7 Anggapan yang Salah Tentang Makanan untuk Penderita DiabetesIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.




Diabetes memang merupakan kondisi yang sulit untuk dikontrol. Namun, mengendalikan diabetes dapat menjadi lebih mudah saat Anda sudah mengetahui informasi tentang nutrisi yang tepat untuk penderita diabetes. Sayangnya, banyak sekali mitos tentang pantangan makanan penderita diabetes yang diikuti oleh banyak orang, padahal sebenarnya salah.


Berikut adalah mitos-mitos yang salah tentang makanan untuk diabetes.


1. Orang yang makan banyak gula, pasti kena diabetes


Menurut American Diabetes Association (ADA), makan makanan manis dalam jumlah banyak bukanlah penyebab tunggal diabetes. Namun, makan makanan manis memang merupakan salah satu faktor yang membuat risiko Anda terkena diabetes jadi lebih tinggi. Faktor lain yang memicu risiko yang sama untuk diabetes tipe 2 di antaranya adalah gaya hidup tak sehat, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, berumur di atas 45 tahun, riwayat keluarga pengidap diabetes, dan lain-lain.


2. Penderita diabetes pantang mengonsumsi karbohidrat


Perlu dicatat bahwa karbohidrat bukanlah musuh bagi penderita diabetes. Namun, tipe dan jumlah karbohidratlah yang perlu Anda perhatikan. Contohnya, karbohidrat dengan indeks glikemik (GI) atau muatan glikemik (GL) yang rendah merupakan pilihan karbohidrat yang lebih tepat bagi penderita diabetes.


Setelah memilih karbohidrat yang tepat, jumlah porsi karbohidrat juga jangan lupa diperhatikan. Kalau Anda mengukur porsi makanan Anda berdasarkan bagian piring, maka jumlah karbohidrat yang dianjurkan ialah tidak lebih dari seperempat bagian piring.


3. Penderita diabetes harus mengonsumsi makanan gluten-free


Makanan yang mengandung gluten terdiri dari karbohidrat, yang seperti yang dijelaskan di atas, boleh saja untuk dimakan oleh penderita diabetes selama pengukuran jumlah dan jenis yang dipilih tepat.


4. Penderita diabetes tak boleh makan kue


Kata siapa penderita diabetes tidak boleh makan kue, cake, dan makanan yang manis-manis? Silakan makan kue atau cookies meskipun Anda penderita diabetes, namun batasi jumlahnya. Malahan menurut National Institutes of Health, melarang diri sendiri untuk menghindari makanan tertentu secara total malah bisa menyebabkan Anda mengalami binge eating alias makanan berlebihan. Namun, tetap ingat untuk mengurangi karbohidrat di menu makanan Anda yang lain untuk menyeimbangi.


5. Penderita diabetes tak boleh makan buah manis


Tidak ada buah yang dilarang untuk dimakan oleh penderita diabetes. Memang betul, ada beberapa buah yang mengandung gula lebih tinggi. Namun, seperti yang sudah disebutkan, selama porsinya tidak berlebihan dan seimbang, silakan sertakan buah di dalam menu makanan Anda.


6. Produk sugar-free adalah yang paling sehat


Perlu dicatat bahwa meskipun bebas gula, produk tersebut juga mungkin mengandung karbohidrat, lemak, dan kalori yang tinggi. Oleh karena itu, tetap harus dicek label nutrisi dalam produk tersebut, terutama total jumlah karbohidratnya.


7. Tidak masalah makan makanan berlemak


Menurut Amercan Heart Association, biasanya penderita diabetes tipe 2 memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Hal ini berhubungan biasanya karena penderita diabetes tipe 2 juga kelebihan berat badan. Selain itu, biasanya penderita diabetes tipe 2 juga punya tekanan darah tinggi dan kadar kolestrol darah yang tidak baik.


Oleh karena itulah, tidak dianjurkan bagi penderita diabetes untuk banyak mengonsumsi lemak. Karena dengan mengurangi lemak, hal ini berefek dengan turunnya kemungkinan Anda terkena masalah jantung.


Kuncinya adalah menu makanan yang sehat dan seimbang


Ternyata tidak terlalu sulit dan keras, bukan? Menderita diabetes bukan berarti Anda tidak boleh makan makanan yang enak-enak. Boleh saja, asalkan sehat dan seimbang.


Salah satu contoh snack yang dapat membantu Anda menyeimbangi asupan nutrisi untuk Anda penderita diabetes adalah SOYJOY80. SOYJOY80 dikemas hanya dalam 80 kalori dan sangat cocok bagi mereka yang menjaga asupan kalori.Dengan mengonsumsi SOYJOY80 dua jam sebelum makan besar, dapat membantu mengurangi asupan karbohidrat berlebih Anda.


Selain itu, SOYJOY80 yang terbuat dari kedelai kaya akan serat dan protein sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. SOYJOY80 juga mengandung indeks glikemik rendah sehingga tak akan meningkatkan gula darah Anda terlalu cepat setelah dikonsumsi.


0 Response to "7 Anggapan yang Salah Tentang Makanan untuk Penderita DiabetesIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...