4 Alasan Mengapa Anda Mesti Coba Memasak Bersama Anak




Pernah memasak bersama si kecil? Jika belum, sebaiknya Anda coba kegiatan ini. Pasalnya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memasak bersama si kecil. Tentu ini berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Lalu, apa saja manfaat yang didapat bila memasak bersama anak?


4 manfaat yang didapat jika memasak bersama anak


1. Memberikan kesempatan untuk mengenal berbagai jenis makanan


Dilansir dalam laman Web MD, Susan Moores, MS RD, juru bicara American Dietetic Association mengatakan bahwa memasak dapat membantu anak tertarik mencoba makanan baru. Kegiatan ini merangsang sang buah hati untuk mengeksplorasi makanan menggunakan indera lainnya, misalnya indera penciuman dan indera peraba.


Tak perlu masak menu yang ribet, aktivitas sederhana dan menyenangkan seperti menguleni adonan, membilas sayuran, atau merobek-robek daun, bisa jadi pilihan.


Memasak adalah cara halus untuk memancing anak berani mencoba makanan. Anda tidak perlu memaksa anak untuk makan di atas meja makan. Ketika perlahan-lahan anak memiliki banyak pengalaman dengan banyak indera lainnya selain lidah, maka ia akan lebih berani untuk mencoba memakannya.


2. Membangun kemampuan dasar sang buah hati


Dengan memasak bersama anak, Anda bisa melatih kemampuan dasarnya seperti menghitung, membaca, atau mengukur. Ya, ketika memasak  ada berbagai aktivitas yang dapat melatih itu semua. Contohnya, menghitung jumlah telur, menuang air hingga sampai setinggi garis 250 ml, membaca jam sudah berapa lama adonan dipanggang.


Bukan hanya itu, saat Anda melibatkannya untuk membaca resep juga bisa meningkatkan kemampuan membacanya. Jika anak masih belum bisa membaca, melihat resep bisa menjadi ajang perkenalan kosakata baru yang sekaligus bisa langsung dipraktikkan.


Ketika Anda melibatkan anak dalam memasak, mereka akan terpacu untuk berpikir aktif saat melakukan tugas. Memasak bisa menjadi cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan karena harus duduk diam membaca buku di meja belajarnya.


Obrolan seputar makanan dan gizi pada anak juga akan lebih mudah diterima saat sedang praktik langsung di dapur. Anak pun sedikit demi sedikit memahami tentang fungsi makanan untuk kesehatannya.


3. Meningkatkan rasa percaya diri


Memasak bersama anak juga bisa membuat kepercayaan dirinya meningkat. Mengapa? Ya, pasalnya di usia tersebut anak-anak cenderung memamerkan dan memperlihatkan kemampuan mereka dengan orang lain.


Bila ia berhasil memasak dan membuat suatu makanan bersama Anda, tentu rasa bangga dan percaya diri akan muncul. Makanan yang Anda masak bersamanya akan dicicipi oleh seluruh anggota keluarga, maka itu rasa bangga akan muncul.


Jangan lupa juga untuk memberikan pujian padanya karena telah membantu dan membuat menu makanan yang enak untuk seluruh keluarga. Hal-hal kecil ini dapat menggugah rasa bangga anak terhadap dirinya sendiri, sehingga Ia merasa lebih percaya diri dengan kemampuannya karena telah berhasil melakukan suatu hal.


4. Ikatan dengan si kecil semakin kuat


Memasak bersama memberikan waktu kepada orang tua dan anak untuk berbicara, berbagai pengalaman, serta pikiran. Memasak akan membentuk ikatan yang lebih kuat juga antara ibu dan anak karena kesempatan berkomunikasi sangat luas.


Menurut Ross Bower, MD, seorang direktur medis di Weil Cornell Medical Center, komunikasi dengan anak bukan dimulai saat anak 17 tahun atau remaja, ini harus dimulai dari 3 tahun, sedini mungkin.


0 Response to "4 Alasan Mengapa Anda Mesti Coba Memasak Bersama Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...