4 Vitamin Terbaik untuk Kulit

Mengonsumsi vitamin terkadang merupakan suatu kebutuhan bagi beberapa orang. Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi vitamin. Terlebih lagi bagi wanita yang sering sekali mengonsumsi beberapa vitamin untuk kulit. Umumnya para wanita menggunakan krim ataupun lotion yang berfungsi menjaga kesehatan kulit dan membatasi terkena sinar matahari secara langsung.

Nah, berikut ada beberapa vitamin yang baik unuk kesehatan kulit. Di antaranya sebagai berikut:

1.Vitamin D
Vitamin D merupakan jenis vitamin terbaik untuk kulit. Dan, manfaat utama dari vitamin D adalah terkait dengan penyerapan kalsium, tetapi efek positifnya tidak hanya sebatas pada kesehatan tulang saja. Vitamin D pun dipercaya dapat membantu mengobati penyakit psoriasis. Calcitriol adalah bentuk aktif dari vitamin D yang ditemukan di dalam tubuh seseorang. Dan, pada sebuah penelitian menunjukan bahwa penerapan calcitriol dapat mengurangi jumlah peradangan dan iritasi pada kulit.

2.Vitamin C
Vitamin C dipercaya dapat membantu perawatan pada kulit Anda. Hal tersebut dikarenakan dua hal, yaitu sifat antioksidan dan sitesis kolagen yang terdapat pada vitamin C. Jika Anda mengonsumsi vitamin C secara oral, manfaat yang didapat adalah meningkatkan efektivitas tabir surya untuk kulit. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan perlindungan dari bahaya sinar matahari. 

Selain itu, mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi kerusakan sel, menyembuhkan luka dan kulit yang rusak, serta membantu proses penyembuhan luka yang terdapat pada tubuh. Vitamin C pun dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput karena peran sintesis kolagen tersebut.  

3.Vitamin E
Fungsi utama vitamin E pada kulit hampir sama dengan vitamin C, yaitu untuk melindungi kulit terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin E pun dapat membantu dalam mengobati peradangan pada kulit. 

4.Vitamin K
Vitamin K banyak Anda temui pada beberapa jenis krim untuk kulit yang dapat digunakan pada beberapa jenis kulit juga. Selain itu, bebreapa dokter sering menggunakan krim yang mengandung vitamin K untuk pasien yang baru saja mengalami operasi. Pasalnya, vitamin K sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah pada tubuh yang membantu menyembuhkan daerah memar pada tubuh selama operasi. Tidak hanya itu, vitamin K dapat mengobati iritasi pada kulit yang tak sedap dipandang mata, misalnya saja stretchmark, bekas luka, lingkaran hitam di bawah mata, dan spider veins. 

Vitamin merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuhn kita. Jadi, kekurangan vitamin pun dapat menyebabkan efek buruk bagi tubuh, terutama kulit Anda. Misalnya saja, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis dan beberapa penyakit kulit lainnya. 
Namun, Anda pun harus tetap mengonsultasikan pada dokter mengenai suplemen vitamin yang akan Anda konsumsi untuk keluhan kulit Anda. (DV)


Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo


0 Response to "4 Vitamin Terbaik untuk Kulit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...