Cara Bicara Ortu ke Anak Ternyata Sangat Memengaruhi Perkembangannya




Komunikasi yang efektif selalu ditemukan dalam keluarga yang memiliki hubungan orangtua dengan anak yang kuat. Bahkan, hal ini sangat memengaruhi kualitas kedekatan keluarga. Kualitas komunikasi orangtua dan anak memengaruhi perkembangan mereka. Karena itu, orangtua perlu menumbuhkan sikap yang tepat dan mempelajari keterampilan komunikasi yang efektif untuk menguatkan hubungan antara orangtua dan anak.


Cara bicara orangtua dengan anak juga perlu diperhatikan. Apakah suara Anda terdengar sabar, lembut, dan penuh kasih? Jika jawabannya tidak, pikirkan lagi apa yang bisa Anda lakukan untuk mengubahnya. Pasalnya, cara bicara orangtua dengan anak itu penting.


Mengapa cara bicara yang positif antara orangtua dengan anak penting?


1. Cara bicara yang positif akan membantu anak agar lebih menurut


Bicara dengan nada dan kata yang lembut cenderung akan lebih didengarkan oleh anak Anda. Tentunya tidak ada orang yang suka jika diajak bicara dengan nada yang tinggi dan kata yang terkesan kasar atau negatif. Begitu juga dengan anak Anda. Bicaralah dengan lembut ke anak Anda.


Bahkan jika anak Anda melakukan kesalahan dan Anda perlu memberi nasihat, suara yang lembut dan tegas akan lebih mendapat perhatian dari anak Anda. Anak akan lebih mendengarkan nada bicara yang seperti itu.


2. Bicara kasar justru menumbuhkan sikap negatif


Bila Anda berteriak, membentak, atau berbicara dengan kasar pada anak Anda, Anda cenderung tidak mendapatkan hasil yang baik. Bahkan tindakan ini akan merusak hubungan kedekatan orangtua dengan anak.


Penelitian menunjukkan bahwa teriakan pada anak sama buruknya dengan pukulan. Anak Anda tentu akan tetap mendengarkan, tapi mendengarkan karena ia takut. Biasanya tindakan yang seperti ini membuat anak jadi tidak jujur pada orangtua karena takut dimarahi atau dipukul.


Jika Anda ingin anak Anda mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatur tingkah lakunya sendiri, bicaralah dengan baik dan jelas pada anak Anda.


3. Anak belajar dari perilaku orangtuanya


Cara bicara orangtua dengan anak sangat penting karena anak belajar berperilaku dengan meniru orangtuanya sendiri. Bagaimana tidak, dari awal kelahirannya, anak belum bisa bicara dan mengetahui bagaimana perilaku yang baik dan tidak.


Jadi anak akan mengikuti apa yang ia lihat secara langsung. Oleh karena itu, bicaralah dengan sopan dan baik dengan anak dan dengan orang-orang di sekitar Anda. Anak pun akan meniru perilaku ini sampai dewasa kelak.


4. Anda akan memiliki hubungan yang lebih kuat dengan anak


Bila Anda memperlakukan anak Anda dengan hormat dan baik hati, ini akan memperkuat ikatan Anda dengan buah hati. Anak akan bersikap lebih terbuka pada Anda. Ucapkan terima kasih dan tolong saat bicara dengan anak Anda, dan beri penjelasan bahwa Anda mengharapkan ia melakukan hal yang sama. Memberi masukan satu sama lain dengan sopan santun dan hormat akan membuat hubungan Anda semakin dekat.


Sedangkan kalau selama ini cara bicara Anda cenderung kasar atau dingin, anak pun belajar untuk membangun jarak dan pertahanan terhadap diri Anda. Anak justru akan melihat Anda sebagai ancaman yang tidak bisa dipercaya, bukan sosok yang penuh kasih dan melindungi.


0 Response to "Cara Bicara Ortu ke Anak Ternyata Sangat Memengaruhi Perkembangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...