Umur Berapa Anak Boleh Makan Kacang




Kapan anak boleh makan kacang? Salah satu masalah yang paling membingungkan bagi para orangtua adalah tentang memperkenalkan jenis dan sumber makanan untuk anak, tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah anak memiliki dampak alergi pada makanan tertentu. Khususnya, makanan yang mengandung kacang-kacangan.


Hampir 60% orang di dunia mengalami alergi terhadap kacang-kacangan. Penyebab alergi terhadap kacang terjadi ketika sistem imun menganggap kacang sebagai ancaman terhadap tubuh. Ketika tubuh kontak, baik secara langsung atau tidak langsung, dengan kacang, maka sistem daya tahan tubuh akan melepaskan zat kimiawi ke aliran darah. Sejauh ini belum diketahui mengapa ada sebagian orang yang alergi terhadap kacang sementara sekelompok orang yang lain tidak memiliki alergi terhadapnya.


Jadi usia kapan anak boleh makan kacang?


Beberapa spesialis dokter anak akan memberitahu Anda, bahwa baiknya kapan anak boleh makan kacang. Untuk bayi, biasanya  antara usia 12 bulan dan 36 bulan, mulai kenalkan makanan yang bertekstur lembut mengandung kacang di dalamnya. Alasan untuk perbedaan usia ini sangat beragam, umumnya tergantung rekomendasi para ahli dan dokter anak.


Tetapi, sebuah studi yang dirilis tahun 2008 oleh American Academy of Pediatrics menunjukan, bahwa tidak perlu memberikan kacang pada bayi dengan tujuan sekedar mengenalkan.


Mengapa demikian? Meskipun kacang tidak dianjurkan harus diperkenalkan pada bayi sebelum usia 4 sampai 6 bulan, pada dasarnya tidak ada penjelasan efektif mengapa tidak perlu mengenalkan kacang kepada anak Anda. Hal tersebut juga bertujuan untuk melindungi tubuh anak dari perkembangan penyakit atopik, terlepas dari efek alergi tersebut.


Untuk anak dengan riwayat non alergi


Untuk anak yang tidak memiliki riwayat alergi, Anda bisa memberikannya sebelum usia 12 bulan, tetapi lebih disarankan lebih dari 12 bulan ketika mengenalkan kacang. Mengapa memberikan kacang sejak dini? Guna mengetahui, apakah anak tersebut memiliki sensitifitas alergi terhadap kacang-kacangan atau tidak. Lebih baik lagi jika, Anda orangtuanya, atau keluarga lainnya memang tidak memiliki alergi apapun, terlebih terhadap kacang


Untuk anak dengan riwayat keluarga alergi kacang


Dokter anak merekomendasikan, kapan anak boleh makan kacang itu sekitar usia 24 hingga 36 bulan. Anak yang memiliki riwayat keluarga alergi, mungkin telah menunjukkan alergi makanan atau sensitivitas kepada makanan berbahan kacang. Mengapa tetap diberikan kacang? Hal ini berguna untuk membantu mencegah alergi, selama kesimpulan medis tentang kacang pada tubuh Anak belum diketahui.


Apa yang harus dilakukan orangtua ketika mengenalkan kacang pada anak?


Pertama, Anda harus membahas kapan anak boleh makan kacang dengan dokter, dan jenis makanan berbahan kacang apa yang boleh diberikan. Lalu jika dokter mengizinkan, terkait kondisi dan riwayat alergi anak Anda, mulailah mencari-cari resep masakan yang sekiranya baik sesuai usia tumbuh kembang anak. Berikan sedikit demi sedikit, jika satu hari tidak ada reaksi alergi atau masalah kesehatan apapun, jangan langsung Anda sodorkan kacang lagi. Baiknya, beri waktu sekitar 3 hari setelah percobaan pertama mengenalkan kacang tersebut.


0 Response to "Umur Berapa Anak Boleh Makan Kacang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...