Mengenal 6 Manfaat Mendongeng untuk Bayi (Apakah Bisa Bikin Pintar)




Mendongeng adalah salah satu cara untuk memperkenalkan aktivitas membaca ke anak. Anda tidak perlu khawatir apakah terlalu dini memperkenalkan kata dan bahasa melalui aktivitas membaca. Sejumlah penelitian bahkan menunjukkan bahwa tidak ada kata terlalu dini untuk memperkenalkan kata dan bahasa melalui aktivitas mendongeng untuk bayi.


Namun, apakah memang perlu mendongeng untuk bayi? Apakah mereka mengerti apa yang Anda katakan? Apakah membaca bisa benar-benar bisa membuat anak menjadi lebih pintar? Nah, sebenarnya hingga saat ini belum ada data yang membuktikan mendongeng untuk bayi bisa membuat IQ anak tinggi atau kelak akan berprestasi di sekolah.


Akan tetapi, ada beberapa alasan mengapa mendongeng untuk bayi ternyata sangat penting bagi perkembangannya. Berikut ulasan lengkap sekaligus tips-tips mendongeng untuk bayi yang bisa Anda coba bersama buah hati.


Manfaat mendongeng untuk bayi


1. Mempererat hubungan anak dan orang tua


Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics menunjukkan bahwa aktivitas mendongeng akan mempererat hubungan Anda dengan bayi Anda.


Membaca sejak bayi berarti putra dan putri Anda semakin sering mendengar suara Anda, yaitu orangtuanya. Mendengar suara orangtua sejak bayi mampu membangun ikatan dan kepercayaan yang kuat antara orangtua dan anak hingga ia tumbuh besar.


2. Memperbanyak kosakata


Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang sudah diajarkan membaca sejak bayi akan memiliki kosakata yang lebih banyak dan kemampuan berhitung yang lebih baik dibandingkan anak-anak lain yang tidak diajarkan membaca sejak bayi.


Studi tersebut juga menunjukkan bahwa semakin banyak kata yang bayi dengar saat Anda mendongeng, maka semakin baik pula kemampuan bahasa mereka.


3. Memperkenalkan bentuk objek


Bayi berusia satu hingga tiga bulan akan lebih fokus melihat pola-pola sederhana dalam buku cerita yang Anda tunjukkan. Mendongeng untuk bayi buku secara tidak langsung akan memperkenalkan bentuk objek, kata, dan warna kepada bayi Anda. Karena itu, pilih buku cerita anak-anak yang sederhana dan banyak gambarnya agar bayi Anda juga bisa menikmatinya.


4. Membantu perkembangan sosial, emosi, dan kemampuan berpikir


Saat Anda mendongeng untuk bayi, bayi Anda akan memerhatikan cara Anda menyampaikan emosi (bahagia, marah, atau takut) dengan ekspresi wajah dan suara yang berbeda. Tanpa Anda sadari, hal tersebut akan membantu perkembangan sosial, emosi, dan kemampuan berpikir anak.


5. Membantu proses bicara


Membaca mampu merangsang pengembangan otak bayi. Ketika Anda mendongeng untuk bayi, mereka akan menerima informasi dan mulai belajar tentang suara, bunyi, kata, dan kalimat. Karena itu, anak-anak yang terbiasa membaca atau mendengarkan cerita sejak dini cenderung lebih cepat bisa berbicara.


6. Melatih respon bayi


Bayi Anda memang belum bisa merespon rangsangan dengan kata-kata yang jelas. Namun, saat mendengarkan Anda bercerita, bayi Anda dapat memberikan respon melalui gerakan tangan dan kakinya. Respon dan rangsangan ini akan mengaktifkan berbagai sel-sel saraf dalam otak bayi lebih cepat.


Jadi, sambil mendongeng untuk bayi, Anda bisa merangsang respon bayi Anda. Misalnya dengan mengulang-ulang setiap kalimat. Hal ini bisa membantu bayi merekam kalimat dengan lebih baik dan merespon dengan cara menirukan gerakan bibir atau ekspresi wajah Anda saat Anda mendongeng.


0 Response to "Mengenal 6 Manfaat Mendongeng untuk Bayi (Apakah Bisa Bikin Pintar)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...