Tubuh Ideal dengan Yogurt yang Tepat

Dalam buku "French Women Don't Get Fat," penulis Mireille Giuliano menyebut yogurt sebagai "rahasia Perancis" untuk menurunkan berat badan.

Salah satu klaim yang berkaitan dengan yogurt sebagai penurun berat badan adalah berkaitan dengan kalsium. Beberapa ilmuwan berhipotesis, nafsu makan seseorang, salah satunya dipengaruhi oleh asupan kalsium. Para ahli mengatakan bahwa, ketika Anda tidak memiliki cukup kalsium dalam tubuh, otak mendeteksinya dan memberi sinyal untuk meningkatkan asupan makanan. Ini berarti bahwa, makan lebih banyak kalsium dapat menghentikan hal itu terjadi.

Meski teori ini masih pro dan kontra, mengasup kalsium tentu tak ada salahnya. Bahkan berguna untuk pembentukan tulang yang sehat. Tulang sehat adalah syarat utama pola hidup aktif yang merupakan salah satu kunci menjaga berat badan ideal. Dengan kata lain, secara tidak langsung, kalsium turut memengaruhi timbangan Anda dengan cara menjaga tulang tetap sehat.

Kalsium juga bisa ditemukan dalam sayuran berwarna hijau gelap (untuk penyerapan optimal, pilih yang rendah oksalat, seperti kale, bok choy, dan brokoli) serta almond, jeruk, dan kacang garbanzo.

Klaim Protein

Penjelasan lain untuk klaim bahwa yogurt bisa memengaruhi program penurunan berat badan, ada hubungannya dengan protein. Para peneliti telah mengusulkan bahwa ada tiga mekanisme utama yang muncul ketika membicarakan peran protein dalam program penurunan berat badan :

1. Meningkatkan rasa kenyang.

2. Meningkatkan thermogenesis (peningkatan pengeluaran energi di atas tingkat metabolisme Anda), yang juga memiliki dampak pada rasa kenyang dan kemampuan tubuh menakar lemak dan kalori.

3. Memelihara atau meningkatkan pertumbuhan massa otot. Semakin besar massa otot semakin efektif tubuh mampu membakar lemak.

Selain rutin mengonsumsi yogurt, bagi Anda yang ingin mencapai berat badan ideal, Andy Bellattii, M.S., R.D, ahli diet dan penulis buku Small Bites dan direktur  Dietitians for Professional Integrit juga juga menyarankan agar Anda menerapkan prinsip hidup sehat lainnya yaitu:

Berolahraga teratur setidaknya lima kali seminggu, masing-masing 30 menit.

Memerbanyak serat dan air putih

Menjaga asupan kalori agar tidak berlebihan, sesuai dengan aktivitas harian. Bagi yang ingin menurunkan bobot tubuh, dianjurkan mengasup kalori kurang dari jumlah kalori yang dikeluarkan setiap hari.

Memilih karbohidrat baik seperti gandum utuh, kacang-kacangan, dan sayuran serta beras merah atau beras bekatul.

Menjauhi sumber lemak tak baik atau lemak jenuh seperti gorengan dan terlalu banyak lemak daging, daging merah dan daging olahan.

Dan jangan lupa, Anda harus teliti dalam memilih yogurt, karena tidak semua yogurt itu sama. Cek kandungan nutrisinya. Pilih yogurt yang lebih rendah gula, lebih rendah lemak, lebih tinggi kalsium dan memiliki manfaat lain seperti serat prebiotik. 

0 Response to "Tubuh Ideal dengan Yogurt yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...