Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

?

mamaenzo.nl

Pembengkakan pada bagian kaki sangat sering terjadi pada ibu hamil, khususnya ketika Mama sudah memasuki trimester kedua. Hal ini wajar dan normal, karena pada saat hamil perempuan memang menghasilkan lebih banyak cairan pada tubuhnya karena perubahan hormon.

Meskipun ini normal terjadi, tentu beberapa ibu hamil merasa tidak nyaman dengan kaki yang membengkak karena cukup menggangu aktivitas.

Ada beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi kaki yang membengkak atau bahkan menghindarinya sebelum hal ini terjadi.

1. Jangan terlalu lama berdiri atau duduk

1. Jangan terlalu lama berdiri atau duduk
fertilityandpregnancymatters.com

Hindari terlalu lama duduk atau berdiri selama hamil ya, Ma. Karena hal ini dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak. Terlalu lama duduk akan menghambat peredaran darah di bagian kaki, sedangkan jika Mama berdiri terlalu lama, karena perut yang membesar, kaki jadi menopang beban yang cukup berat sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki.

Bagi Mama yang bekerja di kantor, dan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk di belakang meja, cobalah untuk sesekali berdiri atau berjalan di sekitar area meja kerja untuk memperlancar peredaran darah terutama di bagian kaki.

Baca Juga: 5 Simple Workout Untuk Menghilangkan Pegal Saat Penerbangan Jarak Jauh

 

2. Kurangi konsumsi garam

2. Kurangi konsumsi garam

Jika kaki Mama membengkak, cobalah untuk mengurangi konsumsi garam. Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat memperparah pembengkakan, karena dapat meningkatkan produksi cairan pada tubuh. Hindari juga mengonsumsi junk food berlebihan, karena junk food biasanya mengandung banyak garam atau MSG.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi, seperti bayam, kentang, alpukat, pisang, atau ikan salmon.

3. Banyak minum air putih

3. Banyak minum air putih
mirror.co.uk

Mungkin Mama merasa aneh, bagaimana mengurangi cairan dengan menambah cairan. Perlu Mama ketahui, air putih tidak akan menambah cairan yang membuat kaki atau tangan semakin membengkak, namun cairan dari air putih justru dapat melancarkan sirkulasi darah, serta melancarkan metabolisme tubuh sehingga menjadi lebih baik.

Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air putih selama hamil supaya metabolisme serta peredaran darah pada tubuh Mama dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Jangan Main-Main, Ini 6 Efek Berbahaya Jika Ibu Hamil Kurang Minum

 

4. Gunakan alas kaki yang nyaman

4. Gunakan alas kaki nyaman
mtairyfoot.com

Selama hamil, penting menggunakan alas kaki yang nyaman. Beban yang bertambah berat saat hamil, akan membuat kaki bekerja lebih keras untuk menopang tubuh.

Jadi pastikan alas kaki yang Mama gunakan sehari-hari memiliki sol yang empuk dan nyaman saat digunakan.

Jangan gunakan flat shoes dengan ujung melancip, atau menggunakan high heels, karena dapat menghambat peredaran darah terhambat di bagian kaki.

5. Ganjal kaki dengan bantal

5. Ganjal kaki bantal
momtricks.com

Saat hamil, hindari duduk menggantung atau menyilangkan kaki. Hal ini akan menghambat peredaran darah dan menjadikan bengkak pada bagian kaki.

Mama dapat mencoba mengganjal kaki dengan bantal saat malam hari, atau saat sedang rileks. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah yang terhambat menjadi lebih lancar. 

Kemudian jika di kantor kursi yang Mama duduki terlalu tinggi dan membuat duduk jadi menggantung, ganjal kaki dengan box atau buku ya, Ma.

6. Lakukan olahraga renang

6. Lakukan olahraga renang
aptaclub.co.uk

Melakukan olahraga saat hamil sangat disarankan, terutama bagi ibu hamil yang tidak memiliki masalah apapun saat kehamilan. Olahraga renang dipercaya merupakan olahraga yang terbaik bagi ibu hamil. Selain semua anggota tubuh bergerak, olahraga ini juga dapat memperlancar peredaran darah, serta melatih pernapasan.

Pembengkakan pada kaki biasa terjadi juga karena ibu hamil kurang berolahraga atau kurang bergerak. Jadi, jangan lupa untuk melakukan olahraga selama hamil ya Ma.

Bagi Mama yang dilarang berolahraga karena masalah kesehatan tertentu selama hamil, berjalan kaki juga dapat menjadi alternatif olahraga yang aman. Yang terpenting adalah menggerakkan kaki supaya cairan tidak menumpuk di area kaki.

Baca Juga: Berenang Saat Hamil Trimester Kedua, Aman atau Tidak?

7. Lakukan exercise pada bagian telapak kaki

7. Lakukan exercise bagian telapak kaki
bethere.beebehealthcare.org

Selain olahraga renang ataupun jalan kaki, ada latihan yang bisa Mama lakukan dimanapun, kapanpun untuk menghindari kaki bengkak, yaitu exercise pada bagian telapak kaki.

Caranya sangat mudah, Mama cukup duduk di lantai, luruskan kedua kaki, dan gerakan telapak kaki (keduanya) ke depan kemudian luruskan kembali. Lakukan selama 8 hitungan x 3 set. Ada juga gerakan memutar telapak kaki. Dan yang terakhir gerakannya adalah membuka kedua telapak kaki, kemudian dirapatkan kembali ke tengah.

Lakukan senam ini setiap hari, dapat sebelum tidur, atau setelah bangun tidur. Dengan gerakan-gerakan ini dapat mengurangi bengkak pada kaki, atau mencegah sebelum terjadinya bengkak pada kaki.

Itulah cara mengatasi bengkak selama kehamilan, Ma. Selamat mencoba!

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...