiga dan biasanya menyusut lagi pada usia tujuh. Kelenjar gondok yang membesar bisa menyebabkan hidung tersumbat atau meler dan dapat membuat anak Anda mendengkur. Jika anak Anda juga memiliki amandel yang membengkak, mereka mungkin dapat berhenti bernapas ketika mereka sedang tidur.


Kapan saya perlu menjalani adenoidektomi?


 


Ketika kelenjar gondok anak terlalu besar, mereka mungkin perlu dibawa ke rumah sakit. Operasi adenoidektomi adalah operasi yang cepat untuk menghapus kelenjar gondok. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk melakukan tindakan bedah ini dan dilakukan di rumah sakit dengan ahli bedah telinga, hidung dan tenggorokan (THT).


Apa keuntungan menjalani adenoidektomi?


 


Manfaat dari adenoidektomi adalah meredakan hidung tersumbat atau meler dan, untuk beberapa anak, kualitas tidur lebih baik. Operasi ini juga dapat meningkatkan kualitas suara anak Anda dan dapat membantu meredakan kondisi anak-anak yang menderita glue ear dengan mengurangi risiko pengumpulan cairan di telinga bagian tengah.



Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum melakukan adenoidektomi?


Operasi ini memiliki sedikit risiko. Mengangkat adenoid tidak akan menempatkan anak Anda pada risiko lebih besar terkena infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang sempurna mampu mengatasi bakteri dan virus tanpa kelenjar gondok.


Namun, seperti semua operasi, ada risiko kecil komplikasi seperti infeksi, perdarahan, hidung meler, atau reaksi alergi terhadap obat bius.


Mungkin juga ada beberapa masalah kesehatan kecil sementara seperti sakit tenggorokan, sakit telinga atau hidung tersumbat selama beberapa minggu.


Penting bagi Anda untuk mengetahui peringatan dan pencegahan sebelum melakukan operasi ini. Bila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut.


Apakah ada alternatif selain operasi?


 


Dokter Anda mungkin dapat memberikan semprotan hidung steroid untuk mengatasi gejala yang dialami anak Anda, mulai dari hidung tersumbat dan mengurangi ukuran kelenjar gondok. Namun, ini harus digunakan untuk waktu yang lama dan efek jangka panjangnya belum diketahui.


Tidak ada perawatan lain untuk adenoid yang membesar selain untuk membiarkannya dan menunggu kondisi untuk menjadi lebih baik.


Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum adenoidektomi?


Beberapa jam sebelum operasi, anak Anda akan perlu untuk berhenti makan dan minum. Dokter atau perawat akan memberi tahu Anda ketika anak Anda harus berhenti makan dan minum.


Bagaimana proses adenoidektomi?


 


Operasi ini dilakukan di bawah bius total dan biasanya memakan waktu sekitar 20 menit.



Dokter bedah Anda akan mengangkat kelenjar gondok melalui mulut anak Anda. Dokter akan menempatkan penyumbat di belakang hidung sampai perdarahan berhenti.


Apa yang harus saya lakukan setelah adenoidektomi?


 


Anda dapat langsung menemani anak Anda setelah operasi selesai. Anak Anda dapat pulang pada hari yang sama atau hari setelahnya.


Mereka akan membutuhkan dua hari libur sekolah untuk menghindari terjadinya infeksi yang dapat menyebabkan perdarahan.


Sebagian besar anak yang menjalani operasi ini mengalami pemulihan yang baik.


Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.


Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?



  • rasa sakit

  • perdarahan

  • infeksi daerah bedah (luka)

  • jaringan adenoid tumbuh kembali


Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kemungkinan komplikasi, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.



Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.





0 Response to "Adenoidektomi Untuk Anak-Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...