9 Fakta Penting Seputar Bulu Hidung




Bulu hidung merupakan bagian terpenting dari hidung Anda, karena mereka adalah penyaring udara alami yang selalu melekat pada tubuh. Namun, sering kali orang-orang merasa bahwa bulu hidung merupakan hal yang mengganggu dan memalukan. Oleh karena itu, mencabut bulu hidung merupakan satu-satunya cara untuk mengatasinya. Perasaan nikmat yang dihasilkan oleh mencabut bulu hidung terkadang membuat orang senang melakukannya. Tetapi apakah mencabut bulu hidung itu aman? Apa saja fakta yang ada di balik bulu hidung? Mari kita lihat serba-serbi bulu hidung di bawah ini.


1. Bulu hidung berperan sebagai perisai


Bulu hidung dan serat-serat rambut lainnya yang ada di tubuh Anda membuat penghalang yang sulit untuk ditembus, namun fleksibel. Bulu hidung dapat melindungi lapisan epidermis kulit Anda dari lecet dan juga dari sinar matahari. Selain itu, bulu hidung juga memiliki fungsi yang lebih khusus. Ketika Anda menarik napas, Anda berpotensi mengambil partikel-partikel kecil bersama oksigen, namun bulu hidung dapat menyaring sebagian kotoran yang Anda hirup.


2. Bulu hidung dapat menyaring mikroba udara


Bulu hidung dapat berkontribusi terhadap kesehatan Anda melalui beberapa cara, salah satunya adalah dengan menangkal patogen udara, seperti kuman, jamur, dan spora. Patogen udara tidak pernah mencapai saluran pernapasan karena mereka terhalang oleh bulu hidung. Bulu hidung juga dibantu oleh lendir untuk memerangkap partikel dan kuman. Jika para iritan tersebut berhasil masuk ke dalam saluran pernapasan, Anda akan bersin untuk mengeluarkan mereka.


3. Bulu hidung mempermudah penguapan keringat


Serat bulu hidung memiliki tujuan tambahan, yaitu dapat menambahkan luas permukaan kulit yang dapat membantu keringat untuk menguap. Jaringan saraf yang mengelilingi folikel bulu hidung dapat memberikan informasi kepada tubuh Anda mengenai keadaan lingkungan Anda.


4.  Bahan kimia dan kosmetik dapat merusak bulu hidung


Faktor luar dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu hidung, sehingga bulu hidung dapat meningkat atau mengalami penurunan. Contoh dari faktor luar tersebut adalah bahan kimia dan kosmetik, karena mereka dapat merusak folikel bulu. Selain itu, kesehatan dan faktor genetik memungkinkan untuk mengubah pola pertumbuhan bulu hidung.


5. Menggunting bulu hidung boleh, tapi jangan mencabut


Jika Anda menarik bulu hidung ke luar, dalam hidung Anda akan terdapat sedikit darah. Darah sekecil apapun akan memungkinkan bakteri untuk tumbuh di sana. Karena pembuluh darah di wajah hanya memiliki sedikit katup pelindung, maka bakteri dapat memasuki aliran darah Anda dan menyebabkan infeksi pada bagian tubuh yang lain. Anda dapat menggunting bulu hidung dengan gunting khusus, namun tidak boleh mencabutnya.


6. Menggunting bulu hidung yang panjang diharuskan


Bulu hidung memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, namun beda halnya dengan bulu hidung yang panjang. Oleh karena itu, Anda dapat dengan aman memangkas bulu hidung tanpa mempengaruhi kemampuan menyaring.


7. Bulu hidung semakin lebat seiring bertambahnya usia


Menurut Dr. Chris Smith, semakin bertambah tua seseorang, mereka akan memiliki bulu atau rambut yang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena bulu pada tubuh Anda sensitif terhadap androgen (zat kimia seperti testosteron). Dan selama Anda menjalani hidup Anda, testosteron dalam tubuh akan terpapar pada folikel bulu, sehingga pertumbuhannya meningkat.


8. Bulu hidung memberikan kelembapan pada udara yang dihirup


Fungsi lain bulu hidung adalah untuk memberikan kelembapan tambahan pada udara yang dihirup. Ketika udara masuk melalui hidung, lendir dan bulu hidung menyediakan panas dan kelembapan. Kelembapan itu sendiri sangat penting untuk sistem pernapasan lainnya, seperti laring dan paru-paru.


9. Bulu hidung dapat memisahkan udara dan kotoran


Bulu hidung yang berbentuk silia kecil juga dapat menarik partikel padat menuju antarmuka antara hidung dan tenggorokan. Kotoran yang berbahaya pada umumnya akan diarahkan ke arah belakang tenggorokan dan kerongkongan untuk menelan, sementara itu udara yang telah disaring akan dilanjutkan menuju laring dan paru-paru.


BACA JUGA:



  • Bentuk Hidung dan Hubungannya Dengan Kesehatan Anda

  • Neti Pot untuk Irigasi Hidung

  • 6 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat





0 Response to "9 Fakta Penting Seputar Bulu Hidung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...