Bolehkah Memandikan Bayi yang Sedang Demam




Demam atau panas mungkin adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering terjadi pada bayi Anda. Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang bertarung dengan infeksi yang menyerang tubuh. Ini merupakan salah satu respon dari sistem kekebalan tubuh Anda. Terkadang orangtua sangat khawatir saat mengetahui bayinya terserang demam.


Memang, diperlukan penanganan khusus untuk dapat meredakan demam pada bayi. Salah satu yang biasa dilakukan untuk meredakan demam pada bayi adalah dengan memandikannya air hangat. Namun, apakah boleh bayi mandi saat demam? Benarkah mandi dapat menurunkan demam?


Apakah boleh bayi mandi saat demam?


Sebenarnya tidak ada yang melarang bayi mandi saat demam. Bahkan para ahli terdahulu merekomendasikan agar bayi mandi saat demam. Namun begitu, tidak lagi untuk sekarang. Jika diperlukan, bayi demam boleh saja dimandikan dan boleh saja tidak dimandikan.


Bayi demam boleh dimandikan dengan syarat air yang dipakai haruslah air hangat. Jangan memandikan bayi yang sedang demam dengan air dingin karena ini akan membuat bayi menggigil. Air juga tidak boleh terlalu panas. Air yang terlalu panas dapat membuat kulit bayi terluka dan juga dapat membuat bayi menggigil sesudah dimandikan.


Jika bayi terlihat menggigil saat dimandikan, sebaiknya segera angkat bayi dari bak mandi dan memakaikannya pakaian hangat (tapi jangan terlalu tebal dan banyak lapisan). Jangan biarkan bayi mandi dalam waktu lama sampai menggigil saat demam. Menggigil hanya akan meningkatkan suhu tubuh bayi bukan membantu menurunkan suhunya. Atau, Anda juga bisa memandikan bayi dengan cara hanya membasuhnya dengan waslap yang telah dicelupkan air hangat. Cara ini mungkin lebih aman dilakukan.


Apakah mandi dapat menurunkan demam pada bayi?


Walaupun di masa lalu orang mempercayai bahwa mandi dapat membantu menurunkan suhu tubuh bayi yang panas, namun ternyata ini bukan cara yang terbaik untuk dilakukan. Bayi bisa saja menggigil saat mandi. Untuk mencegah hal ini, maka sebaiknya Anda memberikan obat penurun panas terlebih dahulu kepada bayi sebelum bayi mandi air hangat, seperti paracetamol atau ibuprofen. Konsultasikan dengan dokter atau baca petunjuk pemakaian untuk mengetahui dosis yang harus diberikan kepada bayi Anda.


Setelah diberikan obat penurun panas, bayi Anda mungkin tidak akan menggigil setelah dimandikan. Sehingga, kombinasi dari pemberian obat penurun panas dan mandi air hangat dapat membantu menurunkan demam bayi lebih baik. Bayi yang tidak diberikan obat sebelum mandi mungkin akan menggigil karena tubuhnya akan mencoba untuk menaikkan suhunya lagi. Sehingga, hal ini dapat membuat demam menjadi lebih buruk.


Kapan bayi yang demam harus segera dibawa ke dokter?


Jika bayi masih sangat muda, di mana sistem kekebalan tubuhnya masih belum matang, sebaiknya segera bawa bayi ke dokter jika bayi mulai demam. Jangan coba-coba untuk memandikan bayi. Demam pada bayi yang masih sangat muda dapat menjadi sangat mengkhawatirkan. Anda mungkin tidak bisa menangani demam bayi sendiri di rumah.


Jika demam bayi sudah mencapai suhu seperti di bawah ini, sebaiknya segera bawa bayi Anda ke dokter:



  • Bayi usia kurang dari 3 bulan: suhu tubuh 38C atau lebih

  • Bayi usia 3-6 bulan: suhu tubuh 38,3C atau lebih

  • Bayi usia lebih dari 6 bulan: suhu tubuh 39,4C atau lebih


0 Response to "Bolehkah Memandikan Bayi yang Sedang Demam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...