7 Buah dan Sayuran Terbaik untuk Bayi 1-2 tahun




Saat bayi Anda sudah beranjak ke usia 1-2 tahun, selain tetap memberikan susu (baik ASI ataupun susu formula), Anda juga tetap harus memberikan mereka buah-buahan dan juga sayuran. Tapi tidak semua buah dan sayuran mungkin cocok dan baik untuk anak Anda pada usia tersebut. Untuk mengetahui apa saja sayur dan buah untuk bayi yang direkomendasikan, simak seterusnya di bawah ini.


Seperti apa sayur dan buah yang baik untuk bayi?


Saat bayi Anda memasuki usia 6 bulan, Anda sudah boleh mulai memberinya sayur dan buah yang dihaluskan. Mulailah dengan makanan yang mudah dicerna, contohnya pisang tumbuh yang mengandung kalium untuk membantu fungsi otot dan jantung. Anda juga bisa menghaluskan buah persik ataupun pir yang mudah dicerna di perut bayi.


Sebagai buah pertama, sebaiknya jangan langsung beri buah-buahan asam. Mulailah dulu dengan yang manis-manis. Waspada saat memberikan buah yang biasanya terpapar pestisida tinggi seperti apel, kecuali Anda sudah mencuci dan membersihkannya dengan benar. Atau, pilih buah organik yang tidak mengandung pestisida.


Jangan lupa potong buah dengan ukuran kecil supaya si kecil tidak tersedak, dan selalu belah buah anggur jadi dua bagian karena anggur yang bulat rentan tersangkut di tenggorokan anak.


Daftar sayur dan buah untuk bayi yang direkomendasikan



Supaya Anda tidak bingung, berikut ada 7 buah dan sayuran terbaik untuk bayi Anda yang berusia 1-2 tahun.


  1. Jeruk dan buah-buahan jenis berry seperti stroberi dan blueberry merupakan sumber vitamin C yang baik, yang membantu penyerapan zat besi dari makanan lain. Jadi cobalah untuk memberikan beberapa buah-buahan yang kaya vitamin C setiap kali Anda memberi makan anak.

  2. Tomat merupakan sumber lycopene, pigmen antioksidan yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Namun, penelitian menunjukkan bahwa lycopene dalam tomat dapat diserap lebih efisien oleh tubuh, jika tomat dimasak dengan sedikit minyak.

  3. Wortel meningkatkan penglihatan pada malam hari. Buah ini adalah sumber beta-karoten yang sangat baik, yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A. Sayuran berwarna cerah ini juga berisi berbagai macam phytochemical (bahan kimia tanaman) yang akan memberi kita kemungkinan lebih besar untuk mencegah penyakit seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

  4. Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak baik yang bisa membantu perkembangan otak bayi. Bahkan, komposisi lemak pada alpukat juga mirip dengan komposisi lemak di dalam ASI. Teksturnya juga lembut sehingga mudah dicerna oleh bayi.

  5. Pisang merupakah sumber makanan yang tinggi kalium, juga kaya akan vitamin B6 dan C, kalsium, dan zat besi.

  6. Brokoli bukan hanya sayuran tinggi serat, tapi juga kaya akan folat dan kalsium. Rasanya yang khas juga dianggap baik sebagai sayuran pertama bayi, yang jika dibiasakan akan membuatnya senang makan sayur sampai ia dewasa.

  7. Ubi dikenal sebagai karbohidrat kompleks yang baik bagi semua usia. Bagi bayi, ubi tak hanya mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, tapi juga cenderung disukai karena rasanya yang manis. Ubi jalar mengandung beta-karoten, vitamin C, dan berbagai mineral seperti zat besi.


Yang perlu diingat, sebelum memberikan bayi Anda buah dan sayur, selalu konsultasikan dulu pada dokter atau bidan Anda, karena tak semua bayi memiliki kondisi kesehatan yang sama.


0 Response to "7 Buah dan Sayuran Terbaik untuk Bayi 1-2 tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...