Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Buah pisang adalah salah satu buah tropis dengan rasa lezat yang bisa dinikmati langsung ataupun diolah menjadi berbagai menu makanan. Karena itu, manfaat buah pisang, membuatnya menjadi buah yang banyak dikonsumsi orang. Tidak hanya kaya akan karbohidrat, pisang pun mengandung kalium, magnesium, vitamin C dan B6. Selain itu, pisang juga mampu membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor yang berfungsi membangun regenerasi jaringan. Tak heran, jika ibu hamil disarankan banyak mengonsumsi buah pisang. Karena asam folat dan kalium yang terkandung di dalamnya, akan membantu perkembangan janin.

Nah, berikut manfaat buah pisang, menurut Food and Drug Administration (FDA):

Mempertahankan kesehatan Jantung

Buah pisang terbukti baik bagi kesehatan jantung. Pasalnya, kandungan kalium dalam pisang, salah satu elektrolit yang berperan dalam pembentukan impuls (listrik), akan membantu mempertahankan kontraksi otot jantung tetap regular. Di samping itu, kandungan sodium yang rendah pada pisang juga diduga dapat melindungi sistem kardiovaskular dari bahaya tekanan darah tinggi.

Memperbaiki suasana hati

Pisang dapat membantu mengatasi rasa depresi; tryptophan yang banyak terkandung dalam pisang, akan diubah menjadi serotonin, neurotransmitter pada otak yang berperan untuk meningkatkan mood. Selain itu, vitamin B yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu Anda tidur nyenyak serta  kadungan lainnya seperti juga dapat merilekskan otot-otot yang tegang, sehingga Anda dapat beristirahat lebih nyaman.

Membantu pencernaan dan penurun berat badan

Pisang adalah buah tinggi serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan Anda. Satu buah pisang saja, sudah mencukupi sekitar 10% persen kebutuhan serat harian. Kandungan vitamin B6 nya juga dapat melindungi Anda dari risiko diabetes tipe 2 serta membantu menurunkan berat badan. Selain itu, pisang juga merupakan salah satu menu makan pilihan yang baik bila Anda ingin menurunkan berat badan; rasanya yang manis dan mengenyangkan akan membantu menekan rasa lapar. Terlebih, pisang juga dapat membantu menstabillkan kadar gula darah saat Anda sedang berolahraga.

Kesehatan Tulang

Meskipun kandungan kalsium dalam pisang tidak terlalu tinggi, namun konsumsi buah ini dapat membantu mempertahankan kesehatan tulang. Menurut Journal of Physiology and Biochemistry yang diterbitkan pada tahun 2009, pisang mengandung banyak fructoogosaccharides suatu senyawa karbohidrat yang tidak dapat dicerna,  yang mampu meningkatkan produksi probiotik pada saluran cerna, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mneyerap kalsium.

Mengurangi risiko kanker

Selain beberapa fakta di atas, pisang pun juga diduga dapat menekan risiko terjadinya kanker ginjal; efek ini diduga terkait tingginya kandungan senyawa antioksidan fenolik dalam pisang.  (DV)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

 

0 Response to "Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...