11 Bahaya Minum Alkohol Saat Trimester Pertama untuk Ibu dan Janin

11 Bahaya Minum


























Ibu yang sedang hamil tentu saja harus menjaga kesehatan mereka. Tidak hanya supaya ibu bisa sehat saja, namun supaya bayi yang ada di dalam kandungan bunda juga bisa sehat sampai proses persalinan nanti. Mungkin banyak sekali larangan ibu hamil yang harus dipatuhi sejak adanya gejala hamil muda. Apalagi ketika kandungan bunda masih menginjak trimester pertama, atau 3 bulan pertama masa kehamilan. Saat itu adalah saat yang sangat penting karena janin baru mulai berkembang, dimana baru saja mulai muncul organ tubuh, tulang-tulang, otak, hingga saraf. Oleh karena itu banyak sekali larangan yang harus di perhatikan, kali ini kami akan membahas bahaya minum alkohol saat trimester pertama.



  1. Mempengaruhi perkembangan sel dalam tubuh janin


Jika Anda mengkonsumsi alkohol maka tentu saja kandungan alkohol yang Anda konsumsi itu akan mengalir cepat melalui darah Anda. Dan kandungan alkohol itu bisa sampai dengan cepat ke plasenta dan bisa masuk ke tubuh bayi yang ada di dalam kandungan Anda melalui plasenta. Dan itu bisa masuk sampai ke darahnya juga, dan asal bunda tahu ya. Bayi masih sangat sulit untuk bisa memecah alkohol, oleh karena itu karena pemecahan zat alkohol yang lama bisa mempengaruhi perkembangan sel dalam tubuhnya. Salah satu bahaya alkohol saat hamil akan menganggu semua perkembangan janin 1 bulan sampai perkembangan Janin 3 Bulan.




  1. Menyebabkan bayi mengidap sindrom alkohol


Seperti yang sudah kita bahas di atas tadi bunda, dalam trimester pertama bayi Anda akan mulai membentuk sel saraf. Dan jika bunda mengkonsumsi alkohol pada saat itu, maka kadar alkohol yang sulit larut dalam darahnya itu akan menganggu dan beresiko merusak saraf bayi. Dan itu bisa menyebabkan bayi mengalami sindrom alkohol atau FAS (Fetal Alcohol Syndrome). Dan asal bunda tahu saja, FAS ini bisa  menjadi penyebab bayi lahir cacat dan juga penyebab kelainan kongenital non genetik.



  1. Bayi beresiko memiliki gangguan fisik


Trimester pertama adalah masa-masa dimana semua organ yang ada di dalam tubuhnya berkembang. Dan jika bunda masih mengkonsumsi alkohol di trimester pertama sebaiknya hentikan karena itu bisa membuat bayi Anda lahri dengan gangguan fisik. Misalnya saja nanti ketika dewasa ia memiliki karakteristik wajah, bibir atas yang tipis. Mata yang kecil, kepala yang kecil, hidung yang kecil, dan mengalami masalah dalam pertumbuhan sendinya. Kondisi ini juga meningkatkan resiko penyebab bayi lahir sumbing dan penyebab bibir sumbing pada janin.



  1. Keguguran


Minum alkohol bisa juga menjadi salah satu penyebab keguguran hamil muda. Pada trimester pertama semua organ di dalam janin sedang berkembang, dan trimester pertama adalah masa yang sangat penting dimana Anda harus menjaga kandungan Anda dengan baik. Dan jika Anda mengkonsumsi alkohol, kandungan zat kimia yang ada dalam alkohol tidak baik bagi organ bayi dan bisa meracuni semua sel yang sedang berkembang dalam tubuhnya sehingga bisa membuat Anda mengalami keguguran.






  1. Bayi lahir kurang bulan


Salah satu bahaya yang mungkin akan mengintai ibu hamil jika ia sering mengkonsumsi alkohol ketika ia sedang mengandung dan dalam masa trimester pertama bisa menyebabkan bayi nantinya akan lahir sebelum waktunya atau mengalami kelahiran prematur. Kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok bisa menjadi penyebab utama, dan terlebih lagi janin tidak tumbuh dengan baik dan bisa menyebabkan hal ini terjadi. Saat kehamilan belum mencapai usia melahirkan maka ibu sudah merasakan tanda tanda melahirkan prematur. Ini bisa menyebabkan resiko untuk bayi setelah lahir termasuk resiko bayi lahir prematur 7 bulan dan dampak bayi prematur saat dewasa.




