5 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan Tubuh




Bunga echinacea merupakan salah satu jenis bunga dari keluarga daisy yang banyak digunakan sebagai suplemen kesehatan. Biasanya bunga ini digunakan sebagai obat untuk membantu memerangi flu dan pilek. Apa lagi manfaat buang echinacea yang baik untuk kesehatan?


Apa itu echinacea?


Echinacea adalah bunga yang juga dikenal sebagai sebutan coneflower di Amerika. Ramuan bunga ini biasanya tersedia di toko obat, apotek, atau di pasar swalayan dengan bentuk pil, ramuan herbal kering, atau bahkan teh.


Bunga ini memiliki campuran zat aktif yang kompleks, beberapa di antaranya disebut antimikroba. Sementara kandungan lainnya diyakini memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh manusia.


Apa manfaat bunga echinacea?


Semua spesies echinacea memiliki senyawa yang disebut zat fenol. Zat fenol adalah zat aktif yang mengendalikan aktivitas berbagai enzim dan reseptor sel di dalam tubuh. Manfaat lainya juga bisa melindungi tubuh dari infeksi dan kerusakan radiasi sinar ultraviolet (UV). Fenol juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik untuk kesehatan manusia.


Selain itu tanaman echinacea juga mengandung alkilamida atau alkam, yang memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh, serta polisakarida, glikoprotein, dan turunan asam caffeic.


Manfaat lain dari tanaman echinacea untuk kesehatan tubuh adalah:


1. Membantu mencegah kanker


Penelitian dari National Institutes of Health (NIH) menyatakan bahwa bunga ini bisa bermanfaat untuk mencegah sel kanker. Kandungan fitokimia di dalamnya berguna untuk melawan tumor yang akan berkembang menjadi kanker.


Namun penggunaan tanaman ini hanya sebatas menjadi obat pendamping saja. Tetap diperlukan pembedahan dan kemoterapi untuk mengobati kanker secara langsung.


2. Menguatkan sistem imun tubuh


Menurut laporan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Infectious Diseases di University of Connecticut, tanaman ini mampu menghasilkan efek imun tubuh yang lebih kuat.


Studi yang telah melakukan 14 penelitian ini juga menetapkan bahwa bunga dari keluarga daisy ini mampu mencegah serangan flu sekitar 58% dan mengurangi durasi penyembuhan flu hampir satu setengah hari lebih cepat dari tanaman obat lainnya.


3. Pereda nyeri


Selain sebagai pencegah kanker dan serangan sakit flu, tanaman ini juga efektif sebagai obat penghilang rasa sakit. Menurut Indian Great Plains ada beberapa jenis sakit yang bisa diredakan oleh tanaman ini, yakni:



  • Sakit perut

  • Nyeri berhubungan dengan sakit kepala

  • Nyeri berhubungan dengan HSV (herpes)

  • Nyeri berhubungan dengan gonore

  • Nyeri berhubungan dengan campak

  • Gigitan ular

  • Sakit tenggorokan

  • Sakit perut

  • Radang amandel

  • Sakit gigi


Ada beberapa cara umum untuk menggunakan tanaman ini sebagai penghilang rasa sakit. Antara lain, Anda bisa menggunakannya dengan cara diseduh sebagai teh. Anda juga bisa menggunakan echinacea yang telah dikeringan dan ditumbuk lalu dicampurkan pada menu masakan seperti pada saus pasta.  


4. Sebagai pencahar alami


Seperti banyak tanaman herbal lainnya, bunga ini bisa menjadi obat pencahar yang melancarkan masalah pencernaan Anda. Menurut Herbalisme Medis, bunga ini selain sebagai obat pencahar, juga bisa menimbulkan efek menenangkan pada pencernaan.


Anda bisa menggunakan echinacea sebagai obat pencahar dengan cara menyeduh echinacea kering layaknya teh. Untuk kondisi yang lebih kronis, secangkir teh echinacea setiap hari bisa membantu melonggarkan isi perut yang mampat, alias sembelit.


5. Obat antiperadangan


Peradangan di dalam tubuh merupakan salah satu akar masalah dari adanya kondisi kesehatan yang buruk. Namun, University of British Columbia menyatakan, mengonsumsi echinacea secara teratur dapat secara efektif menyembuhkan dan meringankan berbagai jenis peradangan di dalam tubuh, antara lain peradangan yang disebabkan oleh stres, racun dalam makanan, atau akibat kurang beristirahat.


0 Response to "5 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...