Aturan Makan Selama Puasa Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, apa pun yang mereka konsumsi harus menggunakan aturan dan tidak bisa sembarangan. Terlebih lagi bagi penderita diabetes tipe 2, yang diharuskan menjadwalkan makanan dengan sangat baik dan teratur. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kadar gula supaya tetap stabil. 

Lalu bagaimana jika diabetisi ikut berpuasa? Menu makanan seperti apa yang harus mereka siapkan? Lantas, bolehkan penderita diabetes mengonsumsi kolak atau takjil lainnya? 

Pada dasarnya, penderita diabetes diperbolehkan berpuasa, namun tetap mengatur pola makan selama menjalankan puasa. Jadi, penderita diabetes harus menerapkan konsep pola makan 3J  yaitu jumlah kalori, jenis makanan, dan jadwal makan untuk menjaga gula darah. Nah, jumlah kalori pada seorang penderita diabetes pasti akan berbeda. Oleh karena itu, hal ini sangat dipengaruhi berat badan, tinggi badan, usia, kondisi tubuh, jenis kelamin, dan aktivitas fisik. 

Jenis makanan yang dikonsumsi penderita diabetes pun harus seimbang. Seperti adanya kandungan karbohidrat, protein (hewani dan nabati), lemak, vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, penderita diabetes juga harus memperbanyak asupan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, sayuran dan buah-buahan. Penderita diabetes pun bisa mengonsumsi protein yang rendah lemak sebagai pilihan lain. 

Penderita diabetes tidak hanya harus memperhatikan jenis makanan, tapi perhatikan juga cara pengolahannya. Misalnya, hindari makanan yang digoreng untuk membatasi jumlah lemak yang dikonsumsi. 

Nah, berikut ini adalah contoh jadwal makan bagi penderita diabetes selama puasa.

Jadwal Makan 

1. Buka puasa 
50% dari kebutuhan energi sehari. 
- Sebelum salat magrib berupa makanan ringan atau makanan segar (10%). Sesudah salat magrib berupa makanan padat atau makanan besar (30%) 
- Sesudah salat tarawih sebanyak 10% dari kebutuhan energi sehari berupa makanan kecil.

2. Sahur
40% dari kebutuhan energi sehari, berupa makanan padat atau makanan besar. Sebaiknya, penderita diabetes juga melaksanakan sahur saat waktunya sudah mendekati imsak.


Penderita diabetes juga bisa menggunakan contoh menu makan dalam puasa (1700 kkal) seperti berikut ini:

1. Berbukalah dengan segelas air putih, air kelapa, atau kurma sebanyak 3 - 5 buah atau buah-buahan.
2. Contoh makanan utama pada saat berbuka puasa: 150 gram nasi merah (8 sendok makan ), 1 ekor ikan bakar ukuran sedang, 2 potong tempe bacem, 1 gelas sayur labu air, dan 1 buah apel ukuran sedang.
3. Sebelum tidur dapat mengonsumsi snack ringan seperti puding susu, ubi, singkong, jagung rebus.
4. Saat sahur: 200 gram nasi merah (10 sendok makan), 1 potong pepes ikan atau pepes ayam pepes ukuran sedang, 3 sendok makan sup kacang, 1 - 2 gelas sayur oyong wortel, dan 1 potong pepaya ukuran besar.


Sumber: dr. Jenni, M. Gizi, SpGK
 

0 Response to "Aturan Makan Selama Puasa Bagi Penderita Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...