  1. Bayi bisa lahir dengan berat badan yang rendah


Jika ibu masih mengabaikan larangan ini dan masih minum pada trimester awal karena mengira janin akan baik-baik saja sebaiknya hentikan ini sekarang juga. Jika Anda masih melanjutkannya, bisa-bisa bayi Anda lahir dengan berat badan yang rendah karena asupan yang ia terima selama di dalam kandungan tidak terpenuhi dengan baik. Bahkan saat sudah lahir maka perkembangan bayi sangat buruk akibat alkohol yang menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik. Akhirnya ibu harus melakukan berbagai cara agar berat badan naik.



  1. Janin yang meninggal dalam kandungan


Yang selanjutnya, trimester pertama adalah trimester dimana janin masih dalam kondisi rawan-rawannya. Dan jika Anda masih tetap bersikukuh untuk minum alkohol, maka Anda harus siap menghadapi segala resikonya, bahaya minum alkohol saat trimester pertama yang fatal adalah bayi bisa mati di dalam kandungan. Hal itu karena alkohol menyebabkan pertumbuhan organ menjadi tidak baik, dan bisa saja jantung mengalami pertumbuhan yang tidak semestinya dan menyebabkan ia meninggal di dalam kandungan.



  1. Gangguan tumbuh kembang anak setelah lahir


Jika bayi sudah menjadi agak besar, nantinya akan mulai terlihat gejala dimana ia bisa tumbuh dan berkembang dengan tidak baik. Hal ini karena dulunya kadar alkohol di dalam tubuhnya tinggi dan menyebabkan saraf pusatnya terganggu hingga ketika dewasa ia tidak berkembang dengan baik. Ia akan menjadi kesulitan berbicara, kesulitan untuk belajar dan bersosialisasi.



  1. Menyebabkan gangguan pada organ dalam bayi


Alkohol bisa menyebabkan gangguan pada organ dalam bayi, pada trimester pertama organ dalam bayi Anda seperti jantung, hati, paru-paru, sistem saraf pusat dan organ lainnya masih dalam masa perkembangan. Dan kadar alkohol yang tinggi dalam darahnya bisa menyebabkan munculnya gangguan pada organ dalamnya dan mungkin bisa menyebabkan gangguan dan kelainan pada organnya dan bisa menjadi serius ketika ia dewasa nantinya. Ini juga akan meningkatkan resiko penyakit jantung bawaan dan kelainan jantung pada bayi baru lahir.





  1. Tubuh tidak berkembang


Minum alkohol pada trimester pertama juga bisa membuat tubuh menjadi tidak berkembang. Hal ini karena alkohol mempengaruhi perkembangan tulang dan sendi pada trimester pertama, sehingga dampak fatalnya tubuh anak menjadi tidak berkembang semestinya dan mungkin akan mengalami perbedaan dengan anak seumurnya. Akhirnya anak juga akan mengalami gangguan perkembangan seperti masalah anak lambat bicara. Dan saat terjadi seperti ini maka perlu melakukan terapi anak terlambat bicara



  1. Imun yang lemah


Alkohol yang berlebihan bisa membuat darah sang bayi juga tinggi akan kadar alkohol, dan itu bisa membuatnya ketika lahir memiliki imun tubuh yang lemah. Hal ini bisa menyebabkan bayi Anda mudah terserang penyakit. Sehingga tubuh bayi pun juga akan menjadi lemah, dan Anda akan lebih sering membawanya berobat ke rumah sakit atau ke dokter. Kemudian juga meningkatkan resiko bilirubin tinggi pada bayi baru lahir sehingga terkena penyakit kuning pada bayi.


Itu dia bunda beberapa bahaya minum alkohol saat trimester pertama. Jadi sebaiknya hindari alkohol karena pada trimester pertama masa penting dimana semua organ bayi berkembang. Semoga bermanfaat ya bunda!
































0 Response to "11 Bahaya Minum Alkohol Saat Trimester Pertama untuk Ibu dan Janin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...