Ingat! 7 Makanan dan Minuman Ini Banyak Mengandung Susu Kental Manis

Ingat 7 Makanan Minuman Ini Banyak Mengandung Susu Kental Manis
Popmama.com/Istimewa

Keluarga Mama di rumah termasuk pecinta makanan yang manis-manis nggak nih? 

Kecintaan seseorang terhadap rasa manis memang berbeda, termasuk anak-anak. Ada yang yang begitu suka dengan manis hingga kadar manisnya terlalu berlebihan. 

Seperti yang sudah Mama ketahui nih kalau persyaratan susu kental manis berupa kandungan lemak susu yang tidak kurang dari delapan persen dan enam setengah persen lainnya yaitu protein. Sementar kandungan gula yang ditujukan sebagai bahan pengawet tidak boleh melebihi kadarnya. 

Dengan kandungan seperti ini, Mama sepertinya tidak perlu lagi melihat sejauh mana Si Kecil mengonsumsi susu kental manis. Boleh mengonsumsi, namun ada baiknya untuk tidak terlalu berlebihan ya. 

Tak jarang orangtua lengah dengan makanan dan minuman sekarang yang ternyata mengandung banyak sekali susu kental manis. Padahal rasa dari makanan dan minuman yang sudah manis akan semakin manis dengan tambahan susu kental manis. 

Berikut rangkuman dari Popmama.com tentang beberapa makanan dan minuman yang ternyata diam-diam mengandung banyak susu kental manis. 

1. Minuman thai tea

1. Minuman thai tea
Unplash/Jisu Han

Minuman thai tea ini pasti Mama sering lihat nih di jalan, pusat perbelanjaan atau mungkin salah satu menu di tempat makan. Apalagi minuman yang satu ini sudah cukup menyebar ke berbagai tempat. 

Terkadang bentuk rasa suka terhadap minuman yang satu ini membuat Mama atau Si Kecil jadi lebih sering membelinya, seperti orang ketagihan karena rasanya yang segar. 

Ada baiknya Mama tidak memperbolehkan Si Kecil terlalu sering mengonsumsi minuman yang satu ini karena tidak bagus untuk kesehatan tubuhnya. Jangan biasakan Si Kecil selalu meninum thai tea setiap hari. 

Sesekali Mama bisa saja memperbolehkan Si Kecil untuk mencicipi minuman ini, namun harus tetap paham kadar batas normalnya ya. Ingat jangan terlalu berlebihan ya, Ma. 

2. Puding susu

2. Puding susu
www.resepkoki.id

Mama sering membuatkan puding susu nggak nih di rumah?

Kalau Mama biasa membuat puding dengan tambahan susu kental manis, ada baiknya untuk mengganti dengan alternatif bahan lain. Mama bisa berkreasi lebih dengan bahan-bahan pemanis lain yang ada di rumah.Contohnya mengganti dengan parutan cokelat atau biskuit. 

Mama juga bisa membuat puding yang lebih sehat saat dimakan Si Kecil. Untuk menambah nilai gizinya, Mama bisa mengganti susu kental manis dengan berbagai macam toping buah sesuai kesukaan Si Kecil. 

3. Martabak manis

3. Martabak manis
www.feedme.id

Martabak manis sepertinya menjadi salah satu alternatif camilan di malam hari ya, Ma. 

Semua orang pasti menyukai makanan yang satu ini, apalagi perpaduan rasa keju atau cokelat kacang dengan tambahan ekstra susu bisa mengatasi rasa lapar di malam hari. 

Terkadang ada orang yang minta diberi ekstra susu kental manis lebih banyak dari takaran normalnya. Meskipun hal ini bisa disesuaikan dengan masing-masing selera orang, namun ada baiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi ekstra susu kental manis ya. 

Saat membeli martabak di pinggir jalan ada baiknya untuk meminta tidak terlalu banyak susu. Tanpa tambahan susu pun martabak manis masih terasa manis dengan varian rasa di dalamnya lho, Ma.  

4. Pisang nugget ekstra susu 

4. Pisang nugget ekstra susu 
www.dagelanfamily.com

Menu camilan pisang nugget beberapa bulan yang lalu menjadi viral. Ada banyak varian rasa yang ditawarkan pisang nugget. 

Salah satu varian pisang nugget yang disukai para penikmat manis yaitu ekstra susu. Namanya juga ekstra susu, berarti susu kental manis yang digunakan cukup banyak. Tambahan susu kental manis di atas pisang nugget menjadi perpaduan yang cocok di dalam mulut.  

Ma, Si Kecil di rumah sering minta dibuatkan pisang nugget nggak nih?

5. Roti bakar 

5. Roti bakar 
placetogoandeatcomblog.files.wordpress.com

Roti bakar biasanya dijadikan salah satu alternatif sarapan di pagi hari nih. Namun, Si Kecil terkadang suka latah saat melihat jajanan yang ada di depan rumah dan berniat membelinya.  

Untuk mengurangi kebiasaan Si Kecil jajan sembarangan, ada baiknya Mama mencoba membuat roti bakar di rumah. Buatlah aktivitas membuat roti bakar bersama Si Kecil. 

Selain bisa berkreasi lebih dengan berbagai varian rasa, Mama juga bisa mengurangi kadar susu kental manis di dalam roti. Sehingga roti bakar yang dimakan Si Kecil rasanya tidak terlalu manis. 

Kalau Si Kecil minta diperbanyak lagi susu kental manisnya, Mama perlu menggantinya dengan bahan lain nih. Setidaknya Mama juga perlu mengurangi kebiasaan Si Kecil dalam mengonsumsi makanan-makanan yang terlalu manis.  

6. Sop Buah

6. Sop Buah
pn-baturaja.go.id

Kalau cuaca lagi panas pasti lebih memilih sesuatu yang segar ya, Ma. 

Sop buah bisa menjadi salah satu alternatif minuman segar yang bisa Mama konsumsi bersama Si Kecil. Momen-momen membuat sop buah bersama kecil pasti ada saja kejadian di dapur. Namanya juga anak-anak pasti suka jahil mencolek susu kental manis menggunakan jari bahkan menjilatinya hingga bersih. 

Meskipun isian dari sop buah itu menyehatkan karena dibantu dengan varian buah-buahan, Mama ada baiknya tidak terlalu banyak memberikan susu kental manis ya. 

Namanya berlebihan itu tidak baik ya, Ma. Mama bisa menyesuaikan susu kental manis sesuai kadarnya saja. Ini dikarenakan Si Kecil yang terlalu banyak mendapatkan asupan makanan manis juga tidak baik. 

7. Es Kepal

7. Es Kepal
www.kaskus.id

Es segar yang satu ini pasti semua orang mengetahuinya nih, Ma. Es kepal menjadi viral sejak pertama kali muncul di tahun 2018 ini.  

Penambahan susu kental manis di atas es kepal hanya akan membuat rasanya menjadi sangat manis. Untuk mengurangi susu kental manis yang terlalu banyak, Mama bisa menguranginya demi kesehatan Si Kecil ya. 

Jangan sampai Si Kecil terlalu makan yang manis-manis hingga berpengaruh pada kesehatan tubuhnya. 

Itulah beberapa menu makanan dan minuman yang diam-diam mengandung banyak susu kental manis bahkan tak jarang ditambahkan secara ekstra. Memperkenalkan Si Kecil pada susu manis memang boleh, namun harus tetap diperhatikan kembali asupannya ya.

0 Response to "Ingat! 7 Makanan dan Minuman Ini Banyak Mengandung Susu Kental Manis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